. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 27 Mei 2016

Kulineran di Alun-Alun Majalengka, Ya Teguk Jamero

Mau menikmati suasana sore dan malam sambil berwisata kuliner di Majalengka? Pergi saja ke Alun-alun kotanya. Di sana ada beragam makanan dan minuman yang siap menemani Anda bersantai. Salah satunya Jamero alias jahe merah organik, minuman berbahan jahe yang dijamin bakal bikin badan hangat dan sehat. 

Oki Sanjaya (19), salah satu pedagang Jamero di pusat kota Majalengka. Pria muda lulusan SMK di Majalengka ini biasa berjualan di luar pagar Alun-alun, tepatnya di seberang antara gedung dinas pendidikan dan DPRD.

Tempat berjualannya boleh dibilang reda dengan gerobak penjaja kuliner lainnya. Gerobaknya berbentuk kotak dengan tiang memanjang ke atas.

Di atas gerobak hanya ada panci aluminium berisi air rebusan jahe merah yang diletakkan di atas kompor gas portable. Di samping panci ada meja kecil untuk menempatkan botol plastik berisi cairan gula aren, muk (gelas) plastik, susu kaleng, dan saringan. Di depan kotak gerobak tertulis Jamero (jahe merah organik) berikut logonya.

"Gerobak Jamero ini punya bos Om," kata Oki, begitu biasa dia disapa sambil membuat segelas Jamero di Alun-Alun Majalengka, Jumat (27/5) malam kepada Travelplusindonesia usai mengikuti Seminar Pariwisata salah satu mata acara Festival Pesona Religi Al-Mizan 2016 di Ponpes Al-Mizan, Jatiwangi.

Menurut bungsu dari 5 bersaudara ini membuat Jamero sangat mudah. Bahan utamanya Jahe Merah dicuci bersih lalu dipanggang, setelah itu dipotong atau dicacah dimasukan ke dalam air putih yang sudah dimasak dan airnya mendidih.

"Segelas Jamero ditambah cairan gula aren atau gula merah dan ditambah susu cair," terang Oki yang malam itu ditemani keponakannya yang masih SMP.

Segelas Jamero buatan Oki dijual Rp 5.000. "Saya cuma ambil seribu per gelasnya. Sisanya empat ribu buat bos," aku Oki yang terpaksa tidak bisa kuliah selepas SMK lantaran terbentur biaya, apalagi ayahnya belum lama meninggal dunia.

Setiap hari, Oki berjualan di Alun-alun mulai pukul 4 sore hingga tengah malam, membawa 6 liter air jahe merah atau sekitar 50 gelas. "Pokoknya sehabisnya Om. Kalau habis saya bisa mengantongi Rp 250 ribu. Dan saya kebagian Rp 50 ribu per hari. Jadi kalau ditotal sebulan nonstop saya dapat Rp1,5 juta, " ujarnya.

Penjual minuman jenis di Alun-Alun Majalengka bukan cuma Jameronya Oki, ada juga sop buah, aneka jus, kopi sachet, dan beragam kuliner seperti seblak, lumpia basah, mie ayam, bubur ayam, bubur kacang ijo, siomay, nasi goreng, dan kacang rebus.

Pedagangnya mengelilingi pagar luar Alun-alun yang bentuknya seperri lapangan sepak bola, persegi empat.

Ada dua pintu masuk atau gerbang ke Alun-alun yang mulai ramai pengunjungnya jelang sore hari.

Saat malam, pengunjungnya semakan banyak, di antara nya pasangan sejoli yang tengah memadu kasih, duduk-duduk di bagian dalam Alun-alun yang minim lampu penerang.

Di Alun-alun ini ada gazebo yang letaknya percis di seberang pintu gerbang Kantor Bupati Majalengka. Gazebo berlantai ubin itu kerap digunakan untuk duduk-duduk santai sampil menikmati kulineran, dan ada juga beberapa anak muda yang tengah berkegiatan, menari dan lain-lain.

Karena letaknya amat strategis, Alun-alun ini pun kerap digunakan sebagai lokasi meeting point sejumlah komunitas, antara lain anak-anak touring motor berbagai merk.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, bisa parkir di luar pagar Alun-alun khusus parkir, tak jauh dari pintu gerbang.

Selain berkuliner, di Alun-alun ini pengunjung juga dapat melihat Masjid Raya Majalengka, Gedung Bupati, dan beberapa gedung tua lainnya.

Meskipun tidak seramai dan selengkap Alun-alun Semarang dan kota lainnya, namun Alun-alun Majalengka tak bisa dipungkiri menjadi pilihan warga dan wisatawan lokal untuk bersantai dan berkuliner, salah satunya menikmati kehangatan segelas Jamero.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP