. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 01 Agustus 2016

Jadi Keynote Speaker di Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata 2016, Bukti Arief Yahya (juga) Amat Serius Bangun Kelembagaan dan SDM Pariwisata

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dijadualkan akan membuka Rapat Koordinasi (Rakornas) Perguruan Tinggi Pariwisata 2016 di Bali, pekan pertama Agustus ini.

Orang nomor satu di Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini juga akan menjadi keynote speaker pada hari pertama, Rabu (3/8) malam.

Kehadiran Arief Yahya di rakornas yang akan diikuti 406 peserta baik dari 114 perguruan tinggi, undangan, dan Kemenpar ini sekaligus membuktikan keseriusannya di bidang pengembangan kelembagaan kepariwisataan dan SDM.

Maklum banyak pihak melihatnya, dia lebih mengutamakan menggenjot promosi dan pengembangan destinasi dan industri pariwisata.

Arief Yahya mengakui aktivitas yang lebih sering terdengar adalah promosi dan even. Padahal sebenarnya pengembangan ketiga bidang itu mendapat porsi yang sama besar dan saling mendukung.

Di bidang pengembangan kelembagaan dan SDM pariwisata, Arief Yahya menugaskan deputinya, yakni Prof. Dr. H. M. Ahman Sya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pariwisata yang berstandar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), supaya memiliki keunggulan komparatif jika dibandingkan dengan tenaga kerja dari negara lain.

Mengingat tuntutan pengembangan destinasi dan industri wisata yang berkembang pesat, Arief Yahya juga menghimbau agar deputinya ini mengerahkan semua resources yang ada di perguruan tinggi pariwisata di bawah binaan Kemenpar dan swasta.


Terkait Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata se-Indonesia di Bali, Ahman Sya menjelaskan selain Menpar Arief Yahya sebagai pembicara utama, rakornas bertema ‘Peran Aktif Perguruan Tinggi Pariwisata dalam Pencapaian Target 20 Juta Kunjungan Wisman Tahun 2019’ ini juga akan menghadirkan sejumlah nara sumber lain yang disesuaikan dengan temanya.

Dari luar Kemenpar antara lain ada Wakil Ketua Komisi X DPR RI H. Ferdiansyah, Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti Dr. Ir Patdono Suwignjo, dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi.

Ketiganya akan memyampaikan makalah di pleno pertama yang bertema “Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia” juga pada hari kedua Rakornas, Kamis (4/8) pagi.

Tiga deputi lain dari Kemenpar yakni Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Prof. Dr. I Gde Pitana, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizky Ratman, juga akan menjadi nara sumber.

Ketiganya akan menyampaikan makalah dalam pleno kedua bertema “Penyuksesan Pembangunan Pariwisata Indonesia” pada Kamis siang.

Malamnya, ada tiga sidang komisi yang terbagi komisi I akan membahas soal LSP dan sertifikasi, komisi II (peran perguruan tinggi pada pembangunan 10 destinasi prioritas), dan komisi III akan membahas sinergi penelitian dan PKM perguruan tinggi dengan program pembangunan pariwisata Indonesia.

Selanjutnya laporan masing-masing komisi dan diteruskan dengan pembacaan kesimpulan perwakilan dari perguruan tinggi pariwisata, dan diakhiri penutupan rakornas yang akan ditutup oleh Ahman Sya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: agung-humaskemenpar & dok.ahman sya

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP