. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 15 Juli 2014

Arus Mudik Lebaran 2014 Merak-Bakauheni Dilayani 43 Kapal Feri

Buat Anda yang ingin mudik ke Sumatera atau sebaliknya ke Jawa lewat jalur laut, Merak-Bakauheni, Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (GAPASDAP) Merak, Cilegon, Banten, mengerahkan 43 kapal feri untuk melayani arus mudik Lebaran 2014. Sebanyak 16 unit kapal feri tersebut berdaya angkut besar dengan mampu membawa kendaraan pribadi 500-600 unit.

Kepala Cabang GAPASDAP Merak, Togar Napitupulu mengatakan dari 43 kapal feri yang akan dioperasikan dalam kondisi baik dan laik berlayar. “Diharapkan jumlah tersebut tidak lagi mengakibatkan antrean maupun penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak,” jelasnya di Merak belum lama ini. 

Dia optimis arus mudik Lebaran 2014 dari Merak ke Bakauheni sepanjang sekitar 33.6 Km ini lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya. “Penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan dipastikan semua terangkut dan diseberangkan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," jelasnya. 

Togar mengimbau bagi pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung sebaiknya siang hari untuk menghindari antrean. Sebab kebanyakan para pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera, mereka berangkat pada malam hari sehingga kerap kali terjadi penumpukan kendaraan di lima dermaga Pelabuhan Merak. "Kami yakin pemudik berangkat siang hari dipastikan perjalanan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan," katanya.

Sebaliknya Direktur Jendral Perhubungan Laut (Dirjen Hubla), Bobby R Mamahit di Jakarta menyarankan agar pengendara sepeda motor yang hendal melakukan perjalanan mudik menuju Pelabuhan Merak, sebaiknya dilakukan di malam hari saat. Menurutnya banyak orang yang jalan siang hari, jadi sebaiknya diusahakan dan dihimbau berangkat pada malam hari karena lebih kosong.

Optimalkan Informasi Via Sosmed 
Pada musim mudik Lebaran 2014 ini, PT ASDP Indonesia Ferry juga berencana melengkapi beberapa fasilitas di jalur penyeberangan antarpulau terbesar ini. Fasilitas itu berupa ruang pemantau (monitoring room) dan mengoptimalkan informasi melalui media sosial.

Corporate Secretary Christine Hutabarat dalam siaran persnya menjelaskan melalui pamantau room, pihaknya dapat bereaksi cepat untuk memastikan keamanan, keselamatan, kebersihan dan kenyamanan dalam lingkungan pelabuhan.

ASDP Indonesia Ferry secara berkala juga akan menyampaikan informasi melalui pengumuman di pelabuhan, social media, website, dan CCTV online guna memudahkan akses informasi pengguna jasa mengenai kondisi pelabuhan terkini. "Info terkini pelabuhan selama mudik akan terus kami update via facebook di INFO MUDIK ASDP atau ASDP CUSTOMER CARE, twitter di @Info_ASDP, dan CCTV online di cctv.indonesiaferry.co.id," terangnya.

ASDP Indonesia Ferry memprediksi akan terjadi peningkatan pemudik sebanyak 10% dan puncak arus mudik lebaran tahun ini akan lebih padat dari tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan selain musim libur lebaran tahun ini berdekatan dengan libur sekolah juga karena lebaran yang jatuh pada hari Senin. 

 Pihak ASDP Indonesia Ferry optimis bahwa operasi angkutan lebaran tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya karena persiapan-persiapan yang telah dilakukan baik di lintas Merak, Bakauheni, Surabaya, Ketapang, Gilimanuk, Lembar, Kayangan, Bajoe, Bangka dan Balikpapan. 

Direktur Usaha Pelabuhan yang juga adalah Penanggung Jawab Angkutan Lebaran 2014 ASDP Indonesia Ferry, Prasetiyo B Utomo berharap operasi angkutan lebaran tahun ini akan zero accident seperti tahun sebelumnya. “Semoga pemudik akan lebih nyaman dengan pelayanan di pelabuhan yang kami sediakan tahun ini,” ungkapnya. 

Kapolda Banten Brigjen Pol. Iskandar Zulkarnaen mengintruksikan kepada Kapolres Cilegon, sebelum penyelenggaraan arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak harus steril dari preman dan petruk yang biasa berkeliaran di Pelabuhan Merak. 

Kapolres Cilegon, AKBP Defrian Donimando mengatakan, pihaknya sudah rutin melakukan patroli di Pelabuhan Merak dengan mengerahkan sekitar 540 personel kepolisian untuk arus mudik tahun ini. 

Berdasarkan pantauan Travelplusindonesia, pemudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Provinsi Banten sampai minggu ini, masih sepi, baik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung menuju Pulau Sumatera atau sebaliknya. Diperkirakan lonjakan penumpang arus mudik Lebaran 2014 dari Merak ke Bakauheni akan terjadi pada pekan depan. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Suasana kapal feri di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten masih sepi pemudik. 
2. Suasana Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP