. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 07 Oktober 2016

Horeee.., Bogor Raih Satu Penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 Tingkat Nasional

Bogor kembali bikin kejutan tahun ini. Usai memperoleh predikat bertaraf internasional sebagai Kota Paling Dicintai (The Most Loveable City) 2016, kota mungil di kaki Gunung Salak ini mendapatkan 1 penghargaan lagi dari ajang Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 yakni untuk kategori Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, yang diperoleh Mal Botani Square.

“Selamat buat Botani Square yang sudah mendapatkan penghargaan pariwisata halal tingkat nasional ini. Mudah-mudah penghargaan ini bisa lebih memacu pengelolanya untuk terus melayani pengunjung dengan ramah dan tentunya halal,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor H. Shahlan Rasyidi khusus kepada TravelPlusIndonesia disela-sela menghadiri malam Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 kepada para pemenang KPHN 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (7/10) malam.

Penghargaan yang didapat Botani Square ini, lanjut Shahlan harus dapat dipertanggungajawabkan dengan memberikan pelayanan yang lebih baik, termasuk pengelolaan semua fasilitasnya.

Menurut Shahlan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dibenahi lagi jika Botani Square ingin meraih prestasi pariwisata halal ke tingkat yang lebih tinggi, dunia.

“Misalnya halaman di depan Botani Square harus lebih hijau lagi, pihak kemamanan harus lebih ramah baik yang di depan maupun disamping. Intinya 7 unsur dalam Sapta Pesona harus diterapkan semua pekerja di pusat perbelanjaan ini agar pengunjung senang dan nyaman,” imbau Shahlan.

Tak kalah penting fasilitas ibadah shalat seperti musholah yang sudah bagus harus ditingkatkan lagi baik perlengkapn pendukungnya, kebersihan maupun keramahan para petugasnya. Begitupun dengan semua toilet umumnya.

“Musholah di Botani Square baik di bawah maupun di atas sudah terpisah ruang untuk jama’ah perempuan dan pria, dan ini sepertinya yang menjadi salah satu kunci kemenangan Botani Square di ajang ini,” ujar Shahlan.

Pengelola Botani Square juga harus lebih memperhatikan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) yang dihasilkannya. “Harus lebih bersih dan tidak tercium baunya. Intinya harus lebih terpelihara dan lebih baik lagi,” tambahnya.

Kata Shahlan untuk membantu Botani Square agar bisa berprestasi di ajang World Halal Travel Award (WHTA) 2016 yang pemenangnya akan diumumkan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab Desember mendatang, pihak Disbudparekraf Kota Bogor akan membantu memperkenalkan Botani Square lewat website dan media sosial.

“Saya sendiri sudah mempromosikannya lewat medsos saya tadi. Dan saya menghimbau masyarakat Kota Bogor, seluruh warga di Jawa Barat serta bangsa Indonesia di manapun bersedia memilih, mem-vote Botani Square agar bisa memenangkan kategori sebagai pusat belanja yang ramah terhadap wisatawan muslim terbaik tingkat dunia,” ajak Shahlan.

Penghargaan ini, sambung Shahlan diharapkan dapat memotivasi objek wisata, budaya, dan pihak industri wisata lainnya di Kota Bogor untuk bisa berprestasi seperti Botani Square di ajang KPHN tahun -tahun berikutnya.

“Kota Bogor punya stok banyak mulai dari destinasi antara lain Kebun Raya Bogor, kuliner tradisional seperti Toge Goreng, Laksa, dan Soto Kuning, destinasi kuliner di beberapa titik, sanggar kesenian yang melestarikan bermacam tradisional Sunda seperti Jaipong yang lebih Islami, kampung budaya, dan sejumlah hotel yang bisa diharapkan berpretasi di ajang serupa tahun berikutnya,” pungkas Shahlan.

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya malam itu memberikan piala Anugerah Pariwisata Halal Indonesia kepada seluruh pemenang satu per satu, termasuk ke pihak Botani Square yang diterima langsung direktur utamanya, Yanti Reddy Hartadji.

Arief Yahya mengatakan perolehan awards dalam ajang WHTA 2016 akan memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kunjungan wisman dan ini telah dialami destinasi Lombok, NTB yang tahun lalu mendapatkan 2 penghargaan dari ajang dunia tersebut.

Begitupun dengan okupasi Hotel Sofyan Betawi, Jakarta yang mendapatkan penghargaan untuk kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik WHTA 2015.

Menurut Arief Yahya Indonesia sangat potensial menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia karena memiliki keragaman destinasi dan kekayaan budaya nusantara.

“Dua hal itu merupakan modal utama yang tidak dimiliki negara lain. Kita juga semakin yakin dengan tingginya kesadaran masyarakat dan industri pariwisata nasional terhadap perlunya pariwisata ramah wisatawan muslim atau muslim friendly tourism,” jelas Arief Yahya.

Kata Arief Yahya lagi, pihaknya akan berpromosi kencang untuk memenangkan WHTA 2016. “Tahun lalu untuk memenangkan 3 award WHTA 2015, kita promosi gencar sekali. Sekarang pun juga begitu, sebab kemenangan itu memang harus dipersiapkan dan direncanakan,” tegasnya.

Usai menerima penghargaan yang membanggakan itu, Yanti Reddy Hartadji bersama beberapa staf-nya Rosalia H.S selaku GM Botani Square, Yohanes Mahtma (Legal Executive), dan Khadafi Saleh selaku Corporate Secretariy Botani Square berfoto bersama Shahlan.

“Mudah-mudahan kami bisa mempertanggungjawabkan penghargaan ini, dan terus berbenah diri agar menjadi pusat belanja ramah wisatawan muslim terbaik sesuai harapan pengunjung dan juga bisa berprestasi internasional,” ujar Yanti dengan wajah bahagia.

Sesuai namanya Botani (Bogor Botanical) Square, salah satu mal terbesar di Kota Hujan ini yang berkonsep square yang diterapkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB).

Mal yang dibuka sejak pertengahan 2006 ini memiliki luas sekitar 42.000 m² dan berlokasi amat strategis karena berada di akses pintu masuk atau keluar jalan Tol Jagorawi, dekat dengan Pool Bus DAMRI, dan Terminal Bis Kota Baranangsiang serta sentra oleh-oleh khas Bogor.



Di dalam mal ini terdapat beberapa tenant ternama seperti Giant Hypermarket, Botani XXI, Electronic City, Toko Buku Gramedia, Citrus Departement Store, Garuda Indonesia Airways, Batik Keris, beragam resto, optical, salon, dan masih banyak lagi.

Keistimewaan lainnya, mal ini terintegrasi dengan sebuah hotel ternama yaitu Hotel Santika Bogor dan IPB Convention Hotel.

Di mal ini juga terdapat ruang sidang yaitu IPB International Convention Center (IICC). Berkat penghargaan ini, otomatis Botani Square akan mewakili Indonesia di WHTA 2016.

Akankah Bogor memberi kejutan lagi di tingkat internasional dengan menyabet kategori  yang belum pernah diraih Indonesia tersebut? Bisa jadi, jika warga Indonesia dan dunia kompak memilihnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig:@adjitropis)
Foto: adji & dok.panoramio

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP