. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 09 September 2016

Wow, Indonesia Sabet 4 PATA Gold Awards 2016

Pariwisata Indonesia pekan ini kebanjiran penghargaan. Dua hari lalu Rabu (7/9), Indonesia meraih 9 penghargaan TripAdvisor Travellers 'Choice Award 2016 dalam lingkup Global dan Asia dari empat kategori. Hari ini, Jumat (9/9), Indonesia menyabet 4 PATA Gold Awards 2016 dari ajang PATA Travel Mart (PTM). Wow.

Pemberian penghargaan untuk beberapa kategori ini berlangsung pada hari ketiga (terakhir) pelaksanaan PATA Travel Mart (PTM) 2016 yang berlangsung di venue Garuda Hall 5-6, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Provinsi Banten, Jumat (9/9).

PATA Gold Awards 2016 untuk kategori Marketing-Primary Government Destination diberikan kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang sukses mempromosikan even “Total Solar Eclipse Indonesia” yang berlangsung serentak pada Maret tahun lalu di sejumlah destinasi wisata di 11 provinsi, dan berhasil menyedot ribuan wisatawan dunia.

Untuk kategori Heritage and Culture juga diberikan kepada Kemenpar karena dinilai berhasil mempromosikan kesenian Lalare Orchestra sebuah kesenian sebagai perpaduan alat musik tradisional seperti gendang, rebana, saron, angklung, berikut penarinya yang dimainkan oleh anak-anak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim).

Kategori Travel Journalism (travel photograph) diberikan kepada Handi Lakonsa yang karyanya dimuat dalam Majalah Colour’s Garuda Indonesia Inflight Magazine dalam judul ”Journey of The Wanderer”.


Satu lagi kategori Travel Journalism (industry business article) diberikan kepada wartawan senior bidang pariwisata dari Indonesia, Mimi Hudoyo dan Raini Hamdi dalam tulisannya”The New Glamorous” di Majalah TTG Asia terbitan Desember 2015.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana mengatakan 4 penghargaan berkelas dunia PATA Gold Awards 2016 yang diterima ini menambah kepercayaan dunia internasional terhadap kekuatan kepariwisataan Indonesia.

Menurutnya ke-4 penghargaan yang diterima Indonesia membuktikan kinerja pemerintah sudah on the track dan semua berjalan sesuai rencana. "Penghargaan ini kan bukan dengan kriteria lokal. Standarnya goibal. Jadi tandanya kita sudah memenuhi kriteria yang seharusnya digunakan," jelas Pitana seusai menerima penghargaan tersebut.

"Dengan adanya penghargaan ini, Indonesia bisa meningkatkan percaya diri. Buktinya dapat apresiasi," tambahnya.

Keuntungan lainnya, lanjut Pitana promosi tentang pariwisata Indonesia akan turut terangkat mengingat even ini disorot media internasional. Terlebih PATA sebagai sebuah organisasi di tingkat Asia Pasific juga telah diakui di dunia.

Di ajang ini, prestasi Indonesia dengan 4 Gold Awards, jelas lebih tinggi dibanding negara tetangga. Malaysia cuma memperoleh 2 Gold Awards, sedangkan Singapura mendapatkan 1 Grand Award dan 1 Gold Award. Namun Thailand lebih unggul dibanding Indonesia. Negeri Gajah Putih itu berhasil menggondol 1 Grand Award dan 5 Gold Awards.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya mengatakan berbagai penghargaan internasional bidang pariwisata yang diterima Indonesia akan menjadi pemicu untuk terus memperbaiki kualitas dan mengembangkan produk baru agar daya saing global pariwisata Indonesia semakin kuat dalam upaya memenangkan persaingan.

Namun yang jelas, dengan 4 plakat PATA Gold Award 2016 ini, berarti koleksi penghargaan dunia sekaligus prestasi bagi Wonderful Indonesia bertambah.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP