. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 06 Agustus 2014

331 Siswa-Siswi se-Indonesia Ikut Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional 2014

Jumlah pelajar baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengikuti Lomba Cipta Seni Pelajar Tingkat Nasional (LCSPN) 2014 mencapai 331 orang.

Menurut Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof. Dr. Kacung Marijan, seluruh pelajar tersebut berasal dari 33 provinsi se-Indonesia. 

“Setiap propinsi didampingi official dan pendamping untuk mengawal dari keberangkatan hingga kepulangan ke daerah masing-masing. Jadi total peserta ditambah dengan official dan pendamping berjumlah 429 orang,” jelasnya dalam siaran persnya, Rabu (6/8).

Untuk jenjang SD, ada tiga lomba yang digelar yakni lomba lukis, puisi, dan lomba membatik. Masing-masing kategori lomba diikuti 33 peserta. Sementara jenjang SMP, ada empat lomba yakni lomba lukis, cipta puisi, cipta lagu, dan lomba desain motif batik.

Masing-masing kategori lomba juga diikuti 33 peserta. Hasil lomba peserta akan dinilai oleh tim juri di kategori masing-masing.

Tim juri terdiri dari atas tiga orang yang berkompeten di bidang seni yang dilombakan. Beberapa nama sudah beberapa kali menjadi juri di acara serupa pada tahun-tahun lalu.

Tim juri untuk lomba lukis terdiri atas kurator sekaligus dosen ISI Yogyakarta Suwarno Wisetrotomo dari Yogyakarta, kurator juga dosen ITB A Rikrik Kusmara (Bandung), dan pelukis sekaligus dosen Seni Rupa INJ Sarnadi Adam (Jakarta).

Tim juri lomba cipta puisi yakni penyair sekaligus sastrawan Joko Pinurbo dari Yogyakarta, dramawan/sastrawan Iswadi Pratama (Lampung), dan penyair sekaligus dosen IKJ Jose Rizal Manua (Jakarta).

Tim Juri Lomba cipta lagu terdiri atas musisi/komposer musik Purwacaraka (Jakarta), musisi/komposer musik Dian Hadi Pranowo (Jakarta), dan seniman Musik Sudirman (Jakarta).

Tim juri desain motif batik adalah ketua Yayasan Batik Jabar Sendy Dede Yusuf (Bandung), dosen batik ISI Yogyakarta Djandjang Purwosejati (Yogyakarta), dan dosen ISI Denpasar Tjok Ratna (Bali). Sedangkan tim juri lomba membatik terdiri dari praktisi batik Qomarudin Kudiya (Bandung), praktisi batik sekaligus dosen ISI DIY I Made Sukanadi (Yogyakarta), dan dosen STSI Bandung Ari Winarno (Bandung).


Kata Kacung lagi, tugas masing-masing tim juri menentukan juara-juara dari jenjang SD dan SMP yang terdiri atas Juara I, Juara II, Juara III dan Juara Harapan I, Juara Harapan II, serta Juara Harapan III. 

Pelaksanaan LCSPN 2014 ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2014 dimulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB di Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. 

Menurutnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Bambang Yudhoyono dijadualkan akan meninjau acara ini. Keduanya juga akan menyerahkan langsung piala kepada para 42 pemenang di masing-masing kategori dan diakhiri foto bersama. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Anak-anak pelajar SD dan SMP se-Indonesia antusias mengikuti LCSPN. 
2. Lomba cipta lagu salah satu kategori yang dilombakan dalam LCSPN 2014.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP