. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 02 September 2014

Jakarta Tujuan Investasi Pariwisata yang Paling Diminati Investor Asing

DKI Jakarta masih menjadi daerah tujuan investasi pariwisata di Indonesia yang paling diminati para investor atau penamaman modal asing (PMA).

Untuk kuartal II 2014, DKI Jakarta dengan realisasi investasi pariwisata sebesar US$ 53,13 juta berada di urutan pertama. 

Posisi kedua diduduki Bali dengan nilai total investasi PMA sebesar US$ 32,89 Juta. Di posisi ketiga Kepulauan Riau dengan total investasi US$ 13,66 juta.

“Sebagian besar bentuk investasi pariwisata di Indonelsia adalah hotel dan restoran,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu di Jakarta baru-baru ini.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat sepanjang kuartal II 2014 (April-Juni 2014) nilai realisasi investasi mencapai US$ 125.863 juta yang berasal dari PMA sebesar US$ 125, 795 juta dan Penamaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar US$ 0,068 juta.

Angka tersebut\jauh di atas realisasi investasi pariwisata periode yang sama tahun 2013 yang hanya US$ 82,73 juta atau terjadi pertumbuhan investasi sebesar 52,14% dibanding kuartal II 2013. Namun jika kuartal II 2014 dibandingkan dengan kuartal I 2014 terjadi penurunan sebesar 3,27%.

Penurunan ini diakibatkan karena seluruh investor menunggu suasana politik dan keamanan di Indonesia setelah Pileg dan Pilpres lalu.

Dalam rangka percepatan pengembangan investasi sektor pariwisata di Indonesia, Kemenparekraf akan bekerjasama dengan EU-Indonesia Trade Cooperation Facility (TCF).

Kemenparekraf sedang melakukan pembicaraan dalam rangka kerjasama dengan EU-Indonesia TCF dengan membuat dan menyempurnakan Proposal Investasi Pariwisata yang lebih capable dan acceptable oleh investor dari Uni Eropa.

Selain itu juga berencana melakukan promosi investasi pariwisata Indonesia kepada investor dari negara-negara Uni Eropa mulai 2014 hingga 2018.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Hotel baru yang dibangun di Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP