. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 23 Juni 2014

INDIE TRAVEL MART 2014 Jual Bukan Paket Wisata Biasa

Dalam rangka mengajak masyarakat untuk mengenali wisata Indonesia yang tidak biasa, sekalgus menyongsong liburan sekolah Juni-Juli 2014, DESTINASI Indonesia bekerja sama dengan TripTrus.com menyelenggarakan Indie Travel Mart 20 – 22 Juni 2014 di Lantai 3 FX Sudirman, Jakarta. 

Sesuai dengan namanya, pameran wisata yang didukung Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) ini rupanya untuk mempertemukan operator trip indie dan masyarakat. 

Buktinya yang ikut dalam pameran ini ada16 operator trip indie, antara lain Campa Tour, Tukangjalan, Rajawisata, LareAngon Indonesia, DAL Adventure, Smarttrip, Iniindonesia, dan lainnya. 

Maklum selama ini, mereka memasarkan paket perjalanan dengan basis komunitas ini lewat mulut ke mulut dan melalui media sosial dengan sistem open trip. Pesertanya boleh siapa saja sesuai batas umur yang ditentukan. Namun rata-rata anak muda, eksekutif muda, ekspatriat yang berjiwa petualang. Namun belakangan ini juga mulai merambah ke keluarga muda.

Masing-masing menawarkan paket-paket perjalanan yang diklaim panitianya bukan paket biasa. Operator trip indie Campa Tour misalnya menawarkan paket Kelimuti Festival 2014 dengan tujuan wisata antara lain Danau Kelimutu, Pulau Komodo, Waerebo, dan Ende. Selain itu paket Rote dengan tujuan wisata Ba’a Oepao, Mulut Seribu, Pulau Ndana, dan Nemberala.

Sedangkan DAL Adventure menawarkan paket-paket yang kental petualangannya seperti paket Waerobo di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, paket Gunung Bukit Raya di Kalimantan, Paket Gunung Rantenario di Sulawesi Selatan, dan paket Puncak Cartenz Pyramid di Papua. 

Sementara Tukangjalan menawarkan paket Mollucas dengan tujuan wisata Pantai Ora, Desa Saleman, dan ditambah  city tour Kota Ambon. Selain itu ada paket Kepulauan Togean (Sulawei Tengah) dan Paket Orangutan plus Rivers Curises di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. 

Beberapa operator trip indie lainnya menjual paket Teluk Kiluan di Lampung, Derawan (Kalimantan), Belitung, Bangka (Kab. Babel), Tanjung Bira (Sulsel), Ujung Genteng (Jabar), Sawarna dan Baduy Dalam (Banten), Explore Sumatera Barat, Kepulauan Banyak di Aceh, dan masih banyak lagi. 

Harga paket yang ditawarkan pun tidak biasa, terbilang miring, bervariasi mulai dari Rp100.000 hingga jutaan rupiah per orang per paket. 

Indie Travel Mart 2014 juga diramaikan dengan berbagai talkshow berkaitan dengan traveling antara lain bertema “Menguak Keindahan Taman Nasional Alas Purwo”, “Jelajah Flores”, “Wisata Sejarah Nusantara”, “Memperkenalkan Destinasi Wisata BaruWayang Village Kepuhsari, Wonogiri”,  ”Raja Ampat 101" dan talkshow "Ekowisata” serta workshop bertajuk “Travel Photography”.

Tak ketinggalan talkshow serius bertajuk “Mengembangkan dan Menggerakkan Pariwisata Indonesia Timur” dengan pembicara: Yanti Soekamdani (Ketua BPPI) dan Rahmat Tatang Baharudin (Staf Ahli Bidang Politik, KPDT) serta Wamenparekraf Sapta Nirwandar.

Pameran ini juga menampilkan edukasi seputar ular dengan tema “Mengenal Karakter dan Penanganan Ular Indonesia” oleh Yayasan SIOUX Indonesia serta hiburan live music yang menampilkan beberapa penyanyi solo antara lain Tongam Valentiono dan Bilanova serta band-band indie antara lain Duo Journey, Softcase, dan Joy Climax . 

KPDT di Indie Travel Mart yang rencananya akan digelar tiap tahun ini juga menyuguhkan taste cupping bersama Alexander Merdeka. 

Dalam taste cupping, pengunjung bisa belajar mengenal jenis kopi Nusantara dan cara menyeduh kopi dengan benar. 

Berdasarkan pantauan Travelplusindonesia, pameran Indie Travel Mart pertama ini kurang bergaung informasinya sehingga masyarakat belum banyak yang tahu. Pengunjungnya umumnya mereka yang tengah berkunjung ke mall. 

Sebenarnya lokasi penyelenggaran di mall sudah cukup tepat untuk menjaring pengunjung mall tersebut. Hanya yang menjadi catatan kecil, kalau untuk tempat talkshow di panggung sekalipun di dalam mall, terasa mengganggu. Perlu ada ruang khusus agar lebih nyaman namun ruangan itu tetap dikemas dengan gaya santai seperti tengah berwisata. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Indie Travel Mart 2014 di FX, Jakarta. 
 2. Salah satu stan operator indie dalam Indie Travel Mart 2014 di Jakarta. 
3. Edukasi ular dalam Indie Travel Mart 2014.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP