. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 23 Agustus 2016

Puncak Acara Festival Budaya Tua Buton 2016 Dihadiri Tiga Kementerian Pusat

Ada yang beda dari penyelenggaraan Festival Budaya Tua Buton tahun ini yang berlangsung sejak 19-24 Agustus 2016. Ada tiga kementerian pusat yang akan datang dalam waktu yang bersamaan, saat puncak acaranya, 24 Agustus. Ketiga kementerian itu adalah Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kehutanan, serta Kementerian Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Ketiga menteri yang dijadualkan akan datang ke Fstival Budaya Tua Butan ke-4 ini yakni Menpar Arief Yahya, Men-KHL & Hut Siti Nurbaya, dan Menpan PANRB Asman Abnur.

Menurut Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun, sangat menunggu kedatangan ketiga menteri tersebut ke Kabupaten Buton saat puncak acara Festival Budaya Tua Buton yang ke-4 kali ini.

“Ketiga menteri datang ke Festival Budaya Tua Buton tahun ini tentudengan agenda khusus masing-masing. Kalau Menpar Arief Yahya jelas menghadiri Festival Budaya Buton ini, mengingat even tahunan ini sudah masuk calender of even tingkat Nasional,” terang Umar Samsu.

Sementara Menpan RB kedatangannya sekaligus untuk meresmikan perkantoran Takawa yang akan ditempati seluruh SKPD di Pemkab Buton.

Sedangkan Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, lanjut Umar Samiun yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Buton ini, sekaligus menghadiri pembebasan kawasan lahan pariwisata di Desa Koguna Kecamatan Lasalimu Selatan dengan luas mencapai 2.000 hektar.

“Kedatangan menteri kehutahan sebenarnya ide yang muncul dari kementerian pariwisata,” ungkapnya.

Sayangnya berdasarkan informasi terakhir, ada dua menteri yang berhalangan hadir dan diwakili bawahannya, yakni Menpar Arief Yahya yang akan diwakili Sekretaris Kemenpar Ukus Kuswara, sedangkan Menteri Siti Nurbaya akan diwakili oleh salah satu dirjennya.

“Kalau Menteri PAN RB Asman Abnur dipastikan akan hadir, karena beliau akan meresmikan pembukaan perkantoran baru Pemkaba Buton di Takawa yang juga menjadi lokasi puncak acara Festival Budaya Tua Buton tahun ini,” terangnya.

Menurut Umar Samiun perayaan Festival Budaya Tua Buton tahun ini merupakan kegiatan yang istimewa. Selain diselenggarakan bertepatan dengan momen dirgahayu kemerdekaan RI, juga menjadi momentum refleksi pembangunan Pemkab Buton. Terlebih bulan Agustus juga bertepatan dengan genapnya empat tahun Umar bersama wakilnya Bakri memimpin Buton.

Kepala Publik Komunikasi dan Informasi, Kemenpar, Iqbal Alamsjah mengatakan ada tiga tujuan kenapa pihaknya mengadakan Press Tour ke Kabupaten Buton bertepatan dengan even Festival Budaya Tua Buton 2016.

Pertama karena memenuhi undangan Bupati Buton Umar dan Wabup-nya Bakri untuk meliput Festival Budaya Buton 2016 ini. “Kedua, menjalin sinergitas antara Pemkab Buton dengan Kemenpar terutama dengan para awak media yang biasa meliput kegiatan Kemenpar,” terangnya.

Sedangkan alasan ketiga, untuk memenuhi unsur Pentahelix di setiap kegiatan Kemenpar, dimana Media merupakan salah satu unsur dari Pentahelix dan sekaligus menjadi subyek dalam memajukan sektor Pariwisata Nasional.

“Dalam press tour ini, jurnalis & blogger yang diajak bukan hanya meliput rangkaian acara Festival Budaya Tua Buton 2016, pun mengunjungi sekaligus meliput objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Buton seperti Pantai Koguna, kawasan hutan Lambusango, dan lainnya agar dapat terekspos lebih luas,” pungkas Iqbal.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP