. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 14 November 2012

Lomba Balap Sepeda Tour de Ijen Ramaikan Festival Banyuwangi 2012


Banyuwangi Festival yang akan berlangsung sebulan lebih dari tanggal 15 November hingga 22 Desember 2012 di Banyuwangi, Jawa Timur juga akan diramaikan dengan lomba balap sepeda tingkat internasional berlabel Banyuwangi Tour de Ijen (BTDI) dengan hadiah total Rp 300 juta.  

Lomba balap sepeda ini akan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 7-9 Desember mendatang. Diperkirakan ada 10 tim luar negeri dan 10 tim dalam negeri yang akan berlomba dengan rute sepanjang 340 kilometer dalam tiga etape. 

Etape pertama sejauh 117 Km dari Kantor Bupati Banyuwangi ke Pulau Merah dengan pemandangan laut dan alam yang alami. Etape kedua (147,4 Km) dari Kalibaru ke Kawasan Wisata Alam Gunung Ijen dengan pemandangan perkebunan kopi. 

Sedangkan etape tiga (110 Km) di Banyuwangi Circuit Race sebanyak 10 laps. Yang menarik di etape ini para pesepeda akan menyusuri kota sembil menikmati taman-taman kota dengan sajian musiK dan tari khas Banyuwangi. 

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, lomba BTDI merupakan event internasional pertama yang digelar Kabupaten Banyuwangi. “BTDI sudah terdaftar dalam agenda rutin badan balap sepeda dunia Union Cycliste Internationale di Prancis,” jelasnya dalam jumpa pers Banyuwangi Festival di, Jakarta, Rabu (14/11/2012) yang juga dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri M Faried dan Direktur Pencitraan Indonesia, Kemenparekraf Esthy Reko Astuty. 

Lomba sepeda ini, lanjut Anas akan mengenalkan pesona alam Banyuwangi, salah satunya menikmati pesona Kawah Ijen. 

Selain BTDI, lanjut Anas, selama dalam Banyuwangi Festival ke dua kali ini akan dimeriahkan pula dengan Parade Gandrung Sewu, Banyuwangi Etno Carnival (BEC), Pagelaran Wayang Kulit, International Power Cross Championship, hiburan Banyuwangi Jazz Festival, dan Konser Band Ungu serta Festival Kuwung.


Selain untuk memperingati Ulang Tahun Banyuwangi yang jatuh 17 Desember, Banyuwangi Festival juga untuk memperingati Tahun Baru Islam. Banyuwangi Festival ini akan diramaikan berbagai event kebudayaan dan amal. 

"Banyuwangi Festival akan dibuka Kamis, 15 November 2012 dengan Festival Anak Yatim. Sekitar 3.000 anak yatim akan mendapat hiburan," terangnya. 

Kata Anas lagi, pemkabnya mengagarkan biaya untuk festival kali ini sebesar Rp 6 miliar. “Sisanya dibantu oleh sejumlah swasta dan komunitas dalam bentuk promosi dan lainnya,” terangnya. 

Sapta Nirwandar mengatakan pihaknya mendukung event yang digelar Pemkab Banyuwangi. “Kami sambut positif ada kabupaten yang menggelar acara dengan melibatkan sejumlah swasta. Kami dukung dalam bentuk publikasi dan promosi seperti jumpa pers dan peliputan pas pelaksanaan acara,” jelasnya. 

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP