. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 28 Agustus 2014

Bangun Stadiun Internasional, Bali Jadi Tujuan Wisata Olahraga Dunia

Lagi-lagi pariwisata Bali bikin gebrakan. Kendati bukan sesuatu gebrakan baru, tapi dipastikan akan makin meneguhkan Bali sebagai destinasi wisata dunia. Tahun depan, Pulau Dewata ini bakal memiliki satu stadiun olahraga besar berstandar internasional. 

Kehadiran stadiun tersebut jelas menambah predikat menawan Bali menjadi pulau tujuan wisata olahraga (sport tourism) dunia. Sebelumnya pulau bertabur pantai indah dan tersohor ini dijuluki pulau surga, pulau kaya budaya, pulau Spa, dan pulau pesona alam, serta pulau Meeting, Incentive, Conference & Exhibiton (MICE). 

Stadiun kelas dunia yang tengah dibangun Pemerintah Provinsi Bali di atas bidang tanah 7 hektar tersebut diperkirakan memakan biaya mencapai Rp 1 triliun atau sekitar US$ 87 juta. 

Menurut Asisten Gubernur Bali Bidang Ekonomi dan Pembangunan, I Ketut Wija sebagaimana dikutip Beritabali.com, ada dua stadion yang akan dibangun, satu stadiun sepakbola berkelas internasional dan satu lagi stadiun tertutup yang dapat digunakan untuk venue aneka pertandingan olah raga lain, pariwisata, budaya, dan sejumlah pameran.

Untuk mempercepat pembangunan stadiun tersebut, Pemprov Bali tengah mencari peminat sebagai investor. Pasalnya kepemilikan dan pengelolaan kompleks stadiun ini public private joint venture.

Stadiun yang lokasinya berdekatan dengan Pecatu Graha, Jimbaran, Kabupaten Badung ini ditargetkan selesai dan dioperasikan pada tahun 2015. Di Pecatu telah dibangun kompleks hotel dan kondotel.

Jika benar kompleks stadiun olahraga di Bali ini dibangun dan dikelola dengan kualitas internasional, pastinya akan menarik penyelenggara bermacam pertandingan kelas dunia baik itu antarklub, antarnegara, dan semacamnya ke Bali. Kalau sudah begitu, akan bertambah lagi daya tarik dan keistimewaan Bali di bidang pariwisata sehingga wisnus dan wisman pun akan semakin banyak menyambanginya.

Pemprov Bali juga dikabarkan akan membangun Stadiun Aquatic yang terpusat di kawasan segitiga emas, jalan BY Pass Prof Ida Bagus Mantra, Denpasar. Stadiun Aquatic tersebut khusus untuk olahraga air seperti polo air, renang, lompat indah, dan lainnya.

Selama ini Bali kerap dipilih sebagai tempat untuk bermacam pertandingan olah raga bertaraf internasional, sebut saja tenis lapangan, balap sepeda, surfing, lari marathon, dan lainnya. Dengan kehadiran stadiun-stadiun baru bertaraf internasional itu bakal kian menyemarakkan pesona pariwisata Bali.

Naskah & Foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Bali Bakal jadi tujuan wisata olahraga dunia.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP