. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 18 Agustus 2016

Poles Paras Pariwisata Lampung, Kemenpar Kucurkan 5 Miliar Lebih

Lampung punya potensi pariwisata yang luar biasa, indah dan beragam. Sayangnya masih banyak yang belum tergarap dengan baik hingga parasnya masih temaram. Untuk membantu memoles pariwisata Lampung agar lebih bersinar, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengucurkan anggaran sebesar Rp 5 miliar lebih tahun ini.

Data jumlah anggaran itu, TravelPlusIndonesia peroleh dari bahan pointers sambutan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang semestinya dibacakan pada press conference Festival Krakatau 2016 di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Jakarta, Kamis (18/8).

Arief Yahya sendiri berhalangan hadir di acara tersebut lantaran hendak bertolak ke Bandara Kualanamu untuk urusan persiapan puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 yang berlangsung di Danau Toba. Akhirnya dia diwakili Sekretaris Kemenpar Ukus Kuswara untuk menyampaikan kata sambutannya itu.

Jumlah alokasi dana dekontsentrasi dan tugas pembantunan Kemenpar sebesar Rp 5,362 miliar itu berasal dari dana patungan 4 deputi di Kemenpar.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata misalnya mengeluarkann dana untuk penyusunan rencana detil Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) sebesar Rp 2,7 miliar. Seperti diketahui Provinsi Lampung memiliki dua KSPN yakni Krakatau dan Way Kambas.

Selanjutnya dana untuk sosialisasi pengembangan sistem Sadar Wisata dan peningkatan kapasitas susaha masyarakat sebesar Rp 1,45 miliar.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara menyumbangkan dana sebesar Rp 200 juta untuk kegiatan Matta Travel Fair 2016.

Lalu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara memberikan bantuan pengadaan sarana promosi pariwisata daerah sebesar Rp 142 juta, dan dana penyelenggaraan/partisipasi promosi pariwisata daerah sebesar Rp 650 juta.

Sedangkan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan mengeluarkan dana sebesar Rp 220 juta untuk pembekalan SM bidang pariwisata.

Menurut Arief Yahya dalam pointers-nya itu, dukungan Kemenpar untuk sertifikasi SDM perhotelan di Lampung selama 2015 sebanyak 200 orang dan target 2016 sebanyak 200 orang.

BPS Lampung mencatat jumlah kunjungan wisman tahun 2015 mencapai 114.907 orang sedangkan wisnus 5.530.803 orang.

Terkait pelaksanaan Festival Krakatau, Arief Yahya berharap even tahun ini dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan sehingga jumlah wisnus dan wisman yang ke Lampung tahun ini bertambah. 

Arief Yahya juga berharap festival ini  mampu menciptakan nilai ransaksi ekonomi yang mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Lampung khususnya.

Menurut Arief Yahya usai Festival Krakatau, masih ada beberapa even lagi yang akan berlangsung di provinsi yang terkenal dengan gajah, kain tapis, kopi, keripik pisang, durian, dan pempeknya ini, antara lain Festival Danau Ranau 2016 yang akan berlangsung tangal 9-10 Oktober, Festival Way Kambas 2016 (Oktober), dan Festival Taman Hutan Rakyat 2016 pada tanggal 5-11 September mendatang.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP