. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 15 November 2012

Nonton “Atambua 39 Derajat Celsius” di Kotanya Langsung

Ingin melihat Kota Atambua, kota perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste sambil melihat pemutaran film terbaru garapan Mira Lesmana (Miles) dan Riri Riza yang bertajuk “Atambua 39 Derajat Celsius”? Datang saja ke Atambua Januari atau Februari 2013. Pasalnya pada rentang itu, Miles dan awaknya akan berkeliling Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memutar film tersebut dengan menggunakan media layar tancap. 

Riri Riza sutradara Atambua 39 Derajat Celsius  mengatakan film ini mengisahkan pertemuan keluarga yang telah berpisah dalam rentang waktu cukup lama, sekaligus memotret kehidupan kota Atambua setelah penentuan pendapat rakyat Timor Timur setelah referendum 1999. 

Joao (diperankan Gudino Soares) telah terpisah dari ibunya sejak berusia tujuh tahun. Anak muda pendiam ini dibawa eksodus ayahnya (diperankan Petrus Beyleto) pindah ke Atambua pasca referendum 1999. Ibu dan kedua adiknya tinggal di Liquica, Timor Leste.

Ronaldo, ayahnya, bekerja sebagai supir bis antarkota. Lantaran kerap mabuk dan tipa malam pulang dalam keadaan tak sadar diri, sampai akhirnya dipecat dari pekerjaan.

Satu hari gadis Nikia kembali ke Atambua untuk menyelesaikan ritual duka kematian kakeknya. Joao yang biasa menghabiskan waktu menjadi tukang ojek dan bermalasan bersama teman-teman remajanya berganti ritual mengikuti Nikia (diperankan Putri Moruk).

Perlahan Nikia mulai membuka hati pada Joao, sampai suatu hari Joao menunjukkan perasaannya dengan cara yang memaksa. Nikia pun pergi meninggalkan Atambua.

Ronaldo berkelahi di sebuah tempat bilyar hingga ia ditahan di kantor Polisi. Joao menebus ayahnya keluar dari tahanan, kemudian pergi untuk mencari Nikia.

Film ini tengah tayang di 20 bioskop di Indonesia sejak 8 November 2012, di antaranya di bioskop XXI Pondok Indah Mall dan Blok M Square, Jakarta Selatan.

Film yang digarap kurang lebih setahun ini sebelumnya tayang perdana dalam skala dunia (world premiere) di Tokyo International Film Festival (TIFF) Oktober 2012 lalu. TIFF barlangsung dari 20-28 Oktober 2012.

“Atambua 39 Derajat Celsius” juga akan diputar di Rotterdam International Film Festival, Belanda pada akhir Januari 2013.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP