. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 27 Juni 2016

Mendulang Wisnus Lewat Pesona Lebaran 2016

Guna memanfaatkan momen liburan Lebaran 2016 atau Idul Fitri 1437 Hijriah, yang waktunya bersamaan dengan musim liburan sekolah pada Juni-Juli tahun ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) membuat panduan paket liburan Lebaran berlabel “Pesona Lebaran 2016”.
“Panduan paket liburan Lebaran ini untuk mendulang perolehan wisatawan yang menurut selama bulan puasa,” ujarnya dalam dialog dan silaturahmi dengan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) di acara buka puasa bersama di Hotel Novotel, Jalan Gajahmada, Jakarta, Senin (27/10).

Selama bulan puasa Ramadhan, sambung Arief Yahya kunjungan wisatawan Indonesia menurun 10 juta. “Maklum orang kita biasanya kurang suka berwisata saat Ramadhan,” ujarnya.

Namun saat liburan Lebaran, jumlah yang berwisata bisa melonjak hingga 30 juta orang. “20 juta orang di antaranya dari pergerakan mudik tahun ini,” terangnya.

Panduan paket “Pesona Lebaran 2016” ini, lanjut Arief Yahya untuk memanfaatkan momentum liburan hari raya Lebaran 2016 menjadi liburan keluarga yang berkualitas.

Panduan paket yang baru pertama kali dibuat Kemenpar ini mencakup kota-kota di Jawa dan di luar Jawa-Bali.

Lewat panduan paket ini, masyarakat ketika berlibur ke destinasi dapat memanfaatkan secara maksimal dengan mengunjungi destinasi unggulan antara lain berupa obyek sejarah, budaya, taman hiburan, maupun kuliner yang ada di daerah tersebut.



Dalam Pesona Lebaran 2016 ada 21 destinasi yang masing-masing memiliki 10 destinasi unggulan atau paling populer yang wajib dikunjungi. Ke-21 destinasi tersebut antara lain Aceh, Banten, Bintan, Cipanas, Cirebon, Geopark Ciletuh (sukabumi), Jakarta, Jatim, Jepara, Jogya, Kudus, Labuhan Bajo (Flores), Solo, Sukabumi, Sumbar, Surabaya, Tasik, Tegal, Semarang, Bogor, dan Pekalongan.

“Kalau kita mengunjungi suatu daerah, sebaiknya 1 sampai 10 titik sebagai Pesona Lebaran 2016 ini jangan sampai dilewatkan,” kata Arief Yahya.
Arief Yahya memberikan contoh, kalau ingin Lebaran di Aceh ada 10 top distinasi yang wajib dikunjungi yaitu; Monumen Kilometer Nol RI Sabang, Pantai Iboih Sabang, Pantai Anoi Itam Sabang, dan Museum Tsunami Banda Aceh.

Selanjutnya ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, PLTD Apung Banda Aceh, Pantai Lampuuk Aceh Besar, Danau Laut Tawar Aceh Tengah, Pacu Kude Gayo, dan Komplek Kerajaan Samudera Pasai Aceh Utara.

Begitu pula kalau Lebaran di Surabaya, Jawa Timur, jangan lewatkan mengunjungi 7 destinasi unggulan (antara lain House of Sampoerna, dan  Kampung Arab Sunan Ampel.

Berikutnya ke Jembatan Suramadu), mencicipi 7 kuliner (antara lain; rawon, rujak cingur, tahu campur), serta 7 simbol Kota Pahlawan (antara lain; tugu pahlawan, museum WR. Soepratman, dan Monumen Jalesveva Jayamahe).

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: zuna-Humas Kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP