. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 01 Agustus 2016

Enam Tujuan Kemenpar Menggelar Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata 2016

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakornas) Perguruan Tinggi Pariwisata se-Indonesia. Tahun ini berlangsung di Bali, selama tiga hari, 3-5 Agustus 2016. TravelplusIndonesia mencatat sekurangnya ada enam tujuan Kemenpar mengadakan rakornas ini.

Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kemenpar, Prof. Dr. H. M. Ahman Sya mengatakan tujuan pertama rakornas ini untuk mengevaluasi hasil rakornas tahun lalu.

“Hasil rakornas tahun 2015 meliputi implementasi kurikulum berbasis kompetensi, pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pihak 1 di tiap perguruan tinggi atau wilayah perguruan tinggi, dan sertifikasi lulusan,” terangnya kepda TravelplusIndonesia di Jakarta, Senin (1/8).

Tujuan kedua, membangun komitmen bersama dalam pembangunan kepariwisataan sebagai leading sector pembangunan nasional.

Ketiga bertujuan membuat langkah-langkah terobosan dalam percepatan pencapaian target 20 juta wisman, anatra lain mewujudkan program Pariwisata goes to campus sebagai program yang nyata menciptakan kader-kader pariwisata yang potensial.

Tujuan keempat membagi tugas perguruan tinggi dalam penanganan 10 destinasi prioritas atau 10 Bali Baru yang sudah ditetapkan Kemenpar.

Berikutnya kelima, rakornas ini juga sekaligus bertujuan memberikan pelatihan dasar SDM kepariwisataan bagi jurnaslis. Makalah yang akan disampaikan antara lain tentang peranan jurnalis dalam mendukung citra pariwisata Indonesia.

Dan terakhir, keenam, karena diadakan di Bali, jadi sekaligus mengangkat/mengekspos objek-objek wisata yang ada di Bali lewat kegiatan peliputan para jurnalis yang diundang.


Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Anang Sutono menilai Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata memiliki peran yang sangat strategis, yakni Kemenpar dapat melakukan penetrasi kebijakan terhadap perguruan tinggi pariwisata khususnya Non Kemenpar atau swasta.

“Penetrasi tersebut terutama terkait dengan upaya mewujudkan pencapaikan 20 juta international tourist arrival,” ujarnya kepada Travelplusindonesia lewat pesan WA.

Anang melihat peran perguruan tinggi pariwisata menjadi semakin strategis mengingat perguruan tinggi kini menjadi unsur penting di Pentahelix, sebagai unsur akademisi.

Perguruan tinggi pariwisata di Indonesia, lanjut Anang bisa memiliki peran startegis dengan cara memiliki LSP 1 st Participant. “Selain menjadi penggerak atau inisiator program Tourism Goes to Campus dan menjadi frontliner of Tourism Ambassador,” terangnya.

Menurut Anang dengan rakornas ini, membuktikan Kemenpar memiliki kepentingan mengasilkan SDM Pariwisata yang andal dan profesional dengan tetap berkepribadian Indonesia.

“Insya Allah saya dan 3 orang dari STP Bandung akan hadir di Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata 2016 ini,” tutupnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: adji & dok. anang sutono

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP