. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 26 Oktober 2014

Apakah Kabinet Kerja Seputih Pakaiannya?

Nama Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah diumumkannya dalam jumpa pers di halaman Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Minggu (26/10/2014), Presiden Jokowi menyebut nama kabinetnya adalalah Kabinet KERJA yang terdiri 34 nama. 

"Kabinet baru sudah terbentuk dan kita beri nama kabinet kerja," kata Presiden Jokowi yang diliput sejumlah TV secara langsung. 

Pemberian nama Kabinet KERJA cukup mengejutkan namun sebenarnya nama tersebut sebenarnya sudah sering disebut-sebut Jokowi sebelumnya. Bahkan pada pidato pertamanya usai dilantik menjadi Presiden RI ketujuh, Jokowi menyebut berulangkali kata “kerja”.

Nama itu diambil Jokowi untuk menunjukkan bahwa ke-34 menterinya yang klaimnya orang-orang yang terpilih, bersih, akurat, dan tepat ini harus punya semangat kerja seperti yang ditunjukkan dan diserukannya selama ini.

Didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Sang Presiden mengumumkan 34 orang menterinya tepat pada pukul 17.20 WIB.

Yang menarik seluruh k-34 nama calon menteri yang akan dilantik hari ini, Senin (27/10/2014) mengenakan kemeja putih sebagaimana dipakai Jokowi-JK. Ketika Jokowi memanggil nama menterinya satu persatu, Jokowi meminta menterinya itu melangkah cepat ke depan. “Ayo lari pak, biar cepat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengomentari sejumlah nama menteri yang disebutnya. Misalnya ketika menyebut Retno Lestari Priansari Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu), Jokowi mengatakan inilah Menlu RI pertama yang dipegang seorang perempuan. “Ini belum ada dalam sejarah, baru kali ini Menlu RI dipimpin perempuan,” jelasnya.

Sejumlah nama menteri lainnya juga mendapat pujian. Misalnya ketika Jokowi menyebut Anies Baswedan sebagai Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Jokowi mengatakan kalau yang satu ini tidak perlu dikomentari lagi karena sudah terkenal. “Dial pelopor Indonesia Mengajar,”puji Jokowi.

Pengamat politik Effendi Gazali mengatakan ke-34 nama yang sudah disebutkan Presiden Jokowi itu merupakan hak prerogative presiden terlepas apakah Jokowi mengindahkan rekomendasi KPK dan PPATK atau tidak. “Jika ada nama yang sebenarnya mendapat rapor kuning atau merah dari KPP ternyata masuk dalam Kabinet Kerja, berarti ada upaya pemutihan,” ungkapnya dalam sebuah acara TV secara langsung.

Sementara pengamat politik Heri Budianto sebelumnya menilai langkah yang diambil Presiden Jokowi dengan meminta dukungan KPK dan PPATK patut diapresiasi dan ini merupakan tradisi baru.

Mudah-mudahan saja Kabinet Kerja Jokowi –JK yang masa kerjanya sampai 2019 nanti benar-benar bersih dan putih, sebersih dan seputih baju-baju yang kompak mereka kenakan 

Berdasarkan pantauan Travelplusindonesia, berita pengumuman nama-nama menteri Kabinet Kerja ini menjadi ajang sejumlah media terutama media online untuk menayangkannya secepat mungkin. Maklum berita ini begitu SEXY, amat dinanti-nanti seluruh masyarakat Indonesia dan pihak-pihak terkait. Siapa yang cepat menayangkannya, berarti paling cepat juga berita tersebut diunduh oleh masyarakat lewat internet. Dengan begitu rating media yang bersangkutan ikut terdongkrang.

Usai nama-nama itu ter-publish di sejumlah media online, beberapa warga Jakarta pun berkomentar. Ada yang mengatakan mereka yang terpilih menjadi menteri di Kabinet Jokowi pasti akan bangga karena dipilih lamngsung oleh Presiden pilihan rakyat dan atas rekomdasi KPK sehingga ada citra bersih disana. "Mereka pasti bangga banget masuk Kabinetnya Jokowi karena sudah mel;ewati rekomendasi KPK," aku Ahmad (45) warga Jakarta Barat.

Lain lagi dengan Liza (29), warga di Jakarta Selatan melihat nama-nama menteri era Jokowi-JK ini bakal lebih dikenal dibanding nama-nama menteri pada era sebelumnya. "Soalnya nama-namanya ditunggu-tunggu masyarakat dan sekarang mudah serta begitu cepat diakses lewat media online. Jadi kemungkinana mudah dikenal masyarakat," jelasnya.

Berikut nama 34 menteri Kabinet KERJA yang disebutkan Presiden Jokowi:
1. Sekretaris Negara, Pratikno
2. Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago
3. Menteri Kemaritiman, Indroyono Soesilo
4. Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan
5. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
6. Menteri Pariwisata, M Yahya
7. Menteri ESDM, Sudirman Said
8. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Edy Purdjianto
9. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
10. Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi
11. Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu
12. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly
13. Menteri Komunikasi dan Informatikan, Rudiantara
14. Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Crisnandi
15. Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil
16. Menteri Keuangan, Bambang Sumantri Brodjonegoro
17. Menteri BUMN, Rini M Soemarno
18. Menteri Koperasi dan UMKM, AA Ngurah Puspayoga
19. Menteri Perindustrian, Saleh Husin
20. Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel
21. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman
22. Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dakhiri
23. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat, Basuki Hadimuljono
24. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaja
25. Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Musyidan Baldan
26. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani
27. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
28. Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek
29. Menteri Sosial, Khofifah Indra Parawansa
30. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise
31. Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anies Baswedan
32. Menteri Ristek dan Dikti, M Nasir
33. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrawi
34. Menteri PDT dan Transmigrasi, Marwan Jafar

Naskah & foto : adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Pakaian putih dikenakan 34 nama menteri Kabinet Kerja saat diumumkan Presiden Jokowi. Warna pakaian mereka sama seperti yang dikenakan bigboss-nya selama ini.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP