. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 31 Agustus 2014

Garuda Merugi, Tetap Buka Tiga Rute Baru di Indonesia Timur

PT Garuda Indonesia (persero) Tbk dikabarkan merugi besar. Kendati begitu Garuda Indonesia tetap akan membuka 3 rute penerbangan baru mulai 1 September 2014. 

Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan di Jakarta baru-baru ini, kondisi keuangan perusahaan penerbangan "plat merah" ini dalam keadaan yang sulit sehingga harus segera ada langkah yang konkrit dari manajemen. 

Pada semester I 2014 Garuda membukukan rugi bersih 211,7 juta dolar AS atau setara dengan Rp2,3 triliun, membengkak dibandingkan rugi bersih periode sama 2013 sebesar 10,7 juta dolar AS. 

Kerugian komprehensif yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat 200,38 juta dolar AS, melonjak dibandingkan dengan sebelumnya 11,39 juta dolar AS.

Salah satu penyebab memburuknya kinerja Garuda adalah rugi selisih kurs yang melonjak tajam menjadi 12,86 juta dolar AS dibandingkan dengan 1,41 juta dolar AS pada semester I 2013.

Penyebab lainnya, beban usaha Perseroan melonjak menjadi 14,75 persen atau menjadi 1,9 miliar dolar AS dari sebelumnya 1,7 miliar dolar AS.

Dahlan juga mengatakan akan ada penggantian Dirut Garuda Emirsyah Satar yang masa tugasnya habis pada Oktober 2014.

Dia mengisyaratkan sudah mengantongi nama-nama calon Dirut Garuda pengganti Emirsyah yang akan disampaikan ke Tim Penilai Akhir. Khabar berhembus saat ini nama calon orang nomor satu di Garuda ada tiga nama, Elisa Lumbantoruan (mantan Direktur Garuda Indonesia), Rinaldi Firmansyah (mantan Dirut PT Telkom), dan Arif Wibowo (Direktur Utama Citilink).

Kendati Garuda sedang mengalami kerugian, namun tidak sampai mem-PHK karyawannya. Justru Garuda Indonesia berencana membuka 3 rute penerbangan baru mulai 1 September 2014. 

Rute penerbangan baru tersebut akan beroperasi di wilayah intra Sulawesi dan Nusa Tenggara, yaitu Makassar – Kolaka (Sulawesi Tenggara) pp, Makassar – BauBau (Sulawesi Tenggara) pp, dan Mataram – Sumbawa Besar pp. Rute - rute baru tersebut dilayani dengan pesawat Garuda Indonesia Explore Turboprop ATR 72-600 dengan kapasitas 70 penumpang.

VP Corporate Communications PT Garuda Indonesia Tbk, Pujobroto sebagaimana dilansir garuda-indonesia.com, Kamis (28/8) menjelaskan pembukaan rute-rute baru tersebut merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk memperluas jaringan penerbangannya di rute domestik dan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat khususnya pada jaringan penerbangan di Indonesia bagian Timur. 

Penerbangan Makassar – Kolaka (GA 4824) berangkat dari Makassar pukul 09.05 WITA dan tiba di Kolaka pukul 09.55 WITA, dengan penerbangan kembali Kolaka – Makassar (GA 4825) berangkat dari Kolaka pukul 10.25 WITA dan tiba di Makassar pukul 11.15 WITA.

Sedangkan penerbangan Makassar – BauBau (GA 4828) berangkat dari Makassar pukul 06.05 WITA, tiba di BauBau pukul 07.00 WITA, dengan penerbangan kembali BauBau – Makassar (GA 4829) berangkat dari BauBau pukul 07.30 WITA dan tiba di Makassar pukul 08.25 WITA.

Rute penerbangan Makassar – Kolaka pp dan Makassar - BauBau akan beroperasi daily flight atau satu kali perhari. Penerbangan Mataram – Sumbawa Besar (GA 4034) berangkat dari Mataram pukul 13.30 WITA, tiba di Sumbawa Besar pukul 14.10 WITA, dengan penerbangan kembali Sumbawa Besar – Mataram (GA 4035) berangkat dari Sumbawa Besar pukul 14.40 WITA dan tiba di Mataram pukul 08.25 WITA. Rute penerbangan tersebut akan beroperasi sebanyak 4 kali seminggu.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer menambahkan pembukaan rute-rute baru ini merupakan bagian dari kelanjutan program ekspansi jaringan Garuda Indonesia. “Ini wujud komitmen kami dalam mendukung perkembangan perekonomian Nasional melalui peningkatan konektivitas antardaerah,” ujarnya.

Selain itu, Garuda Indonesia mulai tanggal 1 September 2014 juga akan menambah frekuensi penerbangan Makassar – Luwuk pp dari 1 (satu) kali per hari menjadi 2 (dua) kali per hari. Penambahan frekuensi tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat, khususnya untuk rute penerbangan Makassar – Luwuk.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Garuda merugi namun membuka 3 rute baru di Indonesia Timur per 1 September 2014.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP