. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 27 Agustus 2016

Belasan Obyek yang Wajib Ada dalam Daftar City Tour Purwokerto Anda

Purwokerto, Ibukota Kabupaten Banyumas, terus menggeliat seperti kota-kota lain di Jawa Tengah. Kota yang terletak di kaki Gunung Slamet ini pun sudah lama menjadi tujuan wisata, baik wisatawan lokal, nusantara maupun mancanegara. Tercatat ada belasan objek wisata baik yang ada di dalam maupun di luar Kota Mendoan ini. Jenis obyeknya pun beragam, ada wisata alam, belanja, kuliner, rohani, budaya, dan obyek wisata sejarah.

Kalau Anda suka berwisata sejarah, tengok saja beberapa monumen di kota ini antara lain Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di pinggir Sungai Logawa Kecamatan Karanglewas, kurang lebih 4 Km dari Kota Purwokerto.

Monumen tersebut dibangun untuk mengenang perjuangan Jenderal Soedirman di Kabupaten Banyumas, khususnya di Purwokerto.

Selanjutnya ke Monumen Gatot Subroto yang dibangun untuk menghormati jasa dan perjuangan Jenderal TNI Anumerta Gatot Subroto sebagai Pahlawan Nasional sebagaimana Jenderal Soedirman.

Kemudian ke Monumen Sepoer berupa bekas lokomotif uap yang telah direhabilitasi sedemikian rupa yang diletakan di halaman kantor Perusahaan Jawatan Kereta Api DAOP IV Purwokerto sebagai monumen.

Lalu ke Monumen Sepuluh yang berbentuk bambu runcing patah sebanyak 10 buah. Monumen ini menggambarkan gugurnya 10 pahlawan anggota Brigade XVII Tentara Pelajar Kompi Purwokerto dalam periode Perang Kemerdekaan I dan II.

Lanjutkan city tour ke museum antara lain Museum Uang Bank Rakyat Indonesia yang berdiri pada 16 Desember 1895 oleh Patih Aria Wirjaatmadja dan diresmikan tahun 1990.

Berikutnya ke Museum Sendang Mas (Seni Pedhalangan Banyumas) di kompleks Pendopo Kabupaten Banyumas Lama di Kota Banyumas. Museum ini didirikan untuk melestarikan kebudayaan Jawa khususnya wayang.

Koleksi museum wayang ini antara lain berisi Wayang Kulit Gagrag Banyumas, Gagrag Solo, Gagrag Yogyakarta, Sunggingan Gagrag Banyumas, Wayang Krucil (klithik), Wayang Beber, dan Kaligrafi Huruf Jawa (dalam bentuk gunungan dan punakawan).

Buat Anda yang senang berwisata alam, bisa melanjutkan perjalanan ke luar Kota Purwokerto antara lain ke Curug Cipendok yang berada di Desa Karangtengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, atau sekitar 25 km dari pusat Kota Purwokerto.

Di curug setinggi 100 meter ini, pengunjungnya dapat menikmati udara sejuk, hembusan buih-buih air terjunnya, dan menikmati suasananya sambil icip-icip Tempe Mendoan dan minum susu murni di warung-warung di tepi jalan.

Kalau belum puas, Anda biss teruskan ke kawasan Baturaden yang dapat dijangkau sekitar 15 menit dari pusat kota. Di kawasan wisata Baturaden ada beberapa wahana permainan seperti kolan renang, kolam luncur, sepeda air, dan pemandian air panas. Tiket masuknya Rp 14.000 per orang.

Di sana juga ada wana wisata yang biasa digunakan untuk kawasan perkemahan yang dapat menampung hingga 1.000 tenda. Sekitar 17 km dari Purwokerto, terdapat Pemandian Kalibacin yang berlokasi di Desa Tambak Negara, Kecamatan Rawalo.

Pemandian yang memiliki nama lain Wisata Husadaini airnya diyakini dapat menyembuhkan penyakit kulit dan reumatik. Kawasan wisata Pemandian Kalibacin juga merupakan kawasan wisata sejarah peninggalan Belanda.

Jika Anda menyukai kegiatan outbound, sambangai saja Baturaden Adventure Forest (BAF). Di tempat ini Anda  bisa menikmati wahana paint ball yang seru. Lebih seru lagi kalau Anda datang rombongan dan beramian paint ball beramai-ramai di bawah kerindangan pepohonan Damar yang berusia puluhan bahkan ada yang ratusan tahun.

Hal itu pun  dilakukan rombongan Biro Hukum dan Komunikasi Publik (BHKP), Kementerian Pariwisata (Kemenpar), yang datang ke BAF ini sebagai rangkaian kegiatan "Sosialisasi Kebijakan Kemenpar" yang diadakan selama 3 hari dari tanggal 25-27 Agustus 2016.

Di BAF, sekitar 60 peserta rombongan BHKP Kemenpar pun untuk melakukan sejumlah permainan outbound sesuai dengan tema untuk membentuk team building, antara lain aneka fun games, flying fox, dan tentu saja paint ball.

Jika Anda pemeluk Nasrasni, bisa berwisata rohani ke Gua Maria Kaliori yang letaknya 20 km dari pusat kota Purwokerto. Di lahan seluar 5,6 hektar ini, dapat ditemui fasilitas seperti pendopo untuk istirahat, gereja untuk beribadah hingga dudukan kursi di bawah pohon yang rindang.

Selepas itu,  Anda jangan lupa mampir ke Alun-alun Kota Purwokerto sore hingga malam hari. Alun-alunnya diapit Kantor Bupati Banyumas di satu sisi dan Masjid Agung Baitussalam Purwokerto di sisi yang lain. Di seberang masjid di alun-alun ini ada Rumah Batik Alun-alun yang bangunannya bergaya klasik, didominasi warna putih.


Luangkan waktu Anda pula untuk jalan-jalan ke Pasar Wage, yakni pusat perniagaan tradisional di kotanya penyanyi Mayangsari ini. Anda bisa menggunakan angkot berwarna orange menyala.

Di sisi Pasar Wage ada Vihara Hok Tik Bio sebagai bukti ada kehidupan multikultural di kota ini sejak lama.

Usai berwisata sejarah, alam dan lainnya, lanjutkan perjalanan ke kawasan kuliner di kota Purwokerto yang berada di Jalan Prof. Dr. Soeharso.

Kawasan ini juga disebut dengan kawasan GOR Satria Purwokerto. Di kawasan ini, Anda bisa  menikmati berbagai jenis makanan, seperti masakan khas Sunda dengan 30 jenis sambal dan 30 jenis lalapan di Waroeng Spesial Sambal (SS), termasuk camilan khas dari Purwokerto yakni Mendoan.

Pilihan lainnya  Mendoan Eco 21 di Jalan Soetoyo Nomor 21 atau dikenal daerah Sawangan, Warung Soto Sokaraja Sutri di Jalan Kertadirjan Sokaraja kulon, dan ke sentra oleh-oleh ‘Jaket’ alias Jenang Asli Ketan di Jalan Adipati Mersi Kota Purwokerto untuk memborong beragam panganan khas Banyumas seperti Jenang, Kripik Tempe, Lanting, Getuk Goreng, dan lainnya sebagai buah tangan Anda sepulang wisata keliling Kota Purwokerto.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP