. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 25 Desember 2012

Pertamina Foundation Sebarkan Gerakan Lingkungan Lewat Cerita

Pertamina Foundation mengandeng Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) menjadi pionir Sobat Bumi di kalangan kampus. Sebanyak 30 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Indonesia dipilih untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Membangun Narasi Besar Sobat Bumi.  

Program Sobat Bumi adalah upaya mengajak masyarakat untuk ramah lingkungan dan karenanya diperlukan seorang pemimpin. Pada pelatihan angkatan pertama, anak-anak muda berpotensi dibekali pemahaman tentang Sobat Bumi dana wacana ramah lingkungan khas Indonesia.

“Mahasiswa juga dibekali tentang pentingnya gerakan sosial dan teknik penggunaan narasi. Metode ini sejak dulu dikenal sudah efektif untuk membina hubungan dan memotivasi orang. Terutama untuk mengajak mereka ramah lingkungan,” tegas Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali di Kampus UI, belum lama. 

Peserta Sobat Bumi ini, lanjut Ahmat telah menjadi pemimpin di lingkungannya. “Diharapkan mereka dapat menerapkan teknik bercerita dan sharing untuk mengajak lebih banyak orang lebih peduli terhadap lingkungan,” ujarnya. 

Pertamina Foundation memilih peserta yang sudah terbukti perduli terhadap lingkungan seperti yang dilakukan Mapala UI. Salah satu sarat terpenting untuk mengikuti pelatihan dengan mentor dari Akon Labs ini adalah rekam jejak mereka terhadap lingkungan. 

“Dengan begitu mereka akan mudah diajak maupun mengajak orang lain peduli terhadap lingkungan, karena sudah ada bukti,” tegas Ahmad. 

Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono mengatakan, sebagai bagian dari Sobat Bumi, peserta diharapkan dapat menularkan cerita-cerita baik yang dimilikinya. “Tentu saja pengalaman yang dirasakannya agar dapat disebarkan sehingga menjadi narasi besar yang diharapkan dapat menggungah masyarakat,” katanya.

Direktur Greenlife Lendo Novo saat memberikan materi Wacana Lingkungan Sobat Bumi menjelaskan Indonesia memiliki kekhasan tentang bagaimana hidup ramah lingkungan. Untuk itu, cerita-cerita lokal yang menginspirasi semestinya dijadikan acuan untuk menggerakkan hidup ramah lingkungan. “Apa yang dilakukan Barat belum tentu cocok dengan kita,” tandasnya. 

Narasi selama ini telah dikenal sebagai medium ampuh untuk menurunkan nilai-nilai.Cerita juga terbukti efektif mengispirasi orang untuk bertindak. 

Melalui pendekatan inilah Pertamina Foundation mengajak lebih banyak orang peduli terhadap lingkungan. Rencananya pelatihan-pelatihan serupa akan di selenggarakan di kampus-kampus lain. 

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP