. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 01 Oktober 2016

Jelajah Kota Batik dari Jalanan, Mall hingga Museum, Cara Seru Semarakkan Hari Batik Nasional

Hari Minggu, bangsa Indonesia selain merayakan Tahun Baru Islam 1438 Hijriah juga memperingati Hari Batik Nasional 2016 yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Beragam acara terkait batik pun digelar di sejumlah Kota Batik ternama antara lain di Pekalongan, Solo, dan tak ketingalan  Jakarta sebagai kota sentra penjualan batik se-Nusantara.


Di Jakarta perayaan Hari Batik Nasional ke- 7 tahun ini tersebar di sejumlah tempat mulai dari jalanan, mal hingga museum.

Di Museum Nasional atau Museum Gajah berlangsung ada pameran batik bertema "Batik Indonesia Pusaka Dunia" yang digelar mulai Minggu (2/10) hingga Minggu (9/10) dari pukul 10.00 - 17.00 WIB dan Pasar Batik Rakyat yang menjual batik tulis maupun cap di bawah harga Rp 300.000.

Sebelum acara-acara tersebut akan didahului Jalan Gembira "Batik Karya Saya" pada Minggu (2/10) pukul 05.30-08.30 WIB. Rute jalan gembira tersebut akan dimulai dari Museum Nasional - Sarinah Thamrin - Bundaran HI - Museum Nasional.

Selain itu ada belajar membatik oleh Museum Tekstil Jakarta, demo membatik cap dari Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta, dan demo membatik parang (2-4/10).

Tak ketinggalan Dialog Batik dari Mitra Seni Indonesia dengan tema "Tanggung Jawab Terhadap Penghargaan Dunia untuk Batik Indonesia" pada Senin (3/10) pukul 10.00-13.00 WIB. Lalu dari Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan tema "Nilai Tradisi Batik Indonesia" pada Selasa (4/10) pukul 09.00-12.00 WIB.

Dari Badan Pelestarian Pusaka Indonesia dengan tema "Batik dan Kelestarian Lingkungan" pada Selasa (4/10) pukul 13.00-15.00 WIB. Ada pula Batang Heritage - Pemerintah Kabupaten Batang dengan tema "Merayakan Batik Rifaiyah" pada Rabu (5/10) pukul 09.00-13.00 WIB,

Kemudian Petrokimia Gresik dengan tema "Kekinian Batik Jawa Timur dan Pasar 17 Agustus Pamekasan Madura Sebagai Pasar Batik Terbesar" pada Kamis (6/10) pukul 09.00-15.00 WIB.

Dilanjutkan dari Warna Alam Indonesia dengan tema "Batik Warna Alam: Semakin Indonesia" pada Jumat pukul 09.00-13.00 WIB.   Dari Himpunan Desainer Interior Indonesia "Finding Space in Batik" pada Sabtu (8/10) pukul 10.00-13.00 WIB, dan Demo Merangkai Bunga dan Batik pada Minggu (2/10) pukul 1 hingga 3 sore.

Sejumlah mal di Jakarta juga menggelar acara untuk menyambut dan memeriahkan Hari Batik Nasional.  Summarecon Mal Kelapa Gading misalnya menggelar Pesona Batik Wastra Nusantara yang dibuka pada 28 September hingga 2 Oktober.

Pusat retail modern terkemuka di Indonesia, Sarinah jugamerayakan Hari Batik Nasional pada hari Minggu (2/10) di lingkungan pertokoan kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Sarinah bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia dan Gerakan Pramuka Indonesia dalam merayakan acara Hari Batik Nasional tahun ini.

Pusat Belanja Thamrin City juga menggelar acara bertema “Keanekaragaman Pusat Batik Thamrin City” dari tanggal 1-3 Oktober 2016 yang diisi dengan pameran, dan fashion show.

Di samping itu juga ada kegiatan Kelas Membatik setiap hari yang dilakukan sejumlah komunitas dan sajian berbagai hiburan menarik, musik, dan parade tarian dengan berbagai doorprize daa pesta diskon bagi pengunjung.

Mall Kota Kasablanka (Kokas) juga menggelar Gebyar Batik Muda Nusantara (GBMN) 2016 di Food Society-nya dari tanggal 29 September hingga 2 Oktober 2016.

Selain ameran juga ada talkshow yang mengangkat isu budaya dan lingkungan yang dikolaborasikan bersama dalam bentuk diskusi dan peluncuran reusable bag batik, hasil kerjasama GIDKP dengan Martha Ellen, merek fashion yang mengangkat kain tradisional Indonesia.

Acara talkshow “Belanja Cantik Tanpa Kantong Plastik” merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembukaan GBMN 2016 yang diadakan oleh IPBN dan Putra Putri Batik Nusantara (PPBN). GBMN adalah wujud nyata IPBN dan PPBN untuk mempromosikan batik kepada masyarakat secara luas dan menyeluruh.

Pilihan lain mal Grand Indonesia, karena pada tanggal 21 Oktober – 21 November 2016 ada acara bertajuk Meet The Makers 11 dengan tema “Regenerasi”. Lokasi tepatnya di Alun Alun Indonesia, Grand Indonesia.

Di Kota Batik Solo, Anda bisa ke Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk melihat pameran batik bertajuk 'Internasional Batik Short Course' dari tanggal 2-5 Oktober 2016.

Mengapa harus ke sana? Karena pameran ini unik, menampilkan karta batik terbaik dari 21 mahasiswa asing yang mengenyam pendidikan di kampus UNS Solo, antara lain mahasiwa dari Australia, Inggris, Chna, India, Malayisa, dan sejumkah negara Afrika seperti Mozambik dan tentunya mahasiswa Indonesia.


Jangan lupa lihat atraksi marching band dari Akademi Kepolisian berkolaborasi dengan Solo Batik Carnival (SBC).

Sebanyak 400 orang marching band akan bergerak mulai dari Stadion Sriwedari menuju Jalan Slamet Riyadi pada hari Minggu (2/10). Sampai di perempatan Nonongan, mereka bergabung dengan SBC untuk kemudian menuju Balaikota Surakarta.

Pekalongan adalah Kota Batik berikutnya yang patut Anda kunjungi dalam rangka merayakan Hari batik Nasional 2016. Pasalnya di Pekalongan ada kegiatan, Pekan Batik Nusantara (PBN) di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan, tanggal 4-9 Oktober 2016.

Di PBN ke-8 ini ada sekitar 260 stand pameran aneka batik dan kuliner. Pemkot Pekalongan mentargetkan kunjungan sebanyak 100 ribu orang wisatawan ke pameran tahunan kali ini.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP