. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 07 Desember 2012

Majalah Travel Club Raih Juara Kedua APWI 2012

Majalah Travel Club mendapat penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2012. Tulisan berjudul “Medan Aroma Sejarah’ karya Murdiyanto memperoleh juara kedua APWI 2012 untuk kategori media cetak. 

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Parekraf, Kamis (6/12/2012).

Juara pertamanya diraih Majalah Jalan-jalan lewat tulisan berjudul “Islands Breeze” karya Reza Idris. Sedangkan juara ketiganya Koran Sinar Harapan dengan tulisan berjudul “ Sensasi Menjelajah ke Perut Bumi” karya Achmad Faizal.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenparekraf I Gusti Ngurah Putra, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan APWI tahun ini merupakan kali kesepuluh. Total jumlah artikel dan tayangan yang diterima panitia sebanyak 397 buah. "Terdiri atas 221 artikel media cetak, 104 artikel media online, 63 tayangan televisi, dan 10 program siaran radio yang dikumpulkan selama kurun waktu November 2011 hingga Oktober 2012," jelasnya.

Menurutnya, jumlah artikel dan tayangan tahun ini meningkat hingga 58,7% dibandingkan tahun 2011 sebanyak 251 artikel dan tayangan. "Tulisan dan tayangan ini membantu dalam menarik minat kunjungan wisata dalam negeri," kata Ngurah.

Tim Juri yang terdiri atas Wahyu Indrasto (Ketua), Esthy Reko Astuty (Sekretaris), dan lima anggota yaitu Elly N.Hutabarat, Carla Parengkuan, Helmy Kodyat, Himawan Brahmantyo, dan I Gde Pitana. Para juri tersebut mewakili kalangan industri pariwisata, akademisi, pemerhati pariwisata, pejabat Kemenparekraf, serta media.

Tim Juri menetapkan para penerima penghargaan sebagai pemenang pertama, kedua, dan ketiga untuk kategori media cetak, televisi, radio, dan media on-line serta penghargaan khusus. Penghargaan lifetime achievement tahun ini tidak diberikan karena tidak ada yang memenuhi kriteria.

Selain media cetak, penghargaan APWI 2012 diberikan pula kepada media elektronik (TV dan radio) serta media online.

Sapta Nirwandar berharap tahun depan juga ada penghargaan untuk pewarta ekonomi kreatif. “Tahun ini eknomi kreatif baru bergabung dengan pariwisata. Mudah-mudahan tahun depan juga ada penghargaan buat para jurnalis yang menulis tentang ekonomi kreatif, “ tegasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Humas, Kemenparekraf

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP