. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 31 Agustus 2014

MAS Bakal Merumahkan 6.000 Karyawannya

Maskapai besar milik negara tetangga, Malaysia yakni Malaysia Airlines (MAS) dikabarkan akan merumahkan 6.000 karyawannya. Hal ini dipicu gara-gara dua kecelakaan udara yang menimpa MH17 yang jatuh di Ukraina bulan lalu dan pesawat MH370 yang hilang pada Maret lalu.

MAS seperti yang dilansir Bloomberg, Senin (25/8), sebenarnya sudah menderita kerugian dalam jumlah besar dari tahun ke tahun. Namun diperparah dengan dua kecelakaan udara dua peswatnya tersebut yang merenggut ratusan nyawa penumpangnya sehingga MAS menderita banyak kerugian dan kehilangan banyak konsumen usai ditimpa dua kecelakaan maut tersebut. 

Akibatnya akuisisi MAS tidak terhindarkan lagi. Pemangkasan karyawannya selain untuk menutupi biaya operasional sekaligus sebagai upaya restrukturisasi perusahaan itu agar kembali menguntungkan.

Pejabat Khazanah Nasional Berhad, Tan Sri Azman Mokhtar seperti dilansir Antaranews.com mengatakan semua pekerja tersebut akan menjalani proses pemberhentian secara bertahap dalam tempo 10 bulan. 

Jumlah pekerja yang dirumahkan tersebut meliputi 30 persen dari total karyawan MAS yang mencapai 20.000 orang. “Pemberhentian tersebut merupakan bagian dari 12 rancangan untuk memulihkan kondisi perusahaan itu dengan suntikan dana 6 miliar ringgit (Rp 22 triliun),” jelasnya.

Menurut Azman suntikan dana 6 miliar ringgit itu bukan merupakan langkah penyelamatan karena dana itu bisa diperoleh lagi dengan memasukkan kembali maskapai penerbangan nasional itu menjelang akhir 2017 dan akhir 2019 di bawah pembentukan perusahaan baru.

Khazanah Nasional Bhd, dilaporkan akan segera membahas rencana PHK tersebut, termasuk pemotongan beberapa rute. Khazanah juga dikhabarkan telah mewawancarai tiga orang kandidat pengganti Chief Executive Officer (CEO) Malaysia Airlines, Ahmad Jauhari Yahya, yang masa jabatannya akan berakhir pada pertengahan September ini.

MAS pernah memecahkan rekor Perjalanan terjauh Dunia dari Seattle ke Kuala Lumpur dengan pesawat Boeing 777-200 ER dengan jarak 20.044 km dalam waktu 21 Jam 23 Menit, pada 2April 1997. Maskapai ini juga pernah donobatkan sebagai salah satu dari 6 maskapai di dunia yang mendapat penghargaan bintang 5 dari Skytrax. 

Namun kecelakaan beruntun membuat maskapai ini kini kehilangan banyak konsumennya. Pada 4 Desmber 177, MAS Penerbangan 653 jatuh di Kampung Ladang, Tanjong Kupang, Johor, Malaysia setelah dibajak oleh kelompok teroris beraliran komunis, Tentara Merah Jepang. Sebnayk 93 orang penumpang dan 7 awak kapal dilaporkan tewas dalam kecelakaan itu.

Pada 15 September 1995, MAS Penerbangan 2133 jatuh di ketika mendarat di Bandara Tawau akibat cuaca angin. Dikhabarkan 32 penumpang dan 2 awak kapal tewas. Pada 8 Maret 2014, MAS 370 dengan Boeing 777-200 dari KL ke Beijing dinyatakan jatuh setelah hilang kontak dengan Kuala Lumpur Air Traffic Control. Insiden diperkirakan pukul 02.40 di Laut Vietnam.

Lalu pada 17 Juli 2014, MAS 17 yang lepas landas dari Bandara Internasional Amsterdam, Belanda jatuh ditembak misil rudal Buk oleh pemberontak Ukraina di dekat Desa Grabovo, Shakhtersk, Timur Ukraina, dekat perbatasan Rusia. Peristiwa ini menewaskan 298 penumpang dan awak pesawatnya.

Dan baru-baru ini, pesawat MAS dengan nomor penerbangan MH70 dikabarkan berbalik arah ke Kuala Lumpur setelah nyaris satu jam terbang menuju Tokyo akibat masalah tekanan di dalam pesawat. Insiden yang terjadi pada Sabtu (23/08) tersebut dikonfirmasi Direktur Jenderal Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman, pada Minggu (24/08).

Kepada kantor berita Prancis AFP, Azharuddin menjelaskan pesawat itu tidak bisa mempertahankan perbedaan tekanan yang tepat untuk kenyamanan para penumpang. “Tappi Ini bukan masalah besar,” ujarnya.

Laman berita Star Online melaporkan bahwa pesawat Malaysia Airlines tersebut telah mengangkasa selama 50 menit menuju Bandara Narita, Tokyo, sejak lepas landas pada Sabtu (23/08), pukul 10.50 waktu setempat (09.50 WIB).Begitu pesawat tiba di Bandara Kuala Lumpur, para penumpang kemudian dialihkan ke pesawat lain yang terbang pukul 13.15 (12.15 WIB).

Situs resmi Malaysia Airlines mencatat pesawat MH70 meninggalkan Bandara Kuala Lumpur pukul 13.22 dan tiba pukul 20.44 waktu Malaysia. 

Naskah: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: suara-islam .com

Captions:
1. Pesawat MAS.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP