. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 11 Agustus 2014

Rayfa Qadra Juara III LCSPN 2014: Seneeeeeng Bangeeet Bersalaman Lagi dengan Presiden SBY

Sejauh mata memandang. Terhampar keindahan Indonesiaku.., Indonesiaku… Sejauh kaki melangkah. Tanah nan subur di setiap langkahku.., di setiap langkahku… Elok rupawan alam Nusantara. Untaian manikam di Khatulistiwa. Hutan, gunung, dan laut yang membentang. Sungguh indah Indonesiaku… 

Itulah lirik lagu Indonesiaku buah karya Rayfa Qadra, siswi kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Panca Budi, Medan, Sumatera Utara.

Berkat lagu bernada merdu bertema cinta Tanah Air tersebut, siswi berjilbab ini berhasil meraih Juara III lomba cipta lagu dengan nilai 235 dalam ajang Lomba Cipta Seni Pelajar tingkat Nasional (LCSPN) 2014 yang berlangsung di Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (9/8).

Berkat lagu yang dibawakannya secara langsung dengan memainkan alat musik keyboard, pelajar kelahiran Medan, 22 Desember 2000 ini dapat bertemu dan bersalaman kembali dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono untuk kali kedua.

Maklum tahun lalu, pada puncak LCSPN 2013 di tempat yang sama, anak pertama dari 4 bersaudara dari pasangan ayah asal Kota Kudus, Jawa Tengah dan ibu asal Tapak Tuan, Aceh ini berhasil menyabet juara harapan dua pada kategori yang sama. Ketika itu Presiden SBY dan Ani Yudhoyono juga yang langsung menyerahkan hadiah kepada para pemenang, sebagaimana tahun ini.

“Seeneeeng bangeeet bisa bersalaman kembali dengan Presiden SBY dan ibu Ani seperti tahun lalu saat pemberian hadiah. Ini kan kesempatan yang jarang sekali,” kata Rayfa di Istana Kepresidenan Cipanas, dengan mimik ceria, usai tampil di depan orang nomor satu di negeri yang sebentar lagi (Oktober 2014 ) melepas jabatannya sebagai presiden RI setelah 10 tahun memimpin bangsa ini.

Menurut pelajar yang hobi menyanyi dan menciptakan lagu ini, acara LCSPN 2014 berlangsung cukup baik dan lancar. Dia berharap tiap tahun tetap diadakan walaupun nanti bukan SBY lagi yang menjadi presidennya. “Saya berharap tahun depan kalau lomba ini diadakan lagi. Dan peserta yang ikut bisa seluruh provinsi yang ada di Indonesia, biar komplit dan dapat teman banyak lagi,” akunya.

Kata siswi yang pernah mengikuti ajang Idola Cilik di RCTI dengan masuk 32 besar ini, ada satu provinsi yan tidak ikut dalam LCSPN tahun ini. “Harusnya ada 33 provinsi tapi karena 1 provinsi tidak ikut hanya 32 provinsi saja,” aku pelajar yang ingin terus mengikuti ajang lomba menyanyi dan mencipta lagu di kemudian hari ini.

Selain Rayfa, ada 3 pelajar asal Sumut lainnya yang menjadi peserta LCSPN ke-9 tahun ini. Mereka saling adu bakat di berbagai kategori yang dilombakan yakni, lomba lukis, cipta lagu, puisi, membatik, dan lomba desain motif batik. Rayfa mewakili Sumut di tingkat Nasional, usai menyabet Juara I lomba cipta lagu bertema cinta Tanah Air di tingkat provinsi Sumut, mengalahkan 20 lebih peserta se-Sumut.

Berikut daftar lengkap para pemenang Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional (LCSPN) 2014 yang digelar oleh 3 kementeraian terkait yakni Kemdikbud, Kemenparekraf, dan Kemsetneg:

Lomba Cipta Lagu (SMP): Clarentio Vivaldi SMP Don Bosco 2 Jakarta (Juara I), Hafidz Yusparabi SMPN 1 Manggar, Bangka Belitung (juara II), dan Rayfa Qadra SMP Swasta Panca Budi, Medan, Sumut (juara III). 



Lomba cipta Lomba Cipta Puisi (SD): Amira Nur Fadilla, SDM Ibu Dewi 2 Kabupaten Cianjur, Jabar (Juara I), Dayang Annisa Safitri, SD Plus Bina 45 Pontianak, Kalbar (Juara II), dan Mira Devinki Dwi Syahputri R, SDN 04 Bengkulu (Juara III). 

Lomba Desain Batik (SMP): Erna Elvira Ariyanti, SMP 7 Jambi (Juara I), Hosensyah Nadya Pradita, SMPK ST. Fransiskus Assis, Kaltim (Juara II), dan Annisah Suherwan, SMPN I Padang, Sumbar (Juara III). 

Lomba Lukis (SMP): Agustin, SMPN I Panji Situbondo, Jatim (Juara I), Muhammad Rifdan Musyaffa, SMP IT Nurul Ilmi, Jambi (Juara II), dan Ananda Nur Syamsi, SMPN I Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jabar (Juara III). 

Lomba Membatik (SD): Kurnia Kemalasari, SDN Galuh, Kabupaten Purbalingga, Jateng (Juara I), Salsa Illianis, SDN Oro-oro Ombo, Kota Batu, Jatim (Juara II), dan Yuni Ratna Yanti, MI Ma’arif Giriloyo I, Kabupaten Bantul, DIY (Juara III). 

Setiap pemenang, mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan nilai berbeda dan beasiswa dari Kemdikbud. 

Selain Presiden SBY dan Ani Yudhoyono, hadir dalam pelaksanaan dan puncak LCSPN 2014 di Istana Kepredisnen Cipanas antara lain Wapres Boediono dan Ibu Herawati Boediono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, Wakil Gubernus Jawa Barat Dedi Mizwar, dan Wakil Menteri Luar Negari (Wamenlu) Dino Patti Djalal serta putra bungsu Presiden SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono dan istri, Aliya Rajasa. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions
1. Rayfa Qadra, pelajar SMP dari Medan, Sumut yang meraih Juara III lomba cipta lagu tingkat Nasional dalam ajang LCSPN 2014. 
2. Peserta LCSPN 2014 tengah mengadu kreativitas di Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jabar, 8 Agustus 2014.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP