. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 06 Agustus 2016

Ini Upaya Kemenpar Kembangkan SDM Pariwisata agar Bermartabat di Level Dunia

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kerap dituding cuma sibuk urus promosi pariwisata di dalam dan luar negeri serta penataan sejumlah destinasi, termasuk 10 destinasi prioritas sebagai 10 Bali Baru. Padahal dalam hal pengembangan SDM Pariwisata, Kemenpar juga amat serius.

Buktinya sejumlah langkah pengembangan SDM pariwisata Indonesia terus dilakukan Kemenpar, seperti diutarakan Menpar Arief Yahya sebagaimana tercantum dalam catatan keynote speak-nya yang seharusnya dibacakan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perguruan Tinggi se-Indonesia 2016 di Hotel Golden Tulip, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (3/8).

Dalam sub judul Pengembangan SDM Pariwisata oleh Kemenpar, Arief Yahya menjelaskan pihaknya akan meningkatkan jumlah tenaga kerja pariwisata yang disertifikasi dari 121.520 pada 2014 menjadi 500.000 pada 2019.

“Tenaga kerja pariwisata yang akan disertifikasi pada 2016 sebanyak 35.000 orang,” ungkapnya.

Kemenpar, lanjut Arief Yahya juga akan meningkatkan jumlah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Pihak 3 dari 22 LSP di 12 Provinsi menjadi menyebar di 34 provinsi pada 2019, baik di industri pariwisata maupun Perguruan Tinggi penyelenggara pendidikan vokasi.

“Kami juga akan meningkatkan jumlah Asesor Kompetensi di beberapa provinsi dari 1.400 Asesor menjadi 3.260,” tambahnya.

Selain itu Kemenpar juga melaksanakan Deseminasi tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), ASEAN Common Competency Standard on Tourism Professional (ACCSTP), dan Common ASEAN Tourism Curriculum (CATC) di beberapa daerah yang belum memahaminya.

“Tak ketinggalan, kami juga mengadakan Pelatihan Dasar Kepariwisataan bagi SDM di Sektor Destinasi Pariwisata bagi 17.600 orang di seluruh Indonesia,” terang Arief Yahya.

Kata Arief Yahya lagi, semua itu dilakukan untuk Pariwisata Indonesia yang lebih baik di masa mendatang, dan demi Pariwisata Indonesia yang bermartabat di panggung internasional.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: agung-humaskemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP