. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 28 Juni 2016

Pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016, Wakili Indonesia di Ajang Dunia

Para Pemenang kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016 yang akan diumumkan tanggal 30 Agustus mendatang, dipastikan akan mewakili Indonesia di World Halal Travel Award (WHTA) atau ajang kompetisi pasiwisata halal level dunia yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Ya pemenang kompteisi pariwisata tingkat nasional 2016, otomatis ikut WHTA tahun ini juga,” kata Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Indonesia, Riyanto Sofyan dalam acara Workshop koordinasi Pengembangan Wisata Sejarah dan Religi di Forum Regional dan internasional dengan tema "Menjadikan Indonesia sebagai Destinasi Favorit Wisata halal", di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, Selasa (28/6).

Pengumuman para pemenang WHTA 2016, lanjut Riyanto akan diumumkan di Abu Dabi, UEA pada 22 November 2016 yang dihadiri sejumlah eksekutif dunia yang bergerak di ranah sektor pariwisata halal keluarga. Indonesia, dipastikan akan mengikuti sejumah kategori dalam ajang ini.

Sebagai persiapan untuk ajang tersebut, sebelumnya di Tanah Air digelar Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional tahun ini oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Ad 14 kategori yang dilombakan dalam Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016  yaitu Kategori Penerbangan (airline) Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Airport, Hotel Keluarga, Hotel Luxurious, Apartemen, Pantai, Biro Perjalanan, Website Travel Ramah, Perusahaan Kapal Pesiar, Destinasi Bulan Madu, Operator Haji dan Umroh, Destinasi Wisata Halal, Destinasi Kuliner Halal, dan terakhir kategori Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.

Menurut Riayanto ada 3 penilaian dalam kompertisi Pariwisata Halal Tingkat Nasioanal yakni Profile, Key Achievements, dan Unique Characteristics.

Profile itu, menceritakan tentang diri (usaha, destinasi, pengelola web) secara lengkap, kelebihan / keunggulan / keistimewaannya, kemudahan aksesibilitas, fasilitas-fasilitas yang dipunyai yang juga mencerminkan Muslim Friendly atau Family Friendly dengan memuat point-point anatar lain berkomitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan Wisatawan Muslim, berkomitmen terhadap Sertifikasi Halal untuk produk makanan dan minuman, berkomitmen untuk penyediaan fasilitas kemudahan untuk beribadah,dan berkomitmen tergambar dalam kebijakan, struktur organisasi, kepemimpinan, dan sistem operasional.

Key Achievements itu menceritakan tentang performance diri (usaha, destinasi, pengelola web), data pasar/kunjungan dan perkembangannya, capaian dan target pasar/kunjungan, kepuasan konsumen dan kontribusi keuangan serta prestasi yang telah diraih serta capaian dan target pada komitmen-komitmen diatas yang tergambar pada aspek keuangan, kepuasan pelanggan, Sistem dan Prosedur serta pembinaan SDM.

Sedangkan Unique Characteristics, mengenai apa saja inovasi dan terobosan Produk dan Pelayanan yang sesuai pada komitmen pemenuhan kebutuhan Wisatawan Muslim.

Penilaian akan dilihat dari profil usaha, destinasi, dan pengelolaan website mencakup keunggulan dan keistimewaan destinasi, kemudahan aksesibilitas, serta fasilitas yang mencerminkan Muslim Friendly atau Family Friendly.

Adapun poin-poin penilaiannya yang punya komitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan Wisatawan Muslim, komitmen terhadap sertifikasi halal untuk produk makanan dan minuman, komitmen untuk penyediaan fasilitas kemudahan untuk beribadah, serta komitmen diwujudkan dalam kebijakan, struktur organisasi, kepemimpinan, dan sistem operasional.

Selain itu, penilaian juga bergantung pada kepuasan konsumen, prestasi yang telah diraih serta capaian dan target pada komitmen-komitmen diatas yang tergambar pada aspek keuangan, kepuasan pelanggan, sistem dan prosedur serta pembinaan SDM.

Tidak ketinggalan inovasi dan terobosan produk dan pelayanan menjadi kriteria penilaian, tentunya yang sesuai pada komitmen pemenuhan kebutuhan Wisatawan Muslim.

Jadi peserta yang hendak mendaftar harus memenuhi persyaratan umum di atas, juga memiliki profile, key achievements dan unique characteristics baik dalam bentuk tulisan, foto-foto terbaik dan audiovisual.

“Jangan lupa juga memberikan contoh visualisasi dari destinasi, usaha, produk dan layanan yang dinominasikan,” terang Riyanto.

Peserta yang ingin mendaftar, segera mengirimkan data terkait Persyaratan Umum, Profile, Key Achievements, dan Unique Characteristics (baik dalam bentuk tulisan, foto-foto terbaik dan audiovisual) serta memberikan contoh visualisasi dari destinasi, usaha, produk dan layanan yang dinominasikan ke alamat email berikut: kompetisi.nasional@halaltourism.id.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Sekretariat Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata RI, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya; Jalan Medan Merdeka Barat No.17 Jakarta dengan email: sekretariat@halaltourism.id ; Telp: (021) 3838211 Fax: (021) 3451870; Marsha Nadila – Mobile: +62 811-998-317 ; Widiya Putri – Mobile: +62 857-8183-1813.

Menurut Riyanto, pendaftaran peserta ditutup tanggal 31 Juli 2016. Selanjutnya masuk tahap seleksi dan pengumuman nimonator mulai 1-8 Agustus. Kemudian voting 9-26 Agustus dan pengumumam pemenang 30 Agustus. Acara pemberian penghargaan kepada para pemenang, 8 September 2016.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)

1 komentar:

Multi Solusi Handal 21 September 2016 pukul 07.11  

Versi halal nya dari sisi mana yaaa, kalau hotel atau Resort yang menyediakan minuman beralkohol masih bisa disebut halal gak yaaa

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP