. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 29 Agustus 2014

Sokola Rimba Diputar di Los Angeles

Film Sokola Rimba dan beberapa judul film feature panjang serta film  pendek Indonesia akan diputar di Amerika, dalam ajang Los Angeles Indonesian Film Festival (LA IFF), 3-4 September 2014. Film-film karya sineas Indonesia dalam ajang tersebut akan ditayangkan di The Regent Theater in Westwood Village, Los Angeles selama 2 hari.

Programming Manager LA IFF Roland Wiryawan menjelaskan film-film yang masuk daftar putar di LA merupakan karya berkualitas. “Semuanya sudah diseleksi ketat mulai dari standar produksi, alur cerita, dan kerapihan editing serta standar teknis lainnya. 

“Diharapkan film-film yang temanya menarik dan bermacam tersebut dapat mencuri perhatian para sineas Negeri Paman Sam,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (27/8).

Judul film panjang Indonesia lainnya yang akan mengisi LA IFF 2014 adalah Lovely Man, Soegija, Sang Penari, dan 9 Summers 10 Autumns.

Menurut Roland film Sokola Rimba karya Riri Reza yang mengadaptasi catatan harian pegiat pendidikan bernama Butet Manurung, yang diperankan Prisia Nasution ini, dipilih masuk daftar putar LA IFF 2014, karena selain berhasil memukau publik juga menyabet Piala Maya 2013 untuk kategori film terpilih. "Film ini juga menceritakan sisi lain dari Indonesia yang perlu diketahui orang banyak," ujarnya.

Sebelumnya film produksi Miles Production yang sarat dengan isu pendidikan, sosial, dan lingkungan ini  sukses diputar di National Museum of Woman in the Arts, Washington DC, AS pada 25 Maret lalu. Ketika itu, film ini mendapat sambutan hangat masyarakat AS.

Sementara Lovely Man yang dibintangi Doni Damara dan Raihaanun  yang berperan sebagai gadis pesantren bernama Cahaya ini dipilih karena akting Doni Damara yang apik dalam memerankan karakter Syaiful, sosok ayah yang hidup dalam ruang transgender. Tahun lalu, film karya sutradara Teddy Soeriaatmadja ini sukses menghipnotis pengemar film Indonesia dalam acara London Indonesian Film Screenings 2013 yang digelar di London University SOAS, Inggris. 

Film Soegija garapan Garin Nugroho disamping berhasil memperoleh beberapa penghargaan di Tanah Air, film yang mengangkat kisah Uskup Mgr. Albertus Soegijapranata ini menjadi Film Terbaik dalam ajang Niepokalanow Film Festival 2012 di Polandia.

Summers 10 Autumns yang berkisah perjuangan seorang anak sopir angkot, Iwan Setyawan, yang berusaha mengejar mimpi untuk meraih kesuksesan. Melalui perjuangan yang berat, karakter yang diperankan Ihsan Tarore itu berhasil menjadi direktur pada sebuah perusahaan ternama di New York. 

Dirilis pada 25 April 2013, film karya Ifa Isfansyah ini sukses meraih penghargaan Best Overall Film dalam Balinale International Film Festival 2013 dan naskah adaptasi tepilih serta aktor peran pendukung terpilih pada gelaran Piala Maya 2013. 

Menurut Roland film ini dipilih selain karena kualitasnya juga syutingnya selian di Indoensia juga di New York, jadi ada unsur kedekatan dengan AS. 

Sedangkan film Sang Penari yang bercerita mengenai perjalanan tradisi kesenian ronggeng di tengah masyarakat Dukuh Paruk, Banyumas ini berhasil menyabet gelar Film Terbaik Festival Film Indonesia 2011 dan Pemeran Utama Terbaik bagi Prisia Nasution. 

Prisia Nasution yang berperan sebagai penari bernama Srintil di film yang terinspirasi dari novel trilogi berjudul Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari ini mengaku bangga Sang Penari masuk daftar LA IFF 2014. "Mudah-mudahan film-film Indonesia di ajang ini juga disukai warga Amerika," harapnya singkat.

Adapun film pendek yang akan ditayangkan di ajang tersebut antara lain Taxi, Misplace, Metafora Dalam Cinta, Kitik, Horizon, Su, The Box, Would You, Anti film, Lilith, Lilies, Wan An. Lembar Jawaban Kita, Topeng, Guk, Sepatu Baru, Yellow Rice, dan film pendek animasi berjudul Si Nini

Naskah: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. Poster 

Captions: 
1. Poster 9 Summers 10 Autumns. 
2. Poster Sokola Rimba.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP