. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 24 Agustus 2014

Tugu Pancoran “Dimandikan” Pecinta Alam

Dari kejauhan tiga pria berseragam orange nampak seperti spiderman tengah memanjat Tugu Pancoran di Jakarta Selatan. Pelan namun pasti tim Garuda Adventure ini mencapai puncak tugu setinggi 27 meter ini. Di tugu berbobot 11 ton dan tinggi badan 11 meter itu, mereka bukan bermaksud ingin menyanyikan lagu Iwan Fals yang berjudul “Sore Tugu Pancoran” melainkan ingin membersihkan kotoran debu yang menumpuk dan mengeras. Maklum hampir 49 tahun, tugu yang digagas Presiden RI pertama Bung karno ini belum pernah dimandikan. Bayangkan betapa tebal “daki” di kulitnya. 

Untuk membersihkan tugu bernama asli Tugu Dirgantara ini, tim Garuda Adventure yang menjadi Unit Pelaksana (UP) Balai Konservasi Disbudpar DKI Jakarta ini cukup menggunakan 30 kilogram jeruk nipis.

Jeruk nipis terlebih dulu diblender. Sarinya dioleskan ke kulit patung. Setelah lima menit, patung disikat dengan hati-hati. Tapi sebelumnya dilakuan pra-treatment, yakni pembersihan kering dan basah dengan disikat. Ada tahap lain juga setelah dibasuh jeruk nipis, yakni mandi dengan alkali gliserol.

Jeruk nipis adalah obat herbal yang ampuh menyembuhkan karatan yang menjadi penyakit kronis setiap benda berbahan logam perunggu seperti Tugu Pancoran ini. Resep dari zaman para empu masih menempa keris ini pun sejak lama digunakan untuk mencuci senjata.

Hubertus Sadirin, ahli konservatori pada UP Balai Konservasi mengatakan, Patung Pancoran mudah berkarat lantaran berada di ruang terbuka terus-menerus terpapar panas, udara lembab, dan zat kimia.

Menurutnya zat kimia lain yang memicu timbulnya karat adalah asam dan garam yang terdapat di lingkungan. Dua senyawa itu bisa bereaksi dengan logam, membentuk karat tembaga sulfat, tembaga klorida, dan tembaga fluorida.

“Jeruk nipis membantu memperlambat proses timbulnya karat tapi tidak bisa menghentikan pengaratan, “ jelasnya di Jakarta baru-baru ini.

Profesor riset bidang kimia organik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mohammad Hanafi, membenarkan jeruk nipis berkhasiat membersihkan logam dari karat karena kaya asam sitrat.

Sejumlah patung di Jakarta sudah pernah dimandikan dengan jeruk nipis. Beberapa di antaranya adalah Tugu Tani dan Patung Pemuda. Benda-benda logam di Istana Bogor dan Istana Negara juga dibersihkan dengan jeruk nipis.

Setelah itu patung “dimandikan” dengan air murni (akuades). Gunanya untuk mengembalikan keasaman (pH). Kemudian, patung akan dibasuh lagi dengan alkohol teknis.

Pecinta Alam 
Ketua Tim Garuda Adventure Mubarok mengatakan pembersihan Tugu Pancoran mendapat perhatian media dan warga. “ Kami kerap di foto terus kayak artis," tuturnya. 

Tim Garuda Adventure bukan pertama kali membersihkan patung. Tim yang berdiri sejak 2004 lalu ini sudah berpengalaman dalam membersihkan patung dan bangunan tinggi lainnya, terutama di Jakarta.

"Sebelumnya kami pernah membersihkan beberapa patung di antaranya Patung Selamat Datang di Bundaran HI, Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Patung Tugu Tani, dan Arjuna Wijaya," terang pria yang akrab disapa Barok. 

Menurut Barok, Garuda Adventure awalnya merupakan komunitas pecinta alam yang terbentuk 2004. Anggotanya telah terlatih dan bersertifikat. ”Kami sering berlatih roof accses atau sistem bekerja diketinggian dan vertical rescue untuk penyelamatan," ujarnya. 

Pengawas Pelaksana dari Balai Konservasi Disparbud Pemprov DKI Jakarta Andia Sumarno mengatakan proses pembersihan Tugu Pancoran diperkirakan membutuhkan waktu satu bulan yang dilakukan melalui tahapan persiapan dan pembersihan. Untuk tahapan persiapan diperkirakan membutuhkan waktu antara 7-10 hari. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Balai Konservasi Disparbud DKI Eni Prihantini menambahkan usai mengkinclongkan Patung Pancoran sejak 11-19 Agustus 2014, balai akan memandikan Patung Diponegoro di Monumen Nasional pada 17 September-2 Oktober 2014 dengan 15 Kg jeruk nipis. Total biaya yang dihabiskan untuk dua patung itu adalah Rp 566 juta. 

Menurut Eni secara keseluruhan terdapat sebanyak 22 patung yang tersebar di setiap wilayah Kota Jakarta. Dari jumlah tersebut, pihaknya telah membersihkan lima patung sepanjang 2013 lalu. 

Bagaimana wajah Tugu Pancoran setelah dimandikan dengan jeruk nipis? Lebih kinclong atau tak berubah? Kita tunggu saja hasilnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yaho.com) 

Captions: 
1. Tiga anggota Garuda Adventure tengah memanjat Tugu Pancoran untuk dibersihkan. 
2. Seperti Spiderman memanjat Tugu Dirgantara yang lebih dikenal dengan Tugu Pancoran.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP