. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 06 Agustus 2014

Mencetak Maestro Seniman dan Budayawan Sejak Dini Lewat Lomba Cipta Seni Pelajar

Seniman dan budayawan di Indonesia memang banyak jumlahnya. Namun untuk mencetak bibit-bibit seniman dan budayawan baru masa depan, perlu ada upaya untuk menampung bakat para generasi muda. Salah satu wadahnya lewat Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional (LCSPN) yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-9. 

Menurut Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof. Dr. Kacung Marijan dalam siaran persnya, Rabu (6/8), LPCN 2014 digelar oleh Kemendikbud, Kemenparekraf, dan Kemsetneg ini bertujuan sebagai sarana bagi pelajar SD dan SMP di Indonesia untuk menampilkan kreativitas berkesenian secara kompetitif. 

 “Acara ini sekaligus sebagai upaya mendorong pengembangan karakter generasi muda yang seimbang antara logika, etika, dan estetika,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan pentingnya kegiatan ini diadakan bagi anak-anak berbakat di seluruh Indonesia sebagai bagian pendidikan pekerti sedari dini. 

Menurut SBY untuk menjadi bangsa yang maju, generasi penerus sejak awal harus mendapatkan pendidikan yang baik untuk pikiran dan hati mereka.  
"Seni adalah salah satu jalan membentuk hati sanubari kita. Melalui seni, kita membangun watak anak-anak yang kita cintai tentang perdamaian dan hormat-menghormati yang menunjukan peradaban budaya," paparnya sebagaimana disampaikannya dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat saat penyelenggaraan puncak LCSPN 2011 lalu.

Menurut SBY acara tahunan ini merupakan salah satu ajang yang disediakan pemerintah untuk melahirkan maestro-maestro besar Indonesia do bidang seni dan budapa pada masa yang akan datang

Kata SBY ketika itu, Indonesia sebenarnya memiliki banyak seniman dan budayawan yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air ini. "Harapannya ke depan. Indonesia mempunyai lebih banyak lagi seniman dan budayawan lewat ajang ini." jelasnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Salah satu pelajar SD dari Sumsel yang tampil di LCSPN 2011 di Istana Bogor.
2. Presiden SBY saat meninjau LCSPN 2011 di Istana Bogor.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP