. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 22 Oktober 2014

Jakarta Marathon 2014 Bakal Dimeriahkan 28 Kesenian Tradisional Indonesia

Beragam atraksi budaya dari Sumatera sampai Papua dipastikan akan memeriahkan even Jakarta Marathon 2014 yang dilaksanakan 26 Oktober mendatang, Salah satunya Gendang Beleq dari Lombok, NTB. Acara yang dikemas dalam Festival Budaya Jakarta Marathon 2014 ini sekaligus membedakan Jakarta Marathon dengan lomba marathon internasional lainnya di dunia yang jumlahnya mencapai 5.000 even. 

Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Sylviana Murni menegaskan even Jakarta Marathon 2014 yang bertema Festival City Marathon ini merupakan upaya Pemerintah Ibukota Jakarta dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mempromosikan Jakarta sebagai mini showcase dari keberagamanan budaya Indonesia. 

Di sejumlah titik rute lomba Jakarta Marathon 2014, para peserta dan penonton akan dimanjakan dengan 20 panggung hiburan yang menyajikan pertunjukan seni budaya tradisional Indonesia dan seni pop kontemporer.

Kehadiran festival budaya dalam Jakarta Marathon 2014 inilah yang membedakannya dengan event lomba marathon lainnya di dunia. “Mulai dari start nanti akan ada suguhan atraksi budaya hingga finish. Dalam perjalanan para pelari semuanya akan melewati sejumlah panggung yang menampilkan bermacam atraksi budaya Indonesia. Ini sengaja disuguhkan mengingat Indonesia terkenal memiliki budayanya banyak," kata Sylvi dalam konferensi pers Festival Budaya Jakarta Marathon 2014 di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/10).

Menurutnya, ajang Jakarta Marathon ini dapat dijadikan media untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia dari Sumatera sampai Papua. "Budaya sebagai katalisator untuk hidupkan event apapun. Kita kan tuan rumah, jadi harus tunjukkan dengan baik dan akan jadikan Jakarta sebagai destinasi wisata menarik," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta Arie Budhiman menambahkan dengan pertunjukan seni budaya dari seluruh penjuru nusantara di even ini diharapkan para warga maupun wisatawan yang hadir mendapatkan informasi penting mengenai keunikan budaya di tiap daerah Indonesia. 

"Jadi dengan rangkaian festival budaya di Jakarta Marathon 2014 diharapkan ajang lomba lari marathon internasional di Ibu Kota dapat sejajar dengan ajang marathon bergengsi di negara lainnya," ujarnya. 

Setidaknya ada 28 seni budaya tradisional Indonesia yang akan meramaikan Festival Budaya Jakarta Marathon 2014 nanti yakni Liong dan Baranongsai dari Jakarta yang akan tampil di Stasiun Kota pada pukul 05.20-06.15 WIB, Gendang Beleq dan Semprong dari Lombok, NTB di Pasar Baru (05.35-0700), Rampak Gendang dan Calung dari Jawa Barat di Jalan Veteran tepatnya di dekat gedung Sekretaris Negara (05.40-07.20), Gambang Kromong dan Tanjidor dari Jakarta di Sarinah Thamrin (05.46.07.40), Cakung Banyumasan dan Kuntulan dari Banyuwangi, Jawa Timur di Jalan Kusuma Atmaja (05.55-08.05), Gondang Batak dan Gondang Sembilan dari Batak, Sumatera Utara di Pasar Festival Kuningan (06.00-08.25), Panting dari Kalimantan Selatan dan Kollatung dari Kalimantan Barat di Jalan Gatot Subroto tepatnya di depan Bulog pada pukul 06.07-08.50 WIB.

GendangBeleq atau gendang besar merupakan alat musik pukul Suku Sasak, Lombok, NTB. Dahulu di Lombok, Gendang Beleq dijadikan penyemangat prajurit  yang pergi berperang dan yang pulang dari peperangan. Sekarang digunakan sebagai musik pengiring dalam upacara-upacara adat seperti Merariq (pernikahan),  sunatan (khitanan), Ngurisang (potong rambut bayi atau aqiqah) dan begawe beleq (upacara besar).

Seni budaya dari Banten yakni Dogdog Lojor dan Rampak Bedug akan tampil di Jalan Gatot Soebroto tepatnya di depan Jamsostek pada pukul 06.20-09.30, Tabuik dan Talempong dari Sumatera Barat di Jalan Gatot Soebroto tepatnya di depan Bank Mandiri, Hadroh dan Samrah dari Jambi di Plaza Barat Senayan (06.32-10.15), Dol dari Bengkulu dan Tasa dari Sumatera Barat di Senayan tepatnya di Caraka IDC (06.37-10.30), Tifa dan Tari Yospan dari Papua di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di FX mall (06.45-10.55), Balegajur dan Gamelan dari Bali di Bendungan Hilir (06.50-11.15), dan atraksi Kolintang  dari Sulawesi Utara serta Idiokordo dari Maluku di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di belokan City Walk pada pukul 06.52-11.20 WIB. 

Atraksi seni pop kontemporernya ada enam yakni pertunjukan DJ di Tugu Pancoran pada pukul 06.10-09.05, pertunjukan Brass Band di Jalan Gatoto Soebroto tepatnya di depan gedung PMI (06.15-0915), Drum Band di Jalan Sisingamangaraja tepatnya di depan Masjid Al-Azhar (06.40-10.45), Jazz Fusion di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di depan gedung UOB, dan atraksi Drum Percussion di tugu HI pada pukul 07.00-11.40 WIB serta penampilan grup penyanyi wanita muda JKT48 di Monas yang menjadi titik start dan finish Jakarta Marathon kedua ini. JKT48 sendiri merupakan duta Enjoy Jakarta.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji-travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Gendang Beleq dari Lombok, NTB salah satu seni budaya yang akan tampil di Festival Budaya Jakarta Marathon 2014. 
2. Konferensi pers Festival Budaya Jakarta Marathon 2014 di Balaikota DKI Jakarta.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP