. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 01 Agustus 2016

Ini Alasan Kemenpar Gelar Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata 2016 di Bali

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tahun 2016 ini akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perguruan Tinggi se-Indonesia. Bali dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan selama 3 hari pada 3-5 Agustus ini.
“Bali dipilih sebagai lokasi Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata 2016 karena Bali merupakan salah satu great dan destinasi utama pariwisata Indonesia,” terang Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kemenpar, Prof. Dr. H. M. Ahman Sya kepada TravelplusIndonesia di Jakarta, Senin (1/8).

Ini bukti Bali masih menjadi destinasi utama andalan Indonesia. Tahun lalu Bali menyumbangkan 4 juta lebih wisman bagi Indonesia, dari total 10,41 juta wisman yang berkunjung ke Indonesia sepanjang tahun lalu.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Bali dari Januari 2015 hingga Desember 2015 kunjungan wisman ke Bali sebanyak 4,002 juta orang.

Wisman dari Australia masih menempati posisi nomor satu yaitu sebanyak 965.330 orang, kemudian China 687.633 orang, Jepang 228.035 orang, Malaysia 190.317 orang, dan Inggris sebanyak 167.527 orang.

Untuk 2016 ini, Dinas Pariwisata Provinsi Bali menargetkan kunjungan wisman ke Bali mencapai 4,4 juta.

Menurut Ahman Sya Rakornas Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata digelar Kemenpar setiap tahun. Adapun tujuannya untuk membahas keikutsertaan perguruan tinggi pariwisata negeri maupaun swasta dalam pembangunan SDM pariwisata.

Pesertanya seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta yang mempunyai fakultas/jurusan/program studi (prodi) pariwisata. “Sebanyak 114 perguruan tinggi sudah fix ikut serta rakornas tahun ini. Jumlah total pesertanya, terdiri atas perguruan tinggi ditambah undangan dan Kemenpar sebanyak 406 orang,” terang Ahman Sya.

Dia juga mengatakan jika tidak ada halangan Rakornas bertema ‘Peran Aktif Perguruan Tinggi Pariwisata dalam Pencapaian Target 20 Juta Kunjungan Wisman Tahun 2019’ ini akan dihadiri Menpar Arief Yahya. “Beliau akan membuka sekaligus menjadi keynote speaker,” tambahnya.

Selain Menpar Arief Yahya sebagai pembicara utama, rakornas kali ini juga akan menghadirkan sejumlah nara sumber yang kompeten dengan temanya. “Ada dari Kemenpar, Perguruan Tinggi, dan Anggota DPR RI,” kata Ahman Sya.

Nara sumber dari intern Kemenpar yakni Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Prof. Dr. I Gde Pitana, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizky Ratman.

Nara sumber dari luar Kemenpar antara lain Wakil Ketua Komisi X DPR RI H. Ferdiansyah, Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti Dr. Ir Patdono Suwignjo, dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi.

Kata Ahman Sya tujuan diselengarakan rakornas ini untuk mengevaluasi hasil rakornas tahun lalu dan membangun komitmen bersama dalam pembangunan kepariwisataan serta membuat langkah-langkah terobosan dalam percepatan pencapaian target 20 juta wisman.

Tujuan lainnya membagi tugas perguruan tinggi dalam penanganan 10 destinasi prioritas atau 10 Bali Baru. “Jadi tidak ada agenda pembahasan perubahan status perguruan tinggi,” pungkasnya.

Ahman Sya berharap dari Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata se-Indonesia tahun ini akan menelurkan terobosan-teroboran untuk percepatan pembangunan pariwisata.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP