. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 07 Februari 2013

Bukittinggi Jadi Lokasi Start dan Finish Tour de Singkarak 2013

Bukittinggi ditetapkan sebagai tempat start dan finish-nya balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) V tahun 2013 ini. Terpilihnya kota sejuk ber-ngarai ini tak lepas dari sarana dan prasarana pendukung yang dimiliki. TdS 2012 lalu, lokasi finish bertempat di Kota Sawahlunto dan finish-nya di Kota Padang. 

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Promosi Wilayah Sumatera, Direktorat Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Raseno Arya mengatakan Bukittinggi terpilih sebagai tempat start dan finish etape I TdS V 2013 sudah menjadi ketetapan Kemenparekraf, dan tidak akan diubah. 

“Dari survey yang dilakukan, ternyata Bukittinggi memang layak untuk menjadi titik start dan finish TdS 2013,baik dari segi akomodasi, prasarana, dan lainnya,” terangnya disela-sela Rapat Koordinasai (Rakor) Kemenparekraf bersama Pemprov Sumbar beserta sejumlah Pemkab dan Pemkotnya dalam rangka persiapan awal penyelenggaraan TdS 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (7/2/2012). 

Walikota Bukittinggi, Ismet Amzis meyatakan kesediaan Bukittinggi menjadi titik awal dan akhir TdS 2013 atas dukungan seluruh SKPD dan DPRD. Pemkot bersama DPRD telah menempatkan anggaran yang dibutuhkan meski belum merinci berapa total biaya yang diperlukan untuk itu. 

Menurut Ismet sebagai kota destinasi pariwisata di Sumbar, Bukittinggi sudah selayaknya mendapat kesempatan menjadi lokasi start TdS tahun ini. “Pemkot akan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung agar tidak mengecewakan pihak panitia maupun pebalap yang ikut berpatisipasi,” jelasnya. 

Kemenparekraf menargetkan 25 negara ikut serta menjadi peserta TdS 2013. Kemenparekraf Saat ini ada beberapa negara yang telah mengkonfirmasi ketertarikannya untuk menjadi peserta, seperti Australia, Jepang, China dan Malaysia. Event ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 1 hingga 9 Juni 2013. 

Pembukaan TdS dilaksanakan 1 Juni 2013, malam hari di Jam Gadang. Kendati akan dibuka tanggal 1 Ju¬ni 2013, namun start TdS 2013 akan dilakukan tanggal 3 Juni 2013. “Strategi ini dilakukan agar para peserta punya waktu luang berwisata di Kota Bukittinggi, sebelum mereka bertanding,” kata Raseno. 

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP