. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 23 Juni 2014

Kembangkan Potensi Wisata Indonesia Timur Via “Indonesia Bergerak”

Potensi wisata Indonesia Timur amat besar. Sayang belum tergarap optimal. Melihat kondisi itu, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) meluncurkan program “Indonesia Bergerak” dengan tujuan untuk menggerakkan ekonomi di kawasan yang sebenarnya memiliki keunggulan di sektor pariwisata tersebut, namun anehnya masih masuk dalam kategori daerah tertinggal. 

Lewat program ini, KPDT bersinergi dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) untuk mendukung pergerakan operator trip indie untuk membuat paket-paket wisata menarik ke Indonesia Timur agar terjadi pergerakan wisatawan ke wilayah tersebut hingga akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonominya. 

Staf Ahli Bidang Politik KPDT Rahmat Tatang Baharudin mengatakan pihaknya siap melaksanakan pengembangan dan promosi wisata sejalan dengan program yang dilakukan BPPI. Menurutnya program KPDT saat ini terfokus pada pengembangan Produk Unggulan Kabupaten (PRUKAB) antara lain, kopi, karet, perikanan, rumput laut, dan kakao di sejumlah daerah yang juga memiliki potensi wisata.

Oleh karena itu KPDT juga mempunyai program terkait pengembangan pariwisata, terutama agro wisata, misalnya agrowisata kopi di Toraja Utara yang menjadi salah satu daerah binaan KPDT.

Dengan program bersinergi ini, KPDT mengajak masyarakat untuk bergerak dan berpartisipasi aktif membangun Indonesia Timur anatar lain dengan melakukan perjalanan wisata ke kawasan tersebut.

KPDT mencatat jumlah penduduk di wilayah Timur Indonesia bila dibandingkan dengan luas daerahnya baru 30 persen. Itu berbanding terbalik dengan kawasan Barat Indonesia dengan penduduk 70 persen sedangkan luas kawasan hanya 30 persen

“Dengan kondisi seperti itu, kawasan Timur bisa menjadi pariwisata masa depan Indonesia bila berhasil dikembangkan dengan bijak”, jelasnya dalam diskusi bertajuk "Peranserta Media Massa dalam Mendorong Potensi Wisata Indonesia", di Jakarta, Minggu (22/6/2014). 

Menurutnya bila sinergi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat sudah berjalan, baru diadakan promosi maksimal. “Di sini peran media massa khususnya jurnalis pariwisata sangat diharapkan,” imbaunya. 

Tatang berharap BPPI dalam pengembangan Indonesia Timur harus memperhatikan kearifan lokal setempat. “Infrastruktur maupun fasilitas wisata jangan sampai merusak kearifan lokal masyarakatnya. Jangan sampai pula mengurangi keindahan dan ciri khas alam dan budayanya,” jelasnya. 

Kata Tatang lagi, sejumlah provinsi di Indonesia Timur antara lain NTT dan NTB masih termasuk dalam kategori daerah tertinggal. Namun kedua provinsi tersebut punya potensi wisata alam yang luar biasa. “Kalau potensi wisata di daerah-daerah tersebut terus dikembangkan akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya. 

Hal senada juga diungkap ketua BPPI Yanti Soekamdani. Menurutnya untuk memajukan pariwisata khusus di Indonesia Timur dan daerah-daerah yang masih tertinggal butuh sinergi program dari semua pihak terkait baik itu pemerintah, lembaga, asosiasi, komunitas, dan masyarakat. 

Menurut Yanti destinasi wisata bahari menjadi andalan kawasan Indonesia Timur, seperti wisata menyelam (diving) dan snorkeling. “Namun kendalanya masih minim infrastruktur termasuk kesiapan masyarakatnya,” akunya. 

Dalam diskusi yang digelar BPPI dan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Fowarparekraf) ini, hadir pula Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf ) Sapta Nirwandar yang ikut meluncurkan “Indonesia Bergerak” dengan memecahkan kendi tanah liat bersama Yanti dan Tatang. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Yanti Soekamdani, Sapta Nirwandar, dan Rahmat Tatang Baharudin meluncurkan program “Indonesia Bergerak” dengan memecahkan kendi tanah liat di Jakarta. 
2. Wisatawan menyukai aktivitas wisata bahari di Indonesia Timur.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP