. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 15 Juli 2016

Ini Alasan Menpar Arief Yahya Usulkan Festival Pesona Serumpun Sebalai Sudah Harus Berskala Internasional

Menteri Pariwisata (Menpar ) Arief Yahya mengusulkan agar Festival Pesona Serumpun Sebalai dinaikkan levelnya lebih tinggi, dari tingkat Nasional menjadi internasional.

Usulan tersebut bukan tanpa alasan, soalnya festival budaya ini sudah rutin digelar setiap tahun di Bangka, tepatnya Pangkalpinang.

“Saya usulkan festival ini dijadikan ini even internasional karena sudah pantas, mengingat sudah rutin digelar setiap tahun. Tapi tidak tahun ini, melainkan tahun depan, 2017,” ucap Arief Yahya di acara Grand Launching Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Jumat (15/7).

Menurut Arief Yahya keuntungan Festival Pesona Serumpun Sebalai jika dinaikkan levelnya ke tingkat internasional, gaungnya akan jauh lebih mengglobal.

Agar bisa dikatakan bertaraf internasional, lanjut Arief Yahya peserta festival ini bukan cuma dari berbagai daerah di nusantara melainkan harus ada dari mancanegara. Caranya dengan mengundang peserta dari luar negeri agar ikut dalam festival ini.

“Misalnya dengan mengundang serumpun sebalai dari Malaysia, Singapura, Brunei, dan lainnya. Pesertanya juga harus di seleksi agar hasilnya bagus,” imbaunya.

Kalau sudah bertaraf internasional, sambungnya, atraksi yang disuguhkan bukan lagi level nasional apalagi lokal. Semuanya harus bertaraf internasional dan benar-benar pilihan.

“Untuk itu koreografernya harus internasional, desainer bajunya, dan arangger musiknya juga harus internasional. Bisa jadi orang-orang tersebut dari Indonesia asal prestasi dan reputasinya sudah internasional,” ungkap Arief Yahya.


Terkait pelaksanaan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 yang akan berlangsung di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Bangka pada 20-26 Juli 2016, Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi atas penyelenggaran acara yang akan mempertunjukkan pesona berbagai daerah di Indonesia termasuk pesona Bangka Belitung yang kini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kata Arief Yahya, Kepulauan Bangka Belitung banyak menarik perhatian wisatawan, terlebih sejak Belitung digunakan dalam setting film Laskar Pelangi. Sejak itu, keindahan pantai yang ada di sana mendapat sorotan yang lebih banyak dari sebelumnya.

"Kami mengapresiasi terselenggaranya acara yang bisa menjadi salah satu daya tarik pariwisata ini. Bangka Belitung memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata. Banyak pantai indah yang belum banyak terjamah manusia yang bisa dikunjungi di sana." ungkap Arief Yahya.

Selain itu, keragaman budayanya juga menarik. "Dampak secara nasional total wisnus yang berkunjung ke 5 Kota yang dilalui GMT termasuk Belitung ini sebanyak 432.196 orang atau 106% melebihi target yang ditetapkan Kemenpar sebanyak 210.000 orang. Total nilai ekonomi selama GMT 2016 di 5 kota sebesar Rp. 109,5 M atau 30 % melebihi target yang ditetapkan Kemenpar sebesar Rp. 84 Miliar,” beber Arief Yahya.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Rustam Effendi yang hadir dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Provinsi Bangka Belitung layak menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Festival ini rutin digelar dengan tujuan mempromosikan Bangka Belitung sebagai destinasi pariwisata unggulan.

“Terkait kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung yang terus meningkat, hal ini tidak terlepas dari momen kunjungan wisatawan besar-besaran ke Bangka Belitung saat peristiwa GMT 2016. Hal ini akan terus dijaga, antara lain dengan mengadakan secara terus menerus even-even besar yang menarik dan unik. Salah satu di antaranya adalah apa yang akan dipentaskan di Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupa Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016,” jelasnya.

Rustam menambahkan istilah Serumpun Sebalai itu adalah filosofi masyarakat Bangka Belitung, yang menggambarkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, yang sampai sekarang tetap hidup dan diterapkan masyarakat Bangka Belitung.

Dalam festival nanti, akan ada beberapa jenis kegiatan yang akan disuguhkan antara lain Festival Seni Tradisi Bangka Belitung, Seleksi Tari Serumpun Sebalai, dan Festival Tari Nusantara.

Disamping itu ada serangkaian acara hiburan seperti penampilan artis Ibukota Aura Kasih dan Wita Band yang merupakan Band terbaik asal Bangka Belitung, percusion SMU Pankalpinang, aksi pesulap terbaik asal Bangka Belitung yang bernama Toni dan Yoko, defile peserta Parade Tari Nusantara, dan penganugerahan penampilan terbaik.

Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 ini masih berskala Nasional. Buktinya belum ada peserta dari luar negeri, melainkan baru melibatkan 16 provinsi dari dalam negeri.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP