. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 11 Februari 2016

Ini yang Bikin Warung Bu Rico Kuta Lombok Diminati Para Bule

Di kawasan Pantai Kuta, Lombok Tengah, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terdapat sejumlah warung makan, kedai, dan café yang belakangan menjamur seiring semakin ramainya wisatawan yang datang, terutama wisatawan mancanegara (wisman). Salah satu warung makan sederhana yang tersohor di kalangan turis bule di sana adalah Warung Murah Meriah Bu Rico. 

Sesuai tulisan di plang berwarna biru di depan warung yang terketak di Jalan Raya Pariwisata Pantai Kuta Lombok, warung makan milik Ibu Rico ini sudah berdiri sejak tahun 1994.

Menurut pemiliknya. Ibu Rico, warung ini sudah tiga kali digusur dan berpindah tempat hingga akhirnya menempati lokasi seperti yang sekarang, persis di seberang Pantai Kuta Lombok.

Ibu Rico sendiri bernama asli Yanti, asal Banyuwangi, Jawa Timur yang dinikahi oleh pria asli Lombok Tengah lalu dikaruniai 5 anak, salah satunya bernama Rico.

Putra kebanggaannya itu sudah menamatkan pendidikan S1 di Universitas Merdeka (Unmer) di Malang, Jawa Timur berkat hasil jerih usahanya membuka warung makan ini. “Oleh turis bule saya kerap dipanggil Bu Rico, sejak itu warung ini lebih dikenal dengan Warung Murah Meriah Bu Rico,” ujar Ibu Rico.

Berdasarkan pantauan Travelplusindonesia, ada banyak faktor mengapa Warung Murah Meriah Bu Rico ini diminati turis bule.

Menu kegemaran bule banyak tersedia di warung ini dengan harga yang amat terjangkau bagi kalangan backpackers. Rasanya pun enak. Ada aneka Burger dengan harga antara Rp 45 ribu-Rp 50 ribu, Spaghetti Rp 40 ribu-Rp 50 ribu, Pizza Rp 30 ribu-Rp 55 ribu, dan bermacam Sandwich dengan harga Rp 30 ribu sampai dengan Rp 40 ribu per porsinya.


Warung ini pun juga menjual minuman Bir yang amat disukai bule. Harganya antara Rp 20 ribu hingga Rp 35 per kaleng/botol. Sedangkan Bir Bintang Rp 20 ribu per botolnya. “Tapi kami tidak layani orang lokal beli bir. Kami hanya menjual untuk bule saja,” terang Bu Rico. 

Selain menu di atas juga ada aneka sarapan seperti Omelet Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu, Salad Rp 20 ribu, Pancake Rp15 ribu-Rp18 ribu, Kentang Goreng Rp 20 ribu, Soup Rp15 ribu-Rp 40 ribu, Vegetable Rp 18 ribu-Rp 25 ribu, aneka Seafood Rp 50 ribu- Rp 500 ribu khusus lobster, dan bermacam menu daging ayam Rp 40 ribu hingga Rp 90 ribu. 

Ada juga Nasi Rames berisi nasi, telor mata sapi, potongan ayam, mie goreng, tumis buncis dan tempe oreg Rp 20 ribu serta tak ketinggalan Nasi Horeng Rp 20 ribu per porsi dan aneka jus Rp 10 ribu kecuali jus buah Naga Merah Rp 20 ribu per gelasnya.

Lokasinya pun amat strategis, tepat di seberang Pantai Kuta Lombok. “Kalau bilang sama sopir taksi dari Lombok International Airport (LIA), pasti tahu dan diantar langsung ke sini,” kata Ibu Rico lagi.

Pengelola warung ini pun memiliki penginapan jenis homestay yang kerap diinapi turis asing. Letaknya di belakang warung. Tamu yang menginap di homestay ini tak perlu repot-repot makan, tinggal pesan di warung tersebut. 

Pelayannya pun pandai Bahasa Inggris dan ramah menyapa tamu asing. “Saya belajar Bahasa Inggris dari tamu, lama-lama bias sendiri. Begitupun beberapa pelayan warung saya,” kata Ibu Rico.

Kelebihan lainnya, warung ini  bisa menampung 50 orang duduk di kursi plastik.

Letaknya pun dekat dengan ATM BNI dan tersedia cabang agen Rosa Wisata Tour & Travel yang menjual tiket pesawat dan beberapa paket wisata. 

Meskipun jam bukanya sampai pukul 10 malam dari pukul 8 pagi, namun pelayan warung ini siap melayani bule yang datang tengah malam. “Kasihan kan kalau tidak dilayani, padahal mereka kelaparan sudah jauh-jauh datang, “ kata Ibu Rico. 

Keistimewaan lainnya, warung ini juga dekat dengan sejumlah homestay lainnya serta tak jauh dari pusat infomasi pariwisata setempat atau tourism information center.

Warung yang juga menjual aneka makanan kecil, rokok, dan obat-obatan ini kerap disinggahi artis dan pejabat. Tercatat nama artis sinetron Kevin Julio yang main sinetron Ganteng Ganteng Srigala, pakar hukum tata negara sekaligus politikus Yursil Ihza Mahendra bahkan Wakil Perdana Menteri Malaysia pernah makan di rumah makan ini. Termasuk si-raja dangdut Roma Irama yang memesan beberapa menu dari warung ini saat dia syuting film di sana.

“Sayangnya kami lupa mengabadikan dan memasang foto-foto mereka di warung kami sebagai daya tarik,” timpal Ayah Rico.

Saat puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Pantai Kuta Lombok, Selasa (9/2) lalu yang dihadiri orang nomor satu di negeri ini yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menterinya, warung ini pun mendulang rejeki karena kebanjiran tamu, utamanya para peserta dan undangan acara tersebut. 

Saking ramainya, pelayannya sampai kewalahan, hingga agak telat menyediakan makanan dan minuman yang dipesan tamu. 

Sore hingga malam harinya, seusai tamu acara HPN 2016 pulang, para turis bule kembali berdatangan ke warung ini, salah satunya Daniel asal Eropa. “Saya suka makanan di warung ini, enak-enak dan harganya murah,” akunya seraya melahap nasi goreng spesial yang menjadi menu favoritnya. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com) 

Captions: 
1. Sepasang turis bule tengah menikmati sajian di Warung Murah Meriah Bu Rico. 
2. Ibu dan Ayah Rico di depan warung murahnya yang mendunia. 
3. Saat acara puncak Hari Pers Nasional 2016, warung ini diserbu pengunjung.
4. Beberapa turis asing memesan menu santap malam di Warung Murah Meriah Bu Rico.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP