. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 01 Maret 2013

Gangnam Style Habis, Harlem Shake Booming

Tarian harlem shake asal Harlem, kota kecil di New York, AS, kini tengah booming di Indonesia. Sejumlah artis ikut membuat tarian yang dimulai dengan seseorang yang menggunakan helm  ini dengan beragam versi, lalu mengunduhnya ke Youtube. 

Masa keemasan tarian bak memacu kuda, gangnam style asal korea di Indonesia sudah habis. begitu juga dengan shuffle dance. Kini, penggantinya harlem shake yakni tarian yang dibawakan sekelompok orang secara bebas dan tidak teratur. 

Buktinya ramai-ramai orang membuat tarian ini lalu memasangnya di Youtube dengan harapan diunduh orang sedunia dan jadi bahan pembicaraan. Mulai dari orang biasa sampai kalangan selebritas baru-baru ini membuatnya. Sebut saja harlem shake versi Duo Maia yang digawangi Maia Istianti dengan Mechan. Di dalam video harlem shake-nya itu juga ada si-penyanyi cetar membahana Syahrini.

Sebelumnya kelompok band asal Bandung, Changcuters juga membuat hal serupa. Lalu ada artis Cinta Laura dan juga presenter kondang Olga Saputra yang membuat tarian ini di kamar tidurnya. Alasan mereka, cuma buat seru-seruan.

Harlem shake cepat mem-booming lantaran musiknya enak buat goyang, tariannya pun bebas tanpa aturan. Orang bisa berkreasi sesukanya. Beda dengan gangnam style dan shuffle dance yang terasa ada pakemnya. Letak kebebasan itulah yang membuat orang bisa membuat versi harlem shake sesuai keinginan. Ini pula yang menumbuhkan kreativitas itu.

Ditambah lagi kostum yang dikenakan berbeda bisa seunik-uniknya bahkan kalau perlu segila-gilanya. Lihat saja di harlem shake versi Duo Mia dn Syahrini, ada seorang penari pria yang hanya memakai celana kolor, yang memulai tarian ini sembarang ini dengan naik ke atas meja.


 

Mungkin bagi oang awam yang senang dengan gerakan beraturan akan kaget melihat beragam versi harlem shake ini. Bisa jadi mereka mencemooh dan menggangap sinting. Tapi itulah seni, semakin berbeda dan tak biasa, semakin jadi bahan inspirasi dan omongan.

Peranan media sosial Youtube, tak bisa dipungkiri amat mendukung mem-booming-nya tarian ini ke belahan dunia, termasuk Indonesia. Ini pun sebelumnya dialami gangnam style dan shuffle dance. Beda dengan tarian fenomonel pendahulunya seperti aserehe dan juga poco-poco, yang merupakan tarian khas asal Indonesia. Ketika Youtube belum ada, alhasil ketenarannya belum sefenomenal gangnam stye dan harlem shake.

Menurut Nandang, penari profesional modern dance di Jakarta, jika ingin versi harlem shake diunggah dan jadi perhatian banyak orang, harus membuat tarian yang super gila dan unik. Lokasinya juga harus tak biasa dan penampilan masing-masing penarinya juga kudu nyeleneh dan unik.

Bisakah harlem shake dikombain dengan tarian atau musik tradisional Indonesia? “Bisa saja, asal tiga sarat di atas terpenuhi, harus buat yang beda,” ujarnya.

Yuk, bikin harlem shake yang kreatif, bernuansa Indonesia yangh nyeleneh tapi tetap santun di obyek wisata, pantai, gunung, dan lainnya. Sekalian mempromosikan obyek wisata di Tanah Air.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. okezone & ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP