. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 22 Juli 2014

Puncak Arus Mudik 2014 di Pelabuhan Penyeberangan Utama Berbeda

Puncak arus mudik Lebaran 2014 di sejumlah pelabuhan penyebarangan utama antarpulau di Indonesia diperkirakan tidak sama. Di Pelabuhan Merak, Banten misalnya Pengelola Angkutan Sungai, Danau, dan Pelabuhan (ASDP) Cabang Merak memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten akan terjadi pada H-3 Lebaran atau pada hari Jumat 25 Juli 2014.  

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario S utomo mengatakan lonjakan penumpang diperkirakan terjadi pada hari Kamis dan puncak kepadatan penumpang pada hari Jumat H-3 Lebaran. 

"Pihak ASDP Cabang Merak mengimbau para pemudik agar melakukan perjalanan ke Pulau Sumatera pada siang hari guna menghindari penumpukkan dan antrean yang panjang di pelabuhan,” jelasnya di Merak, Selasa (22/7). 

Sampai H-6 atau Selasa pagi, arus penumpang dan kendaraan di pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera ini masih lancar. Kendaraan yang mendominasi masih truk ekspedisi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera. Area parkirnya juga masih lengang. 

Sedangkan di Pelabuhan Gilimanuk, Ketapang puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada H-4 hingga H-2 Lebaran. Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Gilimanuk, Wahyudi Susianto mengatakan pemudik rata-rata hanya pulang ke Banyuwangi yang jaraknya relatif lebih dekat dengan Bali. 

Lain lagi di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Puncak arus mudiknya sudah lebih awal yakni pada Kamis (17/7) lalu sampai H-7 Lebaran. 

Kepala Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Syawaluddin mengatakan banyak penumpang yang berangkat jauh hari sebelum Lebaran untuk menghindari kepadatan. “kalau asudah dekat lebaran selain desak-desakan juga harga tiketnya naik, makanya banyak yang berngkaut jauh-jauh hari,”ungkapnya di Jakarta belum lama ini. 

Pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti juga memprediksi puncak arus mudik lebaran di jalan tol tersebut juga terjadi pada hari Jum’at. Direktur Operasi dan Teknik PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto, Sunarto mengatakan pada arus mudik 

Lebaran tahun ini, jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Tol Tangerang-Merak diperkirakan meningkat 6 persen dibanding tahun lalu. Pada Lebaran tahun lalu, total kendaraan yang menggunakan Jalan Tol Merak mencapai 1.557.900. Sedangkan pada Lebaran 2014 ini total kendaraan diperkirakan mencapai 1.639.000. "Terhitung dari H-7 sampai H+7 lebaran," jelasnya. 

Untuk puncak arus balik Lebaran 2014 diprediksi terjadi pada H+5 dengan perkiraan jumlah kendaraan mencapai 123 ribu. Pada Lebaran tahun lalu, puncak arus mudik terjadi pada H-5 dengan volume kendaraan mencapai 125 ribu per hari. Untuk puncak arus balik terjadi pada H+7 dengan jumlah kendaraan sebanyak 111 ribu. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions:
1. Arus mudik Lebaran 2014 di Pelabuhan Merak, Banten diprediksi Jum’at. 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP