. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 02 September 2014

Prosentasi Wisman ke Lombok Tertinggi, Bali Paling Diminati

Lombok menjadi destinasi yang prosentasi kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)-nya paling tinggi dibanding daerah lainnya. Kenaikan kunjungan wismannya selama Januari-Juli 2014 mencapai 171,18 persen jika dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya, lewat Bandara Internasional Lombok (BIL). 

Dari 19 pintu masuk utama wisman ke Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan tertingi kunjungan wisman ke Indonesia selama periode tersebut melalui BIL, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lalu diikuti berturut-turut melalui Bandara Minangkabau, Padang, Sumbar 23,44 %, Adi Sucipto, Jogjakarta 20,78 %, dan Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau 20,53 %. Sedangkan Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali hanya menempati posisi ke-5. 

Kendati kenaikan persentasi kunjungan wisman berada di Lombok, namun Bali tetaplah menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Dari Januari-Juli 2014, wisman yang masuk ke Bali melalui Bandara Ngurah Rai mencapai 2.068.921. Sementara wisman yang masuk Lombok lewat BIL hanya 40.519 wisman.

Selama ini obyek wisata Lombok yang kerap dikunjungi wisman adalah Gili Trawangan di Lombok Utara yang menjadi primadona wisata dunia selain di Bali.

Ada lagi Pantai Selong Belanak sekitar 45 menit dari BIL. Pantai ini berbentuk cekungan (teluk). Di kiri kanannya berdiri tegak mengapit gugusan bukit-bukit hijau yang bergradasi ketinggiannya. Pantainya landai memanjang dengan pasir putih nan lembut.

Selain itu ada Pantai Kuta, Pantai Batupayung, Pantai Senggigi, dan Gunung Rinjani. Pantai Senggigi menawarkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih.

Biasanya turis yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, atau sekadar bermain-main di tepian pantai.

Kelebihan lain Pantai Senggigi ini karena dilengkapi fasilitas wisata yang lengkap, mulai dari bermacam penginapan, hotel, resort, resto dan cafe, pub atau diskotik, hingga live music serta Pasar Seni.

Sementara di luar Pulau Lombok namun masih di NTB ada Pulau Moyo dan Pantai Maluk di Pulau Sumbawa, tepatnya di Kabupaten Sumbawa Barat yang juga diminati turis asing.

Kunjungan wisman ke Indonesia menurut data BPS selama periode Januari-Juli 2014 naik 9,3 persen daripada periode yang sama tahun lalu. Total wismannya mencapai 5,33 juta. Sedangkan tahun lalu pada periode yang sama sebanyak 4,87 juta wisman.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Turis bule tiba di BIL.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP