. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 07 Desember 2012

Orkestra Suling Bambu dari Ambon Bakal Tampil di Jakarta

Nonton orkestra sejumlah alat musik barat itu biasa. Bagaimana kalau orkestra suling bambu? Pasti bakal menghadirkan atmosfir yang beda. Penasaran? Tonton saja Molucca Bamboowind Orchestra (MBO) dari Ambon yang akan tampil di Jakarta, tepatnya di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, pada Kamis (13/12/2012) dari pukul 18.30 hingga 21.30 WIB. 

 MBO akan diperkuat 180 orang pemain orkestra suling bambu yang dipimpin komposer bernama komposer bernama, Maynard Raynolds "Rence" Nathanael Alfons atau biasa disapa Rence.

Mereka akan mengiringi sejumlah penyanyi ternama antara laini Bob Tutupoli, Glenn Fredly, Barry Likumahuwa Project, Lea Simanjuntak, Igo Idol, dan masih banyak lainnya.

Selain suling bambu, mereka juga akan membawakan alat musik khas Maluku seperti tifa, totobuang, gitar Hawaiian yang untuk pertama kalinya dibawa ke luar Pulau Ambon.

MBO dibentuk pada 2006 dengan anggotanya bukan orang yang ahli dalam bidang musik, melainkan gabungan dari berbagai profesi yakni siswa SMP, SMA, mahasiswa, guru, wiraswasta, pensiunan PNS, hingga tukang ojek, penyadap Nira, dan montir bengkel.

“Anggotanya dari anak-anak sampai orang tua. Berbeda agama dan profesi. MBO merupakan wajah Indonesia yang damai. MBO bukti Rence berhasil menyatukan Ambon dan bangkit dari luka lama pasca konflik 1998 lalu,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku, Benny Gaspersz saat jumpa pers "The Real Wow/Konser Keajaiban Indonesia 2012: The Great Indonesian Songbook, Sound from the East", di Jakarta, Jumat (7/12/2012).

Keberadaan MBO, membuktikan suling bambu masih hidup dan berkembang di Maluku, khususnya Ambon. “Tapi tak bisa dipungkiri peminatnya kian menurun akibat masuknya alat modern seperti band dan orgen,” jelas Benny.

Hermawan Kertajaya dari The Marketeers selaku panitia konser MBO mengatakan MBO merupakan salah satu bentuk kreativitas yang kemudian dikemas dengan menarik dan dipromosikan. Dia berharap acara tersebut dapat mempromosikan Pulau Ambon.

“Industri kreatif harus menambah data tarik pariwisata. Paling tidak mampu menjaring wisatawan domestik," ujarnya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar mengatakan Konser Keajaiban Indonesia 2012: The Great Indonesia Songbook, Sound from the East yang digelar Kemenparekraf merupakan bagian dari program The Real WOW untuk mempromosikan pariwisata dan budaya kawasan Indonesia Timur, khususnya Maluku.

“Ini baru pertama kali digelar. Mudah-mudahan dapat dinikmati orang-orang di Jakarta maupun wisatawan asing,” jelasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP