. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 13 Februari 2016

Pilihan Lokasi Berwisata Romantis Bertema CINTA dari Taman, Pantai hingga Gunung

Candle light dinner, duduk berdua berteman menu paling enak, di tambah cahaya lilin di cafe, ah sok romantis. Tapi itu biasa, sudah ketinggalam jaman. Coba cari sensasi lain yang tak biasa, pasti bakal membuahkan kenangan tak terlupakan. 

Pergi saja ke objek-objek wisata yang membuahkan kesan romantis yang kental tapi berbeda, misalnya berkunjung ke objek wisata bertema cinta seperti ke Kolam Cinta, Tanjakan Cinta, Desa Cinta, Batu Cinta, Bukit Cinta atau ke Air Terjun Cinta, dan lainnya.

Batu Cinta berada di tengah Situ Patenggang, Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat. Untuk menggapainya, Anda bisa naik perahu wisata yang ada di tepian situ (danau).

Tak jauh dari situ ini, ada hamparan perkebunan teh bak permadani hijau raksasa yang pastinya bakal bikin mata dan hati teduh.

Jembatan Cinta terletak di dalam Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat. Anda bisa merasakan kesejukan udara Kota Hujan ini, sambil jalan-jalan di bawah kerindangan pohon-pohon besarnya. Kalau malas, cukup duduk-duduk di bangku taman dan rerumputan sambil melihat kemolekan Istana Bogor.

Kendati ada mitos, pasangan kekasih yang melintasi jembatan bercat merah ini akan putus, tetap saja banyak pasangan yang datang ke sini. Pulang dari jembatan gantung yang berada di atas Kali Ciliwung ini, Anda bisa berwisata kuliner membeli Roti Unyil, Asinan, Soto Kuning, dan Talas Bogor.

Masih di Jawa Barat, Desa Cinta tepatnya berada di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Anda dapat menikmati pemandangan persawahan dan kehidupan pedesaan. Dari desa ini, Anda dan pasangan terkasih dapat mengabadikan Gunung Sadahurip yang sempat heboh lantaran sejumlah pihak menganggapnya itu piramida kuno dari bentuknya yang memang mirip seperti piramida yang ada di Mesir.

Kolam Cinta lokasinya di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sesuai namanya ,Kolam Cinta adalah kolam peninggalan jaman Belanda yang bentuknya seperti hati, lambang cinta. 

Di tempat ini Anda dapat menikmati kesejukan udara pegunungan, sambil memandangi deretan pohon pinus. Jika masih sanggup berjalan, teruskan saja ke Curug Siliwangi, sekitar 1 jam dari kolam ini.

Kalau Anda dan pasangan suka mendaki bukit ataupun gunung tinggi, ada juga 4 lokasi pilihan yakni Gunung Semeru yang merupakan gunung api aktif tertinggi di Pulau Jawa. Pasalnya sebelum menuju Mahameru, nama puncaknya, Anda dan pasangan bisa menikmati paras cantiknya yang berornamen Ranu (telaga) Pane dan Kumbolo serta tak ketinggalan menapaki trek menanjaknya yang tersohor dengan julukan Tanjakan Cinta. Tapi ingat, jangan menoleh ke belakang saat menapakinya.

Jika Anda menilai fisik dan mental pasangan Anda kurang siap untuk mendaki gunung yang tinggi. Cukuplah ke bukit atau gunung kecil, misalnya ke Bukit Asmara dan Bukit Cinta

Bukit Asmara merupakan perbukitan yang berada di Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali. Di puncaknya, Anda dan pasangan dapat melihat pemandangan kota kecamatan, persawahan berundak-undak, deretan pegunungan, dan matahari terbit.

Bukit Cinta berada di Kecamatan Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. Dari puncak bukit kecil ini, Anda dan pasangan bisa bersantai duduk-duduk di bawah keteduhan pepohonan sambil melihat pemandangan Danau Rawapening. Ajak pasangan Anda berwisata air seperti memancing, ski air, ataupun berkeliling Danau Rawapening dengan menyewa perahu motor agar lebih berkesan. 

Bukit Cinta lainnya ada di Ubud, Bali dan di Bromo, Jawa Timur. Nama asli Bukit Cinta di Ubud adalah Bukit Campuhan namun karena saking banyaknya anak muda yang berwisata ke sana sambil mengajak pasangannya, maka dinamakanlah Bukit Cinta. 

Dari puncaknya Anda dan pasangan bisa menikmati matahari tenggelam yang menawan, karena itu orang bule menamakan bukit ini dengan sebutan sunset hill.

Air Terjun Cinta bernama asli Air Terjun Simangande yang berada di Desa Garoga, Pulau Samosir, Sumatera utara. Anda dapat melihat keindahan air terjun berbentuk hari dari kejauhan ini dari atas danau saat hendak menuju pulau yang berada di tengah Danau Toba ini.

Cara mencapainya dengan naik kapal ferry dari Pelabuhan Parapat ke Pelabuhan Tomok Rp 5.000 per orang. Selanjutnya naik ojek ke Desa Garoga Rp 15.000 per orang. Pilihan lain berjalan kaki sekitar 1,5 Km atau kurang lebih 1 jam. Disarankan Anda datang saat musim hujan, karena curahan airnya lebih besar dan indah.

Suka tempat-tempat romantis beratmosfir pantai, teluk, dan danau? Anda bisa bertandang ke Dermaga Hati, Jembatan Cinta, Pantai Kasih, Pantai Romantis, Pantai Teluk Asmoro, Teluk Love atau ke Danau Cinta, dan lainnya. 

Salah satu dermaga yang kerap dikunjungi orang untuk pacaran, foto prewedding, dan wedding venue ini adalah Dermaga Hati yang ada di dalam Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Di dermaga kayu berbentuk hati kalau dilihat dari atas ini, Anda bisa duduk-duduk santai ataupun memancing sambil menunggu matahari tenggelamnya yang cukup memesona. 

Di dermaga ini Anda dapat membeli gembok dan mengukir nama Anda dan pasangan. Gembok kemudian dipasang di rantai. Gembok yang terkunci menjadi simbol keabadian cinta. 

Sementara Jembatan Cinta ada di Pulau Tidung, salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu, masih wilayah Jakarta. Jembatan ini menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Tidung Kecil. 

Dari atas jembatan setinggi sekitar 10 meter yang berdiri kokoh di atas goba atau cekungan laut yang dalamnya mencapai belasan meter ini, Anda dapat mengajak pasangan melompat ke laut sebagai tanda setia. Kalau tidak bernyali cukup melihat ikan dan karang aneka warna dari atas jembatan ini. 

Salah satu pantai yang namanya beraroma cinta adalah Pantai Kasih di Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Di pantai ini, Anda bisa duduk-duduk di pasirnya yang putih dan halus, bermain dengan ombak, menikmati matahari tenggelamnya sambil ngemil. Pantai ini lokasinya agak menjorok ke bawah dari jalanan utama. Kalau ingin ke pantainya, Anda harus menuruni tebing lewat undakan anak tangga. 

Konon dinamakan Pantai Kasih karena banyak bangku-bangku dibuat untuk dua orang saja. Alasan lain karena banyak terlihat pasangan muda-mudi yang bersantai sambil menikmati panoramanya, padahal banyak juga keluarga yang datang. Pantai Kasih ini tepat berada di Jalan Hasanudin, untuk menuju ke sini, Anda bisa berjalan kaki dari pusat kota selama sekitar 10 menit. Bisa juga naik ojek, becak motor, angkot maupun menyewa mobil. 

Pantai Romantis (Romance Bay) merupakan pantai pertama berkonsep kelambu yang ada di Sumatera Utara. Lokasi tepatnya di Dusun III Desa Nagalawan Perbaungan, Kabupaten Sergei. 

Untuk mencapainya kalau Anda dari Kota Medan, akan melewati Tj. Morawa, Lubuk Pakam, Kota Perbaungan, dan Pasar Bengkel. Tidak jauh dari pasar bengkel belok kiri ke Simpang Sei Buluh, dari simpang Sei Buluh sekitar 7 Km atau 15 menit perjalanan sampailah ke lokasi Pantai Romantis. Kalau dari Tebingtinggi melewati Kota Sei Rampah, kemudian masuk dari simpang Matangpao, sekitar 2 Km ada Indomaret sebelah kiri. Masuk ke simpang yang ada disamping mini market tersebut, ikuti petunjuk jalan dan sekitar 15 menit dari simpang itu sampailah di lokasi. 

Anda dapat menggunakan kedaraan umum seperti bis atau angkot untuk menuju ke Pantai Romantis, turun disimpang Sei Buluh ataupun di Simpang Matangpao. Selanjutnya naik becak atau ojek dari simpang tersebut. Ongkos becak atau ojek berkisar Rp 20 ribuan. 

Tiket masuk ke Pantai Romantis Rp 35.000 per orang dewasa dan Rp 25.000 per anak-anak (3 s/d 10 thn). Anak-anak usia 2 tahun ke bawan gratis. Biaya tersebut sudah termasuk minuman, makanan ringan, dan pondok. 

Pantai Teluk Asmoro berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kalau Anda ingin ke pantai ini dari Malang dengan kendaraan roda empat melewati Turen, Sumbermanjing Wetan, Sitiarjo, dan Sendangbiru selanjutnya ke Pantai Teluk Asmoro. Jarak tempuhnya sekitar 73 Km dari Kota Malang.

Masih di Jawa Timur ada Teluk Love, tepatnya di Jember. Lokasi persisnya di area paling Timur Pantai Payangan. 

Bentuk hati dari Teluk Love ini bisa Anda lihat dari atas bukit yang dikenal dengan nama Bukit Domba. Setibanya di bukit yang didiami beberapa domba milik penduduk setempat, Anda akan dikenai tiket sebesar Rp 5000 per orang. Dari kaki bukit ke puncaknya yang tidak terlalu tinggi butuh waktu cuma 15 menit berjalan kaki. 

Waktu yang tepat untuk menikmati Teluk Love dari bukit tersebut adalah sore hari, jelang matahari tenggelam. Keindahan dan keunikan bentuk teluk ini membuat banyak kaula muda mendaki untuk menyaksikan indahnya Telok Love. Apalagi konon kabarnya berada di puncak bukit itu sambil melihat Teluk Love dapat membuat hubungan awet sampai opa-oma. 

Danau Cinta yang bernama asli Danau Emfote berada di bagian timur Sentani, tepatnya di Kampung‎ Putali perbatasan antara kota Jayapura dengan Kabupaten Keerom, Papua. Danau Cinta ini berada di atas perbukitan yang diselimuti hamparan rerumputan hijau yang sangat subur.

Sesuai namanya danau ini berbentuk menyerupai hati atau simbol cinta, sehingga masyarakat lokal menamakannya Danau Cinta. Sebagian besar masyarakat Kabupaten Keerom menyebutnya Telaga Love, sedangkan bagi masyarakat Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura lebih mengenalnya dengan sebutan Danau Love. 

Untuk menjangkaunya, kalau Anda dari Kabupaten Keerom dari Arso IV menggunakan kendaraan roda empat sekitar satu jam. Kalau dari Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, melalui Kampung Yoka sekitar satu sampai dua jam perjalanan. 

Bila tak suka tempat-tempat beraroma gunung, danau, dan pantai seperti di atas, pergi saja ke taman kota. Salah satu taman yang bertema cinta ada di Bandung, namanya Taman Gembok Cinta

Di taman yang berada di dalam area Taman Balai Kota Bandung ini, ada kerangka besi berukuran 2,5 meter x 2 meter berbentuk prisma dengan tulisan “LOVE” di atasnya. Di situlah Anda bisa meninggalkan gembok cinta Anda bersama pasangan terkasih sebagai lambang kelanggengan cinta.

Itulah objek-objek romantis bertema CINTA yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Sambangi saja salah satunya, biar hubungan Anda dengan si-dia lebih berwarna. Jangan di mall, cafe apalagi di rumah saja! Keluarlah, Indonesia itu sungguh indah.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)

Captions:
1.Taman Gembok Cinta di Bandung.
2. Kolam Cinta di kaki Gunung Puntang.
3. Dermaga Hati di Ancol, Jakarta.
4. Membingkai romantisme di pantai.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP