. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 06 Agustus 2016

Arief Yahya Ajak Pentahelix Bersinergi Bangun Pariwisata dan Raih Target

Pembangunan sektor pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah, melainkan memerlukan sinergi dari ABGCM yakni Akademisi (Academics), (Bisnis (Business), Pemerintah (Government), Komunitas (Community), dan Media Massa (Media). Kelima bidang yang disebut Pentahelix tersebut memiliki urgensi yang sama penting dan krusial untuk meraih target yang sudah ditetapkan.

Begitu isi keynote speak Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perguruan Tinggi se-Indonesia 2016 di Hotel Golden Tulip, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (3/8).

Data tertulis keynote speak dengan sub judul Pentahelix tersebut, TravelPlusIndonesia dapat dari bawahan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Kemenpar, Prof. Dr. H. M. Ahman Sya.

Ahman Sya akhirnya membuka rakornas tersebut lantaran Arief Yahya berhalangan hadir dikarenakan ada Sidang Kabinet dengan Presiden Jokowi dan kemudian menerima beberapa tamu penting di Kemenpar.

Menurut Arief Yahya kekompakan dan kesediaan untuk saling membantu oleh kelima bidang tersebut akan berdampak pada percepatan pembangunan kepariwisataan Indonesia.

“Kita harus mampu menghilangkan ego sektoral, karena kita hidup dalam jaman teknologi informasi berkecepatan tinggi. Bila tidak mampu bergerak cepat secara cerdas maka kita akan dikalahkan oleh mereka yang adaptif dan mampu berlari kencang,” kata Arief Yahya.

Dalam sub judul Kontribusi Perguruan Tinggi Pariwisata, Arief Yahya mengatakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat adalah ruh dari lembaga Pendidikan Tinggi Indonesia.

“Mengedepankan pendidikan yang siap berkontribusi di bidang pariwisata, penilitian yang memprioritaskan isu-isu terkait pariwisata, dan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pariwisata di Destinasi Pariwisata Prioritas, adalah contoh konkrit dan baik dari kontribusi Pendidikan Tinggi Pariwisata terhadap sektor Pariwisata Indonesia,” ungkap Arief Yahya.

Perguruan Tinggi yang mengedepakan konteks Pariwisata dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, lanjut Arief Yahya, akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang peduli dan menjadi kader pariwisata di masa depan.

“Perguruan Tinggi sebagai kawah Candradimuka generasi muda terdidik, akan memiliki sumbangsih efektif terhadap pengembangan pariwisata secara jangkap panjang,” terang Arief Yahya.

Di sub Pencapaian Kemenpar, Arief Yahya mengatakan rakornas kali ini dilakukan di tengah momentum positif yang dialami sektor pariwisata di tengah upaya pencapaian target 20 juta wisman tahun 2019.

Pencapaian wisman ke Indonesia tahuan lalu, lanjut Arief Yahya, sebesar 10.406.759 wisman atau naik 104.1% dari target yang ditetapkan. “Pencapaian tersebut meningkat 10,3% dibanding tahun 2014 sebesar 9.435.411 wisman,” ungkapnya.

Menurut Arief Yahya peningkatan jumlah wisman tersebut dalam konteks global, merupakan peningkatan yang relatif baik dibanding pertumbuhan dunia sebesar 4,4% dan ASEAN sebesar 5,1%.

“Kunjungan wisman di negara tetangga selama 2015 untuk Malaysia (-15,7%), Singapura (0,9%), dan Thailand (20,4%),” tambah Arief Yahya.

Perolehan devisa tahun 2015 diperkirakan sebesar USD 12,6 miliar, meningkat sebesar 11,6% dibanding tahun lalu sebesar USD 11,2 miiar. “Kontribusi terhadap PDB Nasional juga meningkat dari 4,04% pada 2014 menjadi 4,23% pada 2015,” ungkapnya.

Dalam pengembangan Pariwista Indonesia, sambung Arief Yahya, pemerintah sudah menetapkan 10 Destinasi Prioritas sebagai 10 Bali Baru.

“Pengembangan 10 destinasi prioritas adalah untuk memecahkan problema klasik agar kunjungan wisman ke Indonesia merata ke banyak daerah. Untuk itu butuh kerjasama yang baik oleh pelaku bidang Pentahelix Indonesia,” pungkas Arief Yahya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: agung-humaskemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP