. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 20 Agustus 2016

15 Acara Ini Bakal Semarakkan Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean 2016

Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean, tahun ini kembali digelar Pemkab Tojo Una-una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Festival ke-12 yang akan berlangsung 27-31 Agustus ini bakal diisi dengan 15 Acara baik lomba maupun non lomba.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kemenpar Esthy Reko Astuti Kemenpar dalam rundown live talkshow di salah satu TV swasta pada Senin, 15 Agustus 2016 bersama Gubernur Sulteng H. Longki Djanggola, menjelaskan sebanyak 15 acara akan menyemarakkan Festival Pesona Bahari Togean 2016, yang terbagai atas lomba dan non lomba.

Untuk kegiatan lomba antara lain lomba perahu layar, renang tradisional, perahu katinting, mancing, tarik tambang perahu, rally foto human interest dan landscape, lari karung pantai, lagu daerah, peragaan busana daerah dari kulit kayu, seni bela diri kantao, kuliner, dan lomba stand pameran.

Sedangkan non lomba ada jelajah destinasi Kepulauan Togean yang bertujuan untuk mengenalkan seluruh objek wisata yang ada di Togean, lalu pameran batu akik, dan pameran pembangunan.

Kemenpar turut mendukung Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean yang bertema “Indahnya Kepulauan Togean, Indonesiaku” ini, terutama dalam bentuk promosi even. Adapun tujuannya untuk menjaring wisatawan dan investor.

“Yang pasti tujuannya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik wisman maupun wisnus,” kata Esthy dalam rundown live talkshow terkait pelaksanaan Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean 2016 yang TravelPlusIndonesia peroleh dari Kabid Promosi Pariwisata Bahari, Kemenpar, Haryanto di Jakarta, Sabtu (20/8).

Tujuan lain festival tahun ini, lanjut Esthy untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Touna dalam rangka menarik minat pengusaha untuk berinvestasi dan membangun industri pariwisata.

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Touna, lanjut Esthy dengan adanya bandara baru di Ampana (Ibukota Kabupaten Touna-red), maka target wisatawan tahun 2016 yang mengunjungi Kabupaten Touna dapat mencapai 30.000 orang baik wisatawan mancanegara maupun nusantara.

“Sementara kunjungan wisatawan pada penyelenggaraan Festival Pesona Bahari Kepulauan Togean tahun ini ditargetkan akan dikunjungi 100 wisman, 500 wisnus, dan 1000 wislok,” terangnya.

Data kunjungan wisatawan ke Kabupaten Touna pada tahun lalu untuk wisman mencapai 4.087 orang, sedangkan wisnusnya 222.732 orang. Sementara kunjungan wisman secara keseluruhan se-Sulteng tahun lalu 17.903 orang, wisnusnya 3.109.466 orang.

“Kami menghimbau masyarakat agar dapat menjaga kebersihan khususnya di wilayah pantai dan pesisir agar wilayah laut kita bebas dari sampah sehingga nyaman untuk dikunjungi wisatawan,” pesan Esthy.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto:Indonesia.travel

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP