. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 11 September 2014

Slank Bantu Jokowi Jaring Wisman Lewat Single ‘Indonesia Wow’

Dibidang pariwisata, presiden terpilih Jokowi memasang target menjaring 20 juta wisman sampai 2019 sebagaimana tercantum dalam buku berjudul "22 Solusi Cerdas Jokowi untuk Indonesia". Target itu dinilai Jokowi realistis karena akan dikaitkan dengan kebijakan anggaran dan kerja keras serta semangat perubahan. Untuk membantu Jokowi mencapai target itu, Grup Slank yang sejak awal mendukungnya menjadi Presiden RI ke-7 pun membuatkan lagu bertajuk Indonesia WOW. 

Lagu tersebut dibuat Slank dengan tujuan untuk mengkampanyekan Indonesia agar lebih dikenal sekaligus menarik minat masyarakat dunia berkunjung ke Indonesia. 

Lagu bergenre pop dance dengan sentuhan musik elektronik ini diharapkan mampu membantu pemerintahan ke depan yang mempunyai visi dan misi untuk fokus mengembangkan dunia pariwisata.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan lagu 'Indonesia WOW!' dapat menjadi alat untuk memperkenalkan Indonesia di kancah internasional, khususnya di bidang industri kreatif dan pariwisata.

"Lagu ini ini bisa menjadi salah satu bentuk promosi untuk membangun sebuah brand Indonesia lima tahun ke depan. Kalau semua TV menayangkan lagu ini, diberengi dengan produk yang kita punyai. Saya nggak bisa bayangkan negara ini akan dikunjungi berapa ratus juta orang," kata Jokowi saat peluncuran lagu tersebut Gedung Radio Republik Indonesia (RRI), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Vokalis Slank Kaka sengaja menciptakan lagu tersebut dengan lirik berbahasa Inggris agar dapat dipahami masyarakat dunia. "Kita nggak bisa sekarang hanya ribut-ribut di Indonesia saja. Makanya kita mencoba dalam menulis lagu ini dengan menggunakan bahasa Inggris. Kita harus bicara di dunia, bukan Indonesia saja," ujarnya.

Menurut gitaris Slank Abdi Negara penggunaan kata "The Word of Wonderful" yang disingkat menjadi WOW dalam judul lagu tersebut sebagai harapan para seniman dan para pelaku industri kreatif agar pandangan negatif terhadap Indonesia berbalik menjadi positif dalam segala hal.

"Sekarang orang asing datang ke Indonesia bilang WOW macetnya, tapi sekarang bilangnya WOW harus karena negaranya maju. Keliling kemana-mana di Indonesia harus bilang Wow karena kekagumannya terhadap Indonesia," terangnya.

Bimbim yang menciptakan lagu tersebut mengatakan karyanya ini sebagai bentuk tanggungjawab Slank yang sejak awal mendukung Jokowi sebagai presiden RI ketujuh. "Lagu Indonesia WOW! Ini diharapkan dapat mewakili harapan rakyat Indonesia yang ingin memiliki sosok pemimpin peduli," ungkapnya.

Slank berharap dengan single terbarunya, kata "Indonesia Wow" bisa menjadi tagline bagi promosi Indonesia ke seluruh dunia. "Semacam tagline satu suara agar Indonesia bisa fokus. Indonesia wow itu catchy, ampuh, bisa jadi tagline, hashtag Indonesia di seluruh dunia," sambung Abdee.

Ridho, gitaris Slank lainnya menambahkan bahwa Indonesia kaya dengan potensi pariwisatanya dari ujung barat Aceh sampai ujung timur Papua. Sayangnya, pembangunan infrastruktur terutama di Indonesia Timur masih kurang memadai. “Indonesia itu kaya dan indah banget. Di Papua, Sulawesi, dan Maluku itu juga kaya dan indah. Tapi gimana ya, infrastruktur pariwisatanya kurang," keluhnya.

Karena itu dia berharap pada era pemerintahan Jokowi kelak dapat memeratakan pembangunan. "Saya berharap Indonesia Timur lebih diperhatikan biar Indonesia lebih merata. Bukan pembangunan mall tapi lebih ke infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan lagu tersebut bisa menjadi promosi pariwisata Indonesia. "Saya harap ini menjadi merk internasional, bahasanya juga Bahasa Inggris jadi memudahkan dan iramanya ngebeat juga enak didengar," katanya.

Sapta menambahkan bukan tidak mungkin jika lagu tersebut disebarluaskan secara masif, maka wisatawan asing yang datang ke Indonesia akan bertambah.

Naskah: adji kurniawan (adji _travelplus@yahoo.com)
Foto: Puskompublik, Kemenparekraf &Dogenglangit

Captions: 
1. Peluncuran lagu ‘Indonesia Wow’ yang dihadiri Jokowi, Sapta Nirwandar dan seluruh personil Slank.
2. Personil Slank di Bromo.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP