. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 23 Oktober 2014

Pelari Jepang Mendominasi Jakarta Marathon 2014 Berhadiah Total Rp 2,4 Miliar

Peserta lomba lari Jakarta Marathon 2014 yang akan berlangsung pada Minggu, 26 Oktober mendatang berjumlah 14.120 peserta. Sejumlah 976 di antaranya merupakan pelari asing dari 47 negara. Pelari asing terbanyak datang dari negeri Matahari Terbit, Jepang yang mencapai ratusan orang pelari.

Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta mencatat jumlah pelari asal Jepang sebanyak 319 orang, Malaysia ( 93), Australia (75), Kenya (56), Inggris (52), dan pelari Amerika Serikat sebanyak 50 orang. 

Menyusul pelari dari India sebanyak 36 orang, Filipina (28), Singapura (28), Prancis (24), Belanda (23), Jerman (22), Tiongkok (15), Brunei Darussalam (25), dan Korea sebnayak 20 orang. Selain itu ada pelari dari Selandia Baru. Kanada, Hongkong. Norwegia, Afrika Selatan, Italia, Thailand, Belgia, Etiopia, Spanyol, Taiwan, Brasil, Ceko, Irlandia, Polandia, Swedia, Denmark, Findlandia, Hungaria, Meksiko, Rusia, Argentina, Austria, Bangladesh, Kolombia, Mongolia, Switzerland, Uruguay, dan Venezuella.

Kepala Disorda DKI Jakarta Ratiyono mengatakan jumlah pelari asing tahun ini lebih banyak dari pada pelaksanaan Jakarta Marathon 2013. Ini menandakan, kegiatan Jakarta Marathon 2014 sudah dikenal para pelari dari negara-negara lain di dunia. “Boleh dibilang Jakarta Marathon sudah mendunia. Sudah diketahui banyak pelari asing di dunia. Tak kalah dengan acara marathon di kota-kota besar negara lain,” jelasnya dalam konferensi pers Festival Budaya Jakarta Marathon 2014 di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (22/10).

Selain 976 pelari umum dari negara lain, juga ada 16 pelari elit internasiona terdiri atas 10 orang di antaranya berasal dari Kenya, lalu lima pelari dari Etiopia, dan satu pelari dari Thailand. Sedangkan pelari Nasional yang akan mengikuti lomba lari marathon sepanjang 42,195 Km ini ada lima orang yakni Agus Prayogo, Hendro, Atjong Tio, Mery Paijo, dan Erni Ulatningsih.

Lomba akan dimulai pukul 05.00 WIB untuk nomor full marathon 42 dan half marathon 21 Km. Sementara nomor 10 Km, 5 Km dan Maratoonz 1,2 Km dimulai sekitar 15 menit setelah dua nomor utama marathon dimulai. Sebanyak 2.150 pelari akan mengikuti full marathon, 3.425 pelari mengikuti half marathon, 5.125 pelari ikut lomba lari 10 K, 2.950 pelari ikut kategori lomba 5 K dan 470 pelari pemula dan anak-anak mengikuti maratoonz.

Rute lomba, start-nya dari Silang Monas Barat Daya - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Jalan Gajah Mada - Jalan Pintu Besar Selatan - Kawasan Kota Tua - Jalan Hayam Wuruk - Jalan Juanda - melewati Gedung Kesenian Jakarta - PT Pos Indonesia - Gereja Katedral - Masjid Istiqlal - Jalan Veteran.

Selanjutnya menuju Jalan Majapahit - Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan MH. Thamrin - Bundaran HI - Jalan Imam Bonjol - Jalan HR. Rasuna Said - Jalan Gatot Subroto - Jalan Asia Afrika - Jalan Hang Tuah - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH. Thamrin, dan finish-nya di Silang Monas Barat Daya.

Total hadiah Jakarta Marathon kedua ini sebesar Rp2,4 miliar. Juara pertama full marathon putra-putri senilai Rp250 juta, juara satu pelari di atas 40 tahun sebesar Rp90 juta. Sementara juara satu marathon 21 Km, 10 Km, dan 5 Km masing-masing mendapatkan hadiah Rp70 juta, Rp30 juta, dan Rp7 juta.

Dengan banyaknya pelari Jepang yang akan mengikuti Jakarta Marathon 2014, otomatis jumlah wisatawan Jepang yang datang ke Jakarta tahun ini bertambah. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman, jumlah turis Jepang  merupakan yang terbanyak kedua. "Posisi pertama wisman yang datang ke Jakarta masih diduduki Malaysia," akunya.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Konferensi pers Festival Budaya Jakarta Marathon 2014 di Balaikota DKI Jakarta yang dihadiri Ratiyono (batik merah), Sylviana Murni (batik coklat), Rizki Handayani Mustafa (batik abu-abu berbunga), dan Arie Budhiman (batik coklat hitam).

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP