. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 22 September 2016

Kena Serangan Jantung Saat Berwisata, Begini Langkah Awal Penanganannya

Mungkinkan serangan jantung bisa menimpa seseorang saat tengah berwisata? Jelas mungkin. Sekalipun wisata yang dilakukannya itu terbilang ringan seperti rekreasi atau piknik, bukan wisata petualangan yang berat-berat, menantang, dan memacu adrenalin. Lalu bagaimana langkah penanganannya?

Serangan jantung bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Saat beraktivitas di luar rumah seperti bekerja, berolahraga, berbelanja, hangout, dan lainnya.

Bahkan bisa juga saat santai di rumah. Kejadiannya pun bisa secara mendadak. Kalau tidak tahu penanganannya bisa fatal, meninggal seketika.

Ahli kardiologi Dr dr Ismoyo Sunu SpJP(K) FIHA FasCC mengatakan serangan jantung itu identik dengan sindroma koroner akut.

“Gejalanya nyeri dada. Keluhan ini bisa muncul ketika sedang bergiat melakukan aktivitas fisik ataupun istirahat. Biasanya dirasakan lebih dari 20 menit,” terang dr Ismoyo dalam acara press briefing Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jakarta, Kamis (22/9).

Keluhan nyeri dada ini, lanjutnya sering disertai dengan mual, muntah, dan keringat dingin.

“Apabila merasakan gejala itu, sebaiknya yang dianjurkan penderita tenang, lalu tidur dengan posisi setengah duduk,” ungkapnya.

Penderita sebaiknya mengurangi aktivitas, dan jangan diberi makan atau minum. “Dikhawatirkan itu akan membuat paru-paru terendam,” jelasnya.

Tindakan berikutnya, berikan Aspirin yang merupakan salah satu orotokol pengobatan dalam penanganan penderita serangan jantung di rumah sakit. “Obat itu bekerja sebagai pengencer darah yang berguna agar tidak melebar terjadinya pembekuan darah saat terjadi serangan,” terangnya.

Langkah berikutnya segera bawa ke UGD rumah sakit terdekat. “Bila penderita terasa sesak nafas dalam perjalanan, tidurkan dengan bantal tinggi,” tambahnya.

Menurut dr Ismoyo penanganan pada penderita serangan jantung tanpa henti jantung ini, sebaiknya harus kurang dari 12 jam.

Ada beberapa langkah preventif untuk mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner (PJK).

“Bisa dengan menurunkan tekanan darah, mengendalikan kadar gula darah dan kadar kolesterol agar tetap dalan kondisi normal.” imbaunya.

Cara lainnya, berhenti merokok dan berolah raga teratur seperti jalan kaki serta kendalikan lingkar pinggang. “Kalau laki-laki sebaiknya lingkar pinggangnya jangan lebih dari 90 cm, sedangkan wanita jangan lebih dari 80 cm,” tambahnya.

Direktur Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kemenkes dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati menambahkan serangan jantung merupakan penyakit tipe mendadak terjadinya secara dadakan akibat tidak jeli dalam melihat kondisi tubuh.

Menurutnya banyak yang meninggal seketika karena tidak jeli dalam melihat kondisi tubuhnya.

“Soalnya banyak yang tidak paham bagaimanana menanganinya saat terasa sakit dada sehingga keliru menanganinya. Lima puluh persen yang mendapatkan serangan jantung, bisa meninggal di tempat,” ungkapnya.

Serangan jantung ini sakitnya biasanya bukan cuma di satu titik dada saja.

“Melainkan bisa melebar dan menjalar hingga lengan. Dan rasa sakit dadanya bikin tidak nyaman,” terangnya.

Menurut dr Lily penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi penyebab nomor satu kematian di dunia setiap tahunnya.

Untuk itu, setiap tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia. Tema Hari Jantung Sedunia yang diusung pada 2016 adalah “Power Your Life”, yang bertujuan untuk meningkatkan awareness atau kewaspadaan masyarakat terhadap gejala, faktor risiko, dan penanganan dini serta rehabilitasi dari PJK.

“Kalau tak mau kena serangan Jantung. Jangan mager atau males bergerak, jangan merokok lagi, kurangi mengkonsusmsi gula, garam, dan lemak. Dan sebaiknya perbanyak makan buah dan sayur,” tambah dr Lily.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP