. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 21 Juni 2014

Ayo Belajar Banyak Tentang Teh di Festival Teh Nusantara 2014

Teh Indonesia rupanya tak mau kalah dengan kopi. Jika kopi sudah memiliki event festival kopi dan bahkan sudah ada pemilihan putri kopi Indonesia, kini giliran teh unjuk gigi dengan event Festival Teh Nusantara. Dalam festival teh bertaraf international ini, bukan hanya memamerkan beragam produk teh dari Indonesia dan mancanegara, pun menampilkan workshop menyeduh, menyuguhkan, dan meminum teh yang benar. 

Teh merupakan salah satu jenih meinuman minuman yang digemari banyak orang di dunia. Sampai saat ini lebih dari tiga miliar orang minum teh setiap hari di dunia. 

Teh juga menjadi salah satu minuman favorit bangsa Indonesia sejak lama. Bahkan Indonesia merupakan negara penghasil teh nomor empat di dunia. Indonesia memiliki sekitar 120 ribu hektar perkebunan teh dengan produksi per tahun mencapai 136.800 ton daun teh.

Sebagai apresiasi terhadap teh yang sudah membudaya di kalangan masyarakat baik di Tanah Air khususnya maupun global, Festival Teh Nusantara 2014 pun digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) DKI Jakarta.

Festival yang diadakan untuk merayakan ulang tahun Jakarta ke-487 ini berlangsung di pelataran Museum Fatahillah, kawasan kota Tua, Jakarta selama 4 hari sejak Kamis, (19/6) sampai Minggu (22/6). Tujuannya mengembangkan industri kreatif di bidang teh di Indonesia.

Menurut Deputi Bidang Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta sekaligus inisiator festival, Sylviana Murni, festival ini juga sekaligus bertujuan mendorong budaya minum teh di Indonesia serta menjadikan Kota Tua Jakarta sebagai pusat kegiatan kebudayaan di Jakarta.

Penikmat teh sekaligus perwakilan dari Perusahaan Perkebunan Teh PT Pagilaran, Saiful Hafidz mengatakan kebanyakan orang Indonesia mengkonsumsi teh yang kualitas paling rendah dari semua tingkatan jenis teh di dunia.

 “Ciri minuman teh yang buruk atau berkualitas rendah masih adanya batang-batang tehnya. Padahal teh yang bermutu premium adalah yang terdiri dari pucuk,” jelasnya di Jakarta, Jum’at (20/6). 

 Di festival berjudul "Art of Tea" ini selain memamerkan sejarah teh di Indonesia dan perdagangan teh di dunia berikut jenis dan khasiatnya, juga menampilkan sejarah teh dari China berikut bermacam produk tehnya serta tak ketinggalan ritual minum teh ala Jepang. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Festival Teh Nusantara 2014 pun menampilkan workshop menyeduh, menyuguhkan, dan meminim teh yang benar. 
2. Aneka produk teh dari China yang dipamerkan di Festival Teh Nusantara 2014 di Jakarta. 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP