. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 22 Juli 2014

Operasi Ketupat 2014 Selama 16 Hari Amankan Juga Tempat-Tempat Wisata

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap menggelar Operasi Ketupat 2014 untuk mengamankan keamanan sebelum, saat, dan setelah pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1435 H yang berlangsung selama 16 hari, mulai 22 Juli hingga 6 Agustus mendatang. Khusus pengamanan tempat-tempat objek wisata mulai hari H Lebaran hingga 6 Agustus. 

Jumlah petugas yang diturunkan untuk operasi ketupat tahun ini 137.795 orang, terdiri atas 2.173 anggota Polisi, 10.165 anggota TNI, 7.795 personil dari Kementerian Perhubungan, 8.905 anggota Satpol PP, 7.628 personil dari dinas kesehatan. Selain itu juga dibantu sejumlah personel Pramuka dan Orari yang melakukan monitoring aktivitas masyarakt di jalan raya. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar menjelaskan pada tahap pra Idul Fitri, pihaknya akan fokus melakukan pengamanan di pusat-pusat perbelanjaan dan sentra perekonomian terkait peningkatan intensitas kegiatan masyarakat pada hari-hari terakhir ibadah puasa.

Untuk mengantisipasi peningkatan arus mudik, polisi akan memprioritaskan pengamanan jalur Pantai Utara (Pantura), yang merupakan jalur utama untuk kegiatan mudik di sepanjang Pulau Jawa. Pasalnya, jalur Pantura dinilai sangat rentan akan kecelakaan.

Boy menyebutkan ada peningkatan arus mudik sekitar 11 persen pada 2014 dibandingkan dengan tahun lalu, dan diperkirakan sekitar 28 juta hingga 30 juta warga masyarakat melakukan aktivitas mudik. "Pantura mendapat prioritas satu mengingat rentan terhadap berbagai gangguan keamanan dan keselamatan di jalan raya sehingga penempatan personel lebih tinggi," ujarnya saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Polri membagi dua wilayah yang menjadi titik prioritas pada operasi ketupat 2014. Prioritas satu di antaranya wilayah Pulau Jawa, Lampung, Bali, dan Sumatra Selatan. Sedangkan untuk prioritas dua yakni wilayah polda lainnya yang merupakan titik wilayah yang memiliki jumlah pemudik sedikit.

Pengamanan pada hari H Idul Fitri, Kepolisian akan melakukan pengawalan dan pengamanan sejak malam takbiran dan saat pelaksanaan Shalat Ied di tempat-tempat ibadah yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. 

Terkait pengamanan pada hari H hingga pasca Lebaran, petugasnya akan fokus menjaga daerah-daerah pariwisata yang menjadi tempat tujuan banyak masyarakat. "Mulai hari H Lebaran hingga 6 Agustus, polisi fokus pada tempat-tempat objek wisata dan jalur mudik," ujarnya.

Menurut Boy selama Operasi Ketupat 2014, pihak kepolisian bekerja sama dengan beberapa pemangku kepentingan akan menyiapkan sebanyak 2.700 pos pengamanan dan pelayanan. "Pos pelayanannya akan lebih lengkap, ada mobil ambulan yang disiapkan oleh dinas kesehatan dan mobil serta petugas derek di jalur mudik," pungkasnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions:
1. Pengunjung Pusat Primata Gorila, Ragunan, Jakarta.
2. Jalur Pantura di Jawa jadi prioritas utama Operasi Ketupat 2014.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP