. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 29 November 2012

Batik Majapahitku Juara Lomba Cipta Seni Batik Nusantara 2012

Batik karya Canting Wira dan Wirasno, pelajar SMA 18 Surabaya yang berjudul “Batik Majapahitku” menyabet juara pertama lomba Cipta Seni Batik Nusantara (CSBN) 2012 untuk kategori fashion. Sementara di kategori batik interior atau house hold, juara pertamanya diraih Ary Widarto dari SMK 11 Surabaya dengan karya berjudul “ Satrio Piningit”. 

Pengumuman pemenang lomba CSBN 2012 yang digelar Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman (PKP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini berlangsung di Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia Jakarta, Rabu (28/11/2012). 

Direktur PKP, Kemdikbud Sulistyo S. Tirtokusumo dalam sambutannya mewakili Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan dunia internasional melalui UNESCO telah mengakui batik sejak 2 Oktober 2009 sebagai The Intangible Cultural Heritage. UNESCO menilai batik sebagai ikon budaya bangsa Indonesia yang unik dan memiliki simbol serta filosofis kehidupan manusia.

Sebagai tanggungjawab atas pengakuan UNESCO tersebut, Indonesia harus menjaga kelestarian batik dan pengembangannya. Salah satu upaya melestarikan batik, Kemdikbud menggelar lomba CSBN ini.

Dengan ajang lomba ini, lanjut Sulistyo diharapkan tercipta regenerasi pebatik . “Dari lomba ini juga diharapkan muncul lebih banyak lagi karya sipta seni batik yang berkualitas dari pembatik-pebatik muda,” jelasnya.

Pemenang kedua karya batik kategori fashion diraih Dudung dan Dudung dari SMKN 3 Pekalongan berjudul “New 3 Negeri”. Ketiga, Ozzy dan Slamet Riyanto dari SMKN 1 Klaten (Panorama Bawah Laut. Harapan I, Aba Batik dan Amallilah dari SMUN 2 Pamekasan (Nusantara).Pemenang Harapan II, Made Malvinas dari SMAN 3 Probolinggo (Godong Pelem).

Dan pemenang Harapan III, Putra Jarum dan Slamet Riyanto dengan karya berjudul “Sekar Jagad Kombinasi Parang”.

Sedangkan pemenang kedua untuk kategori house hold disabet Batik Pohon dan Chandra Diana dari SMK 30 dan SMA 70 Jakarta dengan karya berjudul “Tiga Canting”. Ketiga, Creative Batik dan Khaleiv Nungki dari Vocation High School (Awan Penuh Harapan). 

Dan pemenang Harapan I, La Mentique Besurek dan Fasha dari SMAN 5 dan SMKN 5 Bengkulu dengan karya bertajuk “Besurek Kibut”. 

Semua karya pemenang lomba CSBN 2012 ini dipamerkan di Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia Jakarta, pada tanggal 29 – 30 November 2012. 

Pada hari pengumuman pemenang, sejumlah karya pemenang tersebut juga diperagakan oleh sejumlah peragawati ibukota. 

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 
Foto: ferry

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP