. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 23 Juni 2014

Topeng-Topeng Ajaib Semarakkan Jakarnaval 2014

“Tapi buka dulu topengmu. Buka dulu topengmu. Biar ku lihat warnamu. Kan ku lihat warnamu”. Begitu lirik reffrein milik band papan atas Peterpan yang kini berganti menjadi Noah yang diteriakan sekelompok pengunjung saat melihat wajah-wajah bertopeng berpawai di jalan protokol d Jakarta, Minggu (22/6).

Manusia-manusia bertopeng itu memeriahkan kegiatan Jakarnaval 2014 yang digelar dalam rangka merayakan HUT ke-487 Kota Jakarta. 

Karnaval budaya yang mengangkat tema “Keajaiban Topeng Nusantara” ini menampilkan 1.200 peserta jalan kaki. Mereka berpawai sejak pukul 15.00-18.00 WIB di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Selain mereka, lima topeng raksasa  juga menjadi pusat perhatian, termasuk beberapa grup kesenian dari Solo, Indramayu, Kalimantan Timur, Bali, dan Ponorogo serta 30 unit mobil hias yang bertema Topeng Nusantara.

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Wisata Disparbud DKI Ida Zubaidah menjelaskan Festival Topeng ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai seni budaya topeng yang tersebar di seluruh Nusantara.

“Festival ini juga bertujuan melestarikan tradisi topeng dengan menciptakan kreasi baru agar topeng menjadi warisan budaya Nasional yang nantinya mudah-mudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya dunia,” jelasnya.

Perayaan HUT DKI tahun ini dimulai sejak Sabtu (21/6) malam dengan pergelaran Jakarta Night Festival (JNF). Ajang ini menampilkan atraksi perkusi yang digelar di sepanjang Jalan MH Thamrin. Tepatnya dari lapangan Monas hingga ke Bundaran HI, sejak pukul 18.00-23.00 WIB.

Ida pun berharap lewat pertunjukan ini musik perkusi pun bisa memperoleh apresiasi yang semakin baik, mengingat Indonesia juga memiliki bermacam alat musik pukul tradisonal yang tersebar di sejumlah daerah.

Berdasarkan Travelplusindonesia. kedua kegiatan Festival Topeng dan Atraksi Perkusi dalam Jakarnaval tahun ini berhasil membetot perhatian bukan cuma warga Jakarta dan sekitarnya, pun wisatawan mancanegara yang tengah berwisata di Jakarta.

Naskah: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok.topengnusantara dan adji k.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP