. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 07 Februari 2013

Tour de Singkarak 2013 Berhadiah Total 1,2 Miliar Rupiah

Total hadiah perlombaan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2013 di Sumatera Barat (Sumbar) meningkat dari total Rp 1 miliar pada tahun lalu menjadi Rp 1,2 miliar. Selain itu total jarak yang dilombakan juga bertambah dari 854 kilometer menjadi 1.000 kilometer.  

Demikian disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar yang juga sebagai Executive Chairman TdS dalam Rapat Koordinasai (Rakor) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Pemerintah Provinsi Sumbar dan sejumlah Pemkab dan Pemkot-nya dalam rangka persiapan awal penyelenggaraan TdS 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (7/2/2012). 

Anggaran dari Kemenparekraf untuk TdS tahun ini, lanjut Sapta berjumlah sekitar 7 sampai 8 miliar rupiah untuk hadiah. “Biaya terbesar justru dari Provinsi Sumbar untuk biaya infrastruktur perbaikan jalan, jembatan, dan juga hadiah. Tahun lalu anggaran dari pemprov mencapai 23 miliar dari sharing pemkab dan pemkot yang ikut,” jelasnya. 

Sedangkan anggaran dari masing-masing pemkab dan pemkot yang ikut TdS kali ini berbeda. “Ada yang satu hingga tiga miliar bahkan lebih. Belum termasuk dari sponsor dan lain-lain,” tambahnya. 

Peningkatan lain TdS 2013 ini, lanjut Sapta adalah total jarak yang dilombakan dari 854 kilometer menjadi 1.000 kilometer. “Begitu juga dengan hadiahnya ditingkatkan dari total Rp 1 miliar menjadi 1,2 miliar,” paparnya. 

Sapta menjelaskan perkembangan pariwisata Sumbar setelah penyelenggaran TdS selama kurun waktu 2010-2012 sangat positif, antara lain terlihat dari tingkat pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang langsung datang melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) lebih tinggi dibanding pertumbuhan nasional. 

“Tahun 2011 jumlah wisman ke Indonesia naik 9,2 % maka jumlah wisman yang langsung melalaui BIM naik 11,3%.Selanjutnya tahun 2012 jumlah wisman ke Indonesia naik 5,2 % maka jumlah wisman yang langsung ke BIM naik 7,1%,” terangnya. 

Bukan cuma itu, jumlah tamu yang menginap di akomodasi komersial di Sumbar selama 2012 sebanyak 988.420 orang. “Meningkat menjadi 1.111.176 orang atau mengalami kenaikan sebesar 12, 4%,” aku Sapta. 

Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim mengatakan TDS 2013 juga ada peningkatan dengan bertambahnya 3 kabupaten yakni Dhamasraya, Pasaman, dan Solok Selatan di banding TdS 2012. 

 “TdS 2012 lalu hanya 14 kabupaten dan kota tahun ini menjadi 17 kabupaten dan kota. Jadi tinggal 2 kabupaten yang belum ikut yakni Pasaman Barat dan Mentawai. Mudah-mudahan TdS berikutnya semuanya bisa ikutan,” terangnya. 

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP