. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 26 Oktober 2014

Menteri Pariwisata Era Jokowi Orang Banyuwangi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menunjuk Arief Yahya sebagai Menteri Pariwisata RI sekaligus bergabung dengan 33 menteri lainnya dalam kabinetnya yang diberi nama Kabinet Kerja. Nama Aref Yahya disebut Jokowi pada urutan keenam. Dia pun disuruh lari oleh Presiden Jokowi. 

Penunjukan CEO PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ini sebagai menteri pariwisata era Jokowi-JK periode 2014-2019 sekaligus mengkandaskan mimpi 11 (sebelas) nama kandidat yang diusulkan dalam sejumlah kabinet bayangan maupun berdasarkan isu yang beredar selama ini.

Seperti sudah tersiar sebelumnya ada 11 calon namanya digadang-gadang bakal menjadi menteri pariwisata yakni Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspa Yoga, Jeffrie Geovanie, Mira Lesmana, Garin Nugroho, Rusdi Kirana, Muhaimin Iskandar, Sapta Nirwandar, Yanti Sukamdani, Dr. Sylviana Murni, S.H., M.Si, Chandra Andi Salam, dan Komjen Pol (Purn) I Made Mangku Pastika.

Dari ke-11 nama tersebut, Puspa Yoga yang paling banyak diusung sejumlah kabinet bayangan ketika itu. Ternyata AAGN tidak menjadi menteri pariwisata melainkan justru dijadikan Menteri Koperasi dan UKM oleh Presiden Jokowi.

Nama Arief Yahya sebelumnya sempat disebut-sebut akan mengisi posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) karena ia memiliki pengetahuan tentang information communication technology ( ICT). Apalagi dia pernah mendapat gelar Master bidang Software and Telecommunications dari University of Surrey, Inggris.

Namun ternyata Arief justru ditunjuk sebagai menteri pariwisata karena keahlian pemasarannya. Jokowi punya alasan kuat mengapa akhirnya dia Arief Yahya menduduki salah satu pos menteri di kabinetnya tersebut.

Menurut Jokowi, Arief Yahya itu sosok yang mumpuni di bidang pemasaran. "Arief Yahya adalah seorang profesional. Beliau juga penerima anugerah Marketer of the year 2013," puji Presiden Jokowi usai menyebut nama Arief Yahya sebagai menteri pariwisata dalam pemerintahannya.

Presiden Jokowi juga sempat berseloroh ketika memperkenalkan Arief. "Hati-hati dengan Pak Arief, karena Anda pun bisa dipromosikan, tentu dengan cara-cara IT," ujar Jokowi.

Dengan terpilihnya Arief Yahya yang merupakan orang Banyuwangi, Jawa Timur, berarti Presiden Jokowi mengubur stigma selama ini bahwa menteri pariwisata itu jatahnya orang Bali.

Arief Yahya lahir di Banyuwangi, 2 Maret 1961 adalah lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia kini masih menjabat sebagai orang nomor 1 atau CEO Telkom Indonesia sejak 11 Mei 2012, menggantikan posisi Rinaldi Firmansyah.

Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom Indonesia sejak tahun 2005. Ketika itu dia memperoleh beberapa penghargaan, di antaranya Satyalencana Pembangunan pada tahun 2006 atas keberhasilan dalam Peningkatan Pelayanan Prima di Kalimantan dan Jawa Timur dari Presiden RI. Pada tahun yang sama, Arief masuk dalam daftar ”25 Business Future Leader” versi majalah Swa.

 Sebelumnya Arief Yahya menerima Economic Challenge Award 2012 kategori Industri Telekomunikasi dan Anugerah Business Review 2012 dari majalah Business Review. Dia juga terpilih sebagai The CEO BUMN Inovatif Terbaik 2012.

Arief Yahya dibesarkan dalam keluarga sederhana dengan ayah, H. Said Suhadi yang berprofesi sebagai pedagang dan ibu, Hj Siti Badriya yang aktif dalam organisasi keagamaan.

Tugas Berat 
Tugas berat kini menanti Arief Yahya. Maklum dia harus mampu mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) sampai 2019 sebagaimana diinginkan Jokowi.

Apa komentarnya? Menurut Arief untuk targetnya sebagai menteri pariwisata nanti akan dibawah besok setelah rapat kabinet kerja yang pertama. “Sekarang saya masih bisa senyum-senyum. Tapi besok harus langsung bekerja setelah dilantik dan rapat kabinet pertama. Dan katanya kerjanya harus lari,” ujarnya. 

Besok dalam rapat Kabinet Kerja, lanjutnya seluruh menteri termasuk dia akan mendapat pengarahan dari Presiden dan Wapres, termasuk membahas target yang harus dicapai. 

Arief Yahya membocorkan sedikit kinerja yang akan dilakukannya setelah dilantik menjadi menteri pariwisata menyangkut penggunakan sosial media. “Seluruh jalur di sosial media akan kita buka,” ungkapnya. Dia juga akan mengajak komunitas-komunitas terkait pariwisata seperti komunitas kuliner dan sebagainya, termasuk komunitas berdasarkan area. “Dengan penggunan sosial media dan komunitas akan mendapat masukan-masukan dan kritikannya yang lebih langsung,” pungkasnya. 

Arief pun berjanji akan bekerja untuk seluruh bangsa Indonesia, bukan untuk golongan maupun partai politik. “Kebetulan saya dari kalangan profesional bukan partai. Saya akan bekerja demi kemajuan pariwisata Indonesia,” pungkasnya. 

Naskah: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 
Foto: tokohbanyuwangi & adji k. 

Captions: 
1. Inilah Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK untuk periode 2014-2019. 
2. Tugas Arief Yahya capai target 20 juta wisman seperti yang diinginkan Jokowi.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP